KONI Minta PSSI Majukan Sepakbola

KONI Minta PSSI Majukan Sepakbola
Ketua Umum PSSI, Mochamad Iriawan dan Ketua Umum KONI Pusat, Marciano Norman melakukan salam komando usai pelantikan pengurus PSSI di Gedung KONI Pusat, Jakarta, Senin, 24 Februari 2020. ( Foto: Beritasatu/Hendro Situmorang )
Hendro D Situmorang / CAH Senin, 24 Februari 2020 | 18:02 WIB

Jakarta, Beritasatu.com - Ketua Umum Komite Olahraga Nasional Indonesia (KONI) Pusat, Marciano Norman meminta kepengurusan PSSI yang baru periode 2019-2023 memajukan sepakbola meskipun tugas tersebut berat dan sudah menanti. Ia berharap semua pengurus bisa bekerja lebih baik ketimbang pendahulunya.

Hal itu dikatakan usai secara resmi melantik kepengurusan PSSI 2019-2023 pimpinan Mochamad Iriawan di Kantor KONI Pusat, Senayan Jakarta, Senin (24/2/2020). Pelantikan dihadiri oleh Ketum PSSI, Mochamad Iriawan, Wakil Ketua Umum (Waketum) PSSI, Cucu Somantri, dan seluruh anggota Komite Eksekutif (Exco) PSSI. Akan tetapi, salah satu Waketum PSSI, Iwan Budianto tidak hadir pada pelantikan tersebut karena sakit.

Marciano menilai kepengurusan PSSI kali ini memiliki tugas yang sangat berat. Hal ini dikarenakan ada banyak event internasional yang akan digelar di Indonesia oleh PSSI, salah satunya ialah Piala Dunia U-20 2021.

Baca JugaPSSI Tidak Ingin Timnas Tampil Memalukan di Kualifikasi Piala Dunia

"PSSI memiliki tugas yang sangat berat karena masyarakat Indonesia berharap agar prestasi sepakbola Indonesia ke depan semakin baik. Tahun 2021 kita akan menjadi tuan rumah Piala Dunia U-20. Oleh karenanya pak Iwan dan seluruh pengurus PSSI harus kita dukung bersama. Agar PSSI dapat memberikan yang terbaik untuk bangsa Indonesia dan pada 2021 nanti kita tak hanya jadi tuan rumah tapi prestasi tim sepakbola kita jadi kebanggaan kita semua," ungkap dia.

Marciano mengatakan KONI bakal bersinergi dengan PSSI untuk ajang prestisius tersebut. Selain itu, mantan Kepala Badan Intelijen Nasional (BIN) akan memberi masukan kepada induk organisasi sepakbola di Tanah Air baik dari sisi pelatihan, sisi kompetisi, dan pembinaan organisasi guna membangun sepakbola yang lebih baik lagi

"KONI dalam struktur organisasinya dan sesuai tugasnya, kami adalah induk organisasi olahraga yang berikan pembinaan bimbingan kepada cabor, tapi kita semua tahu bahwa yang paling bekerja keras untuk meningkatkan prestasi olahraga itu ya cabang olahraga itu sendiri yaitu para pengurus PSSI," ujar Marciano.

Baca JugaMenpora Harapkan Masyarakat Mampu Sukseskan Piala Dunia U-20 2021

“Presiden Joko Widodo ketika melantik menteri, secara khusus meminta Menpora memberikan atensi khusus kepada sepakbola Indonesia untuk membangun sepakbola yang dicintai masyarakat Indonesia, tentunya banyak hal yang menjadi tugas berat PSSI,” ujarnya.

“Saya yakin melalui suatu pembinaan, industri sepakbola Indonesia akan semakin berkembang dan lebih baik dari waktu-waktu sebelumnya. Selaku ketua umum KONI Pusat beserta seluruh pengurus, saya mengharapkan agar komunikasi dan koordinasi PSSI di bawah kepemimpinan Pak Iwan Bule akan jauh lebih baik dari waktu-waktu sebelumnya,” tutur Marciano.

Iriawan bersyukur akhirnya dapat dilantik oleh KONI. Dia juga meminta maaf baru bisa diagendakan pada saat ini dikarenakan padatnya tugas PSSI selepas resmi terpilih. Baginya hal ini menjadi kekuatan guna memacu kemajuan sepakbola Indonesia yang berkaitan dengan persiapan untuk hadapi Piala Dunia 2021.

"Kami akan meminta arahan masukan dengan KONI. PSSI sekarang lain dengan yang dulu. Tentu kami terus koordinasi terkait perkembangan sepakbola Indonesia. PSSI bakal berusaha semaksimal mungkin untuk mewujudkan hal tersebut. Kami semua kebetulan sudah bersepakat kita akan menyumbangkan sisa hidup kami untuk kebaikan sepakbola Indonesia," tutup Iwan Bule.



Sumber: BeritaSatu.com