Tidak Ada Aktivitas Sepakbola Hingga September di Belanda

Tidak Ada Aktivitas Sepakbola Hingga September di Belanda
Selebrasi para pemain Ajax Amsterdam. ( Foto: AFP )
Alexander Madji / AMA Rabu, 22 April 2020 | 14:35 WIB

Amsterdam, Beritasatu.com - Belanda menjadi negara pertama di Eropa yang memastikan bahwa tidak ada aktivitas sepakbola paling cepat hingga September mendatang, karena pandemi virus corona. Hal itu diputuskan karena yang paling utama saat ini adalah masalah kesehatan masyarakat, termasuk pada para pemain.

Dengan begitu pula maka hasil akhir kompetisi sepakbola tertinggi di Belanda, Eredivisi, musim 2019-2020, masih menggantung.

Padahal, Federasi Sepakbola Eropa atau UEFA sudah memutuskan bahwa laga-laga sisa baik di kompetisi domestik negara-negara Eropa maupun kompetisi Eropa musim 2019-2020 tetap dilanjutkan. Rencananya seluruh kompetisi itu berakhir pada Juli 2020.

Bila Belanda belum menyelesaikan liga hingga Juli maka mereka terancam tidak memiliki wakil di kompetisi Eropa musim 2020-2021.

Sebelumnya, Federasi Sepakbola Belgia sudah memutuskan menghentikan Liga Belgia. Namun, keputusan ini masih harus dipaparkan di hadapan UEFA dan menunggu keputusan mereka apakah menerima atau meminta FA Belgia membatalkan keputusannya.

Spanyol juga sudah menyiapkan proposal tentang tim-tim yang akan berlaga di kompetisi Eropa musim depan bila La Liga tidak bisa dilanjutkan karena padami virus corona. Empat tim teratas klasemen sementara yaitu Barcelona, Real Madrid, Sevilla, dan Real Sociedad disiapkan sebagai wakil Spanyol di Liga Champions musim 2020-2021. Sementara Atletico Madrid, Getafe dan Athletic Bilbao bermain di Liga Europa.



Sumber: Suara Pembaruan