Leipzig Bungkam Tottenham di White Hart Lane

Leipzig Bungkam Tottenham di White Hart Lane
Selebrasi pemain RB Leipzig usai Timo Werner mencetak gol ke gawang Tottenhm Hotspur di White Hart Lane, Rabu, 20 Februari 2020. ( Foto: Adrian DENNIS / AFP )
Iman Rahman Cahyadi / CAH Kamis, 20 Februari 2020 | 05:06 WIB

London, Beritasatu.com - RB Leipzig berhasil membuat tuan rumah Tottenham Hotspur tidak berdaya di leg pertama babak 16 besar Liga Champions di White Hart Lane, Kamis (20/2/2020). Klub asal Jerman ini membawa pulang kemenangan tipis 1-0 atas wakil London.

Gol kemenangan Leipzig dicetak Timo Werner melalui titik penalti di menit 57.

Leipzig justru tampil penuh percaya diri di laga ini. Di awal babak pertama mereka langsung tancap gas dengan menekan pertahanan Spurs. Di menit ketiga ancaman sepakan dari Angelino dan Timo Werner beruntung masih mampu ditepis Hugo Lloris. Tim asuhan  Julian Nagelsmann tampil dominan dengan persentase penguasaan bola hingga 65 persen.

Sedangkan Spurs tanpa Harry Kane dan Son Heung-min kesulitan mengembangkan pertamanan. Nyaris tidak ada peluang bersih yang mampu diciptakan pasukan Jose Mourinho sepanjang pertandingan. 

Spurs cukup beruntung tidak kebobolan banyak gol berkat aksi apik kiper Lloris. Menit 36 kiper asal Prancis itu kembali menggagalkan tendangan keras Werner dari jarak dekat. Babak pertama ditutup dengan tanpa gol.

Di menit 56, Leipzig mendapat hadiah penalti setelah Konrad Laimer dilanggar Ben Davies di area terlarang. Werner yang maju sebagai algojo menuntaskan tugas dengan sempurna. Leipzig unggul dari titik putih pada menit ke-57.

Respons ditunjukkan Mourinho dengan memasukkan Erik Lamela dan Tanguy Ndombele. Di 15 menit terakhir Spurs yang tertinggal mencoba meningkatkan intesitas serangan.

Peluang bagus didapat Spurs di menit 72 lewat sepakan bebas Giovani Lo Celso yang masih mampu ditepis dengan baik oleh kiper lawan, Peter Gulacsi. Gantian giliran sepakan bebas Erik Lamela di menit 86 yang masih bisa diantisipasi kiper. Tiga menit berselang, sundulan Lucas Moura hanya melambung.

Skor 1-0 bertahan untuk kemenangan Leipzig sekaligus menjadi kekalahan pertama Spurs dalam delapan laga terbaru di semua ajang. Selanjutnya leg kedua akan dimainkan di kandang Leipzig, Red Bull Arena, akan dilangsungkan pada Rabu (11/3) dini hari WIB.

Susunan Pemain

Tottenham Hotspur: Lloris, Aurier, Alderweireld, Sanchez, Davies; Winks, Fernandes; Lo Celso, Alli, Bergwijn, Lucas Moura

RB Leipzig: Gulacsi, Mukiele, Klostermann, Halstenberg, Angelino; Laimer, Ampadu; Sabitzer, Nkunku, Schick; Werner



Sumber: Goal