Atalanta Hantam Valencia 4-1

Atalanta Hantam Valencia 4-1
Selebrasi pemain Atalanta usai menang telak atas Valencia di leg pertama 16 besar Liga Champions di San Siro, Rabu, 20 Februari 2020. ( Foto: Vincenzo PINTO / AFP )
Iman Rahman Cahyadi / CAH Kamis, 20 Februari 2020 | 05:13 WIB

Milan, Beritasatu.com - Wakil Italia Atalanta membuka peluang lebar untuk lolos setelah mengemas kemenangan besar 4-1 atas Valencia di leg pertama 16 besar Liga Champions di San Siro, Kamis (20/2) dini hari WIB. Kemenangan ini meneruskan catatan manis mereka dalam debut di turnamen antarklub elite Eropa tersebut.

Dua dari empat gol Atalanta dicetak Hans Hatebor di menit 16 dan 62. Dua gol lainnya dicetak J Ilicic di menit 42 dan R Freuler di menit 57. 

Tampil di kandang sendiri, Atalanta langsung menekan pertahanan lawan sejak menit awal. Ancaman pertama datang lewat sepakan keras Mario Pasalic yang masih bisa diselamatkan kiper Jaume Domenech. Di menit 16 Atalanta sudah unggul berkat gol Hatebor menyambut umpan silang Papu Gomez.

Tiga menit jelang turun minum, Pasalic menunjukkan aksinya sebagai kreator gol Josip Ilicic. Tembakan gelandang andalan Atalanta itu terlalu keras untuk bisa dibendung oleh Domenech.

Tekanan Atalanta berlanjut di babak kedua. Mereka semakin memperlebar jarak dengan gol ketiga yang dicetak Remo Freuler melalui tendangan jarak jauh di menit 57. Unggul 3-0 tidak lantas membuat Atalanta mengendurkan tekanan.

Mereka memperbesar keunggulan melalui gol kedua Hateboer. Lewat dari jebakan offside, Hatebor lewat aksi individu mengejar umpan Pasalic dan sukses menaklukkan kiper lawan. VAR sempat meninjau proses gol keempat pasukan Gian Piero Gasperini ini, namun tetap disahkan karena Ilicic sama sekali tidak menyentuh bola hasil terobosan Pasalic kepada Hateboer.

Empat menit berselang, Valencia melakukan perubahan dengan memasukkan Denis Cheryshev untuk mengisi posisi Goncalo Guedes dan penyerang Rusia itu hanya butuh kurang dari semenit untuk mencetak gol bagi Valencia setelah memanfaatkan blunder Jose Luis Palomino.

Unggul tiga gol tak membuat Atalanta lantas bermain bertahan, mereka terus berusaha menekan dengan salah satunya mengganti bek Mattia Caldara dengan striker Duvan Zapata pada sisa waktu permainan. Namun, hingga laga berakhir, Atalanta tetap mampu mempertahankan keunggulan.

Kemenangan telak ini menjadi modal berharga bagi Atalanta yang akan memainkan duel leg kedua di kandang Valencia pada 11 Maret mendatang.



Sumber: Goal