Timnas Indonesia Kalah 1-4 dari Persita

Timnas Indonesia Kalah 1-4 dari Persita
Pertandingan uji coba antara Timnas Indonesia melawan PErsita di Lapangan Madya Senayan, Jakarta, Jumat, 21 Februari 2020. (Foto: Persita)
Iman Rahman Cahyadi / CAH Jumat, 21 Februari 2020 | 23:11 WIB

Jakarta, Beritasatu.com - Tim nasional (Timnas) Indonesia asuhan Shin tae-yong takluk 1-4 dari Persita dalam laga uji coba di Lapangan Madya Senayan, Jakarta, Jumat (21/2/2020).  Ini adalah laga uji coba Timnas Indonesia pertama selama sepekan menjalani proses pemusatan latihan.

Permainan dimulai dengan tempo kencang sejak menit awal. Kedua tim bergantian melancarkan serangan, meski di awal babak pertama terlihat timnas lebih menguasai permainan. Namun sejak menit awal pula Persita sudah bisa menciptakan peluang. Salah satunya ketika menit ke-3 Chandra Waskito melahirkan peluang lewat umpan silang dari sisi kiri lapangan meski belum bisa menghasilkan gol.

Timnas pun tak kalah agresif. Tim besutan pelatih kepala Shin tae Young ini juga bisa menciptakan peluang di sekitar menit ke-4 dan langsung mengancam gawang Persita yang dijaga oleh Yogi Triana. Beruntung, bola masih melebar dari gawang Yogi.

Permainan terus berlangsung ketat. Namun Persita terlihat sedikit kewalahan dan masih mencari pola. Namun sedikit demi sedikit Persita terus berusaha membangun serangan demi serangan. Di menit ke-9, umpan silang dari M. Toha nyaris membahayakan gawang Timnas meski belum membuahkan gol. Persita sedikit bisa bernapas lega saat gol bunuh diri dilesatkan pemain timnas.
Skor berubah 0-1 untuk keunggulan Persita.

Meski tidak unggul dalam urusan penguasaan bola. Tapi terlihat serangan Persita cukup efektif. Satu peluang bagus pun sempat tercipta di menit ke-15 saat Mateo Bustos melesatkan tendangan bebas yang nyaris membobol gawang Timnas. Tempo permainan pun kian meninggi.

Namun titik terang kembali menghampiri Persita saat Samsul Arif menciptakan gol apik dari sisi gawang di menit ke-32. Gol pun tercipta dan mengubah skor menjadi 0-2 untuk Persita. Tapi euforia keunggulan Persita sedikit memudar saat gol timnas tercipta di menit ke-40 dari tendangan bebas yang melesat keras ke gawang Yogi. Skor berubah 1-2 hingga turun minum.

Memasuki babak kedua, Persita kian agresif seiring masuknya beberapa pemain baru, di antaranya Adittia Gigis dan Aldi Al Achya. Beberapa peluang cantik sempat dilahirkan Persita meski belum berujung gol. Baru di menit ke-62, lewat umpan Tarik, Eldar Hasanovic sukses mencetak gol. Skor pun berubah 1-3.

Ketinggalan dari Persita, timnas mempertaruhkan segala kemampuan mereka. Di menit ke-63, satu peluang pun terlahir meski dengan mudah bisa diamankan oleh Annas Fitranto yang menggantikan Yogi di babak kedua. Tak berselang lama, di menit ke-65, giliran Aldi Al Achya yang merobek gawang timnas.

Skor 1-4 untuk keunggulan Persita. Meski unggul 3 gol, Persita tak melonggarkan serangan. Kesempatan masih terus tercipta. Salah satunya di menit ke-70 saat Budnik nyaris bisa kembali melesatkan gol dari sisi kanan gawang.

Hingga menit-menit akhir, pertarungan terus sengit. Menit ke-85, timnas nyaris menambah gol dari tendangan bebas yang sangat keras dan bertenaga dari jarak yang cukup mumpuni. Persita tak mau kalah dan menciptakan satu peluang emas di menit ke-88 dari tendangan yang melibatkan tiga pemain di depan gawang timnas, yakni Redi, Aldi dan Elisa Basna. Permainan pun berakhir
dengan keunggulan Persita 1-4.

Pelatih kepala Persita, Widodo C. Putro memandang positif hasil pertandingan yang mencatat kemenangan Persita. “Hasil pertandingan tadi bagi Persita sangat positif. Di mana kami seminggu lagi sudah menghadapi kompetisi,” ungkap Widodo.

Widodo tak mau berkomentar banyak soal kondisi timnas, terutama terkait fisik. Mengingat timnas senior ini memang baru usai menjalani masa training camp selama seminggu. “Ya kami paham mungkin timnasnya tidak mencari kemenangan atu mungkin mereka intensitas latihan cukup tinggi sehingga mereka kelelahan. Tapi apapun hasilnya, ini adalah hal yang positif bagi kami sebelum Liga 1 bergulir,” tambah Widodo.



Sumber: BeritaSatu.com