Keuangan Kuat, FIFA Siap Selamatkan Komunitas Sepakbola

Keuangan Kuat, FIFA Siap Selamatkan Komunitas Sepakbola
Gianni Infantino. ( Foto: AFP )
Alexander Madji / AMA Rabu, 1 April 2020 | 11:08 WIB

Zurich, Beritasatu.com - Federerasi Sepakbola Dunia atau FIFA menyiapkan dana untuk membantu klub dan pemain atau komunitas sepakbola yang terdampak secara ekonomi akibat terhentinya berbagai liga karena pandemi virus corona.

Banyak klub yang mengalami krisis keuangan akibat pandemi ini, sehingga dengan terpaksa memotong gaji pemain dan karyawannya selama kompetisi terhenti. Di Liga Utama Inggris, Newcastle United dan Tottenham Hotspur memotong gaji pemain dan merumahkan karyawannya selama tidak bekerja hingga sepanjang dua bulan.

Sebelumnya, di La Liga Spanyol Barcelona sudah sepakat memotong gaji pemain sebesar 70% plus 2% untuk membantu karyawan supaya mereka tetap menerima gaji secara utuh selama kompetisi berhenti sementara. Atletico Madrid, Espanyol, Alaves juga mengambil kebijakan memotong gaji pemain.

Di Jerman, sejumalah klub seperti Bayern Muenchen dan Borussia Dortmund juga mengambil kebijakan yang sama. Begitu juga Juventus di Italia. Mereka melakukan itu untuk menyelamatkan keuangan klub.

Menghadapi situasi ini, FIFA ingin berupaya membantu klub-klub yang mengalami dampak paling buruk. "Komunitas sepakbola di seluruh dunia sedang mengalami masalah keuangan yang serius dan mendalam akibat pandemi virus corona," kata seorang juru bicara FIFA sebagaimana dikutip dari Sky Sports.

Dilanjutkan, "Ancaman-ancaman ini menguji kemapuan dan daya tahan asosiasi sepakbola anggotaa FIFA dan organisasi sepakbola dunia seperti liga dan klub untuk mengembangkan, mendanai, dan menjalankan aktivitas sepakbola di semua level pertandingan, baik profesional, non profesional, junior, maupun di akar rumput."

"Di banyak negara, banyak orang yang terlibat dalam sepakbola baik pria maupun wanita. Dalam situasi seperti ini, mereka mengalami dampak paling parah secara ekonomi dari krisis ini. FIFA sendiri berada dalam posisi keuangan yang sangat kuat dan karena itu sudah menjadi kewajiban kami untuk melakukan sesuatu guna membantu mereka sesuai kebutuhan masing-masing," demikian pernyataan itu lebih lanjut.

Karena itu, FIFA akan bekerja keras membantu komunitas sepakbola di seluruh dunia, setelah mendapat laporan menyeluruh tentang dampak keuangan akibat pandemi virus korona ini. "Format yang pasti dan rinci sedang didiskusikan dengan anggota FIFA, konfederasi, dan para pemangku kepentingan lainnya. Diharapkan segera mendapat persetujuan sehingga bisa diumumkan dalam waktu dekat," kata juru bicara itu.



Sumber: BeritaSatu.com