Italia Akan Minta UEFA Tunda Euro 2020

Italia Akan Minta UEFA Tunda Euro 2020
Pelatih tim yang akan bertarung di Grup F Piala Eropa 2020 dari kiri: Pelatih Portugal Fernando Santos, Pelatih Jerman Joachim Loew, dan Pelatih Prancis Didier Deschamps. ( Foto: AFP PHOTO )
Alexander Madji / AMA Senin, 16 Maret 2020 | 15:38 WIB

Roma, Beritasatu.com - Federasi Sepakbola Italia akan meminta Federasi Sepakbola Eropa (UEFA) untuk menunda penyelenggaraan Piala Eropa 2020 agar mereka bisa menyesaikan seluruh pertandingan Liga Serie A Italia hingga 30 Juni nanti. Saat ini, Liga Serie A Italia dihentikan sementara hingga 3 April mendatang.

“Harapannya, Liga Serie A akan selesai pada 30 Juni. Kami juga butuh untuk memastikan tim yang bermain di Liga Champions dan Liga Europa. Batas akhirnya adalah 30 Juni, tetapi kita tunggu apakah jadwal tersebut bisa terpenuhi. Kami akan mengajukan usulan itu kepada UEFA supaya mereka menunda penyelenggaraan Piala Eropa,” kata Presiden Federasi Sepakbola Italia, Gabriele Gravin kepada Mediaset TV sebagaimana dikutip dari ESPNFC.

Piala Eropa adalah kompetisi sepakbola antarnegara Eropa empat tahunan dan menjadi kompetisi sepakbola terbesar kedua di dunia setelah Piala Dunia. Edisi 2020 ini rencananya akan berlangsung di 12 kota berbeda di negara-negara Eropa. Laga pembukaan rencananya akan berlangsung di Stadion Olimpico Roma pada 12 Juni ditambah tiga laga lainnya juga berlangsung di negeri pizza tersebut.

Padahal, saat ini Italia adalah salah satu negara paling parah dihantam virus corona, sehingga seluruh kegiatan olahraga di negara itu, termasuk Liga Serie A Italia, ditunda hingga 3 April 2020. Langkah itu diambil sejalan dengan kebijakan Pemerintah Italia yang menghentikan seluruh aktivitas guna mencegah massifnya penyebaran virus impor dari Tiongkok tersebut.

Bukan hanya Italia, Inggris juga memilih menghentikan seluruh kompetisi sepakbola mereka baik Liga Utama Inggris, Divisi Championship, League 1, League 2, serta semua kompetisi sepakbola wanita.

Di Amerika Serikat yang dihentikan bukan hanya NBA, tetapi juga kompetisi sepakbola tertinggi mereka, Major Leaague Soccer (MLS). Bahkan Meksiko juga mengambil kebijakan serupa dengan menghentikan Liga MX sejak Minggu (15/3/2020) malam waktu setempat atau Senin (16/3/2020) pagi WIB.



Sumber: BeritaSatu.com