Mantan Pelatih Timnas Perancis Michel Hidalgo Tutup Usia

Mantan Pelatih Timnas Perancis Michel Hidalgo Tutup Usia
Michel Hidalgo ( Foto: istimewa )
Iman Rahman Cahyadi / CAH Jumat, 27 Maret 2020 | 08:32 WIB

Paris, Beritasatu.com - Michel Hidalgo, pelatih yang membawa Timnas Perancis meraih gelar juara Piala Eropa 1984 dan semifinal Piala Dunia 1982 meninggal dunia di usia ke-86 pada Kamis (26/3/2020). Squad Hidalgo yang diantaranya diperkuat Michel Platini di lini tengah, membawa Perancis kembali ke puncak sepakbola internasional pada 1980-an setelah bertahun-tahun kurang berprestasi.

"Michel mengangkat Prancis ke puncak seni. Dia membuat pilihan permainan yang indah dan memungkinkan kita masing-masing untuk mengekspresikan semua kemampuan dan bakat pribadi kita," ujar Platini mengenang. 

Hidalgo menempatkan Perancis kembali di peta sepakbola dengan gaya gemilang, menciptakan tim terbaik sejak Les Bleus mencapai semifinal Piala Dunia 1958.

“Dia melindungi saya dengan kelembutan, memungkinkan saya untuk berkembang di lapangan dan termasuk di antara mereka yang memungkinkan saya untuk menjadi pemain saya,” kata Platini.

"Saya menyimpan kenangan pribadi tentang seorang pria yang lembut, pendidik, dan seorang humanis yang tulus. Michel Hidalgo akan selamanya berada di hati saya."

Hidalgo melatih Prancis dalam 75 pertandingan, hanya di belakang Raymond Domenech dan pelatih saat ini Didier Deschamps.

Presiden federasi sepakbola Perancis, Noël Le Graet mengungkapkan kesedihan dan emosi yang mendalam setelah mendengar kematian Hidalgo.

"Federasi, sepakbola kami, sedang berduka. Dengan gaya permainannya, kepribadiannya dan hasratnya yang luar biasa, ia berkontribusi pada olahraga kami yang bersinar di tingkat internasional dan popularitasnya di Prancis."



Sumber: Fox Sports