Liga-liga Eropa Berakhir 30 Juni

Liga-liga Eropa Berakhir 30 Juni
Kiper Vitoria Guimaraes Miguel Silva (kiri) meninju bola saat menahan bola tendangan pemain Arsenal Gabriel Martinelli (kiri) dalam partai Liga UEFA Europa Grup F di Stadion Emirates, 24 Oktober 2019. (Foto: AFP)
Alexander Madji / AMA Rabu, 18 Maret 2020 | 09:24 WIB

Basel, Beritasatu.com - Liga-liga sepakbola di seluruh penjuru Eropa dijadwalkan berakhir pada 30 Juni 2020, setelah dihentikan sementara hingga 3 April mendatang menyusul wabah virus corona yang melanda benua itu.

Demikian pernyataan resmi Federasi Sepakbola Eropa atau UEFA setelah menggelar pertemuan pada Selasa (17/3/2020). "Sepakbola Eropa berkomitmen untuk menyelesaikan musim ini pada 30 Juni. Ini termasuk Liga Utama Inggris, EFL, SPFL, Liga Champions, dan Liga Europa. Meskipun, hingga saat ini masih ada ketidakpastian, tetapi 30 Juni adalah target yang sudah menjadi komitmen bersama," bunyi pernyataan UEFA sebagaimana dikutip dari Sky Sports.

Harapannya, pandemi corona ini akan segera berahkir sehingga liga-liga bisa kembali bergulir dan menyelesaikan jadwal pertandingan yang tersisa. Sedianya, liga-liga di Eropa itu berakhir 30 Mei, tetapi kini harus mundur sebulan, yaitu pada 30 Juni.

Dengan target tersebut, maka jadwal pertandingan liga kemungkinan akan mengalami perubahan. Selama ini, pertandingan liga berlangsung akhir pekan, sedangkan kompetisi Eropa berjalan pertengahan pekan. Setelah jeda ini, kemungkinan besar, pertandingan liga dilakukan pertengahan pekan, sedangkan kompetisi Eropa berlangsung akhir pekan.

Perubahan jadwal ini juga berdampak pada putaran kualifikasi Liga Champions dan Liga Europa musim 2020-2021 yang biasanya dimulai pada Juli. Artinya, jadwal putaran kualifikasi ini juga akan mengalami pengunduran.

Sebelumnya, Presiden Federasi Sepakbola Spanyol Javier Tebas sangat yakin bahwa La Liga Spanyol akan segera dimulai lagi untuk menuntaskan musim 2019-2020.

"Kita akan mengakhiri musim ini dan kami masih bekerja untuk memenuhi batas waktu akhir yang sudah ditentukan. Ada beberapa hipotesis yaitu April, Mei, tetapi saya juga yakin bisa lebih cepat dari itu," katanya kepada Cuatro sebagaimana dikutip Marca.com.



Sumber: BeritaSatu.com