Ikut Cegah Covid-19, The Jakmania Dapat Apresiasi

Ikut Cegah Covid-19, The Jakmania Dapat Apresiasi
Alat pelindung diri (APD) berupa hazmat suit bikinan The Jakmania. ( Foto: istimewa )
/ BW Kamis, 7 Mei 2020 | 21:08 WIB

Jakarta, Beritasatu.com - Kepala Staf Presiden Moeldoko mengapresiasi kelompok suporter klub sepakbola Persija Jakarta, The Jakmania. Mereka ikut aktif bersama Program 10 Rumah Aman dalam mencegah penyebaran pandemi Covid-19.

“The Jakmania terus memberikan inspirasi. Mereka terus mengamankan wilayahnya masing-masing dari pandemi Covid-19,” kata Moeldoko dalam keterangannya, Kamis (7/5/2020).

Salah satunya, aksi kemanusiaan dilakukan The Jakmania Kebagusan bersama Program 10 Rumah Aman, dalam agenda Milad 1 Tahun The Jakmania Kebagusan. Mereka menggalang donasi anggota lalu dibelanjakan sembako untuk didistribusikan pada warga yang terdampak Covid-19.

”Lebih dari itu, mereka mengembangkan jiwa solidaritas melalui berbagai aksi amal. Dengan bergotong royong, semua masalan pasti akan diselesaikan,” kata Moeldoko.

Korwil The Jakmania Kebagusan, Jakarta Selatan, Ronaldo Marcofan Basten, mengatakan perayaan satu tahun The Jakmania Kebagusan dilakukan dengan cara berbeda.

Merespons kebijakan pemerintah terkait penanganan Covid-19, perayaan tersebut dilakukan dengan di rumah saja.

Meski demikian, pihaknya tetap berupaya menggalang amal berupa sembako dari 227 anggota aktifnya. Sembako ini nantinya dikumpulkan melalui iuran anggotanya dengan nilai minimal Rp 40.000 per orang.

“Kami menghindari adanya keramaian dan kerumunan massa saat memperingati satu tahun The Jakmania Kebagusan. Sebab, semua sedang menjalankan PSBB (pembatasan sosial berskala besar). Rencana amal ini sudah diumumkan. Rapat pembahasan ini juga sudah dilakukan secara daring. Dilakukan dari rumah masing-masing, kami memanfaatkan fasilitas video call. Apalagi, pesertanya bisa banyak,” katanya.

Melalui Program 10 Rumah Aman, kelompok itu secara gotong royong menggalang amal dan mendistribusikan bantuan sembako dibantu aktivis Dasa Wisma kepada sesama yang membutuhkan.

“Kami belajar banyak dari program 10 Rumah Aman. Semoga apa yang kami lakukan bisa meringankan beban saudara kita yang terdampak Covid-19 secara ekonomi. Apalagi, ada banyak saudara di sekitar kita yang butuh uluran tangan secara ekonomi. Kami sangat optimistis, angka donasi yang terkumpul akan maksimal. Bisa melebihi perkiraan sementara jumlah total minimal tersebut,” kata Ronaldo.



Sumber: ANTARA