Masa Depan Ousmane Dembele di Camp Nou Suram

Masa Depan Ousmane Dembele di Camp Nou Suram
Ousmane Dembele. ( Foto: Twitter @FrenchDembele )
Alexander Madji / AMA Rabu, 13 Mei 2020 | 08:17 WIB

Barcelona, Beritasatu.com - Ousmane Dembele adalah satu-satunya pemain Barcelona yang belum bergabung dengan rekan-rekannya untuk menjalani latihan individu di Joan Gamper, sejak Jumat (8/5/2020) lalu. Ia baru menjalani tes virus corona pada Senin lalu dan bila dinyatakan negatif, ia akan bergabung dengan Lionel Messi dan kawan-kawan pada Selasa atau Kamis besok.

Itu terjadi karena pemain muda Prancis itu masih butuh waktu untuk pulih dari cedera yang dideritanya jauh sebelum La Liga Spanyol dihentikan sementara karena pandemi virus corona.

Meski demikian, sebagaimana dikutip dari Marca.com, masa depan Dembele di Camp Nou masih suram. Azulgrana ingin menjual pemain yang sangat rentan dengan cedera tersebut. Bahkan dia berada di daftar teratas untuk dibarter dengan Neymar da Silva Jr dari Paris Saint-Germain (PSG) atau Lautaro Martinez dari Inter Milan pada musim panas nanti.

Namun menjual Dembele juga bukan perkara mudah untuk Barcelona. PSG dan Inter Milan kemungkinan akan berpikir dua kali mendapatkan tanda tangan pemain ini karena masalah fisiknya yang rapuh, terutama karena rentan cedera, juga karena masalah disiplin di luar lapangan. Dembele terkenal dengan alasan sakit perut kalau terlambat mengikuti latihan. Keterlambatan itu pun bukan dalam hitungan menit tetapi jam.

Belum lagi Blaugrana memasang harga tinggi untuk pemain penuh talenta ini. Sejauh ini, Barcelona ingin melegonya dengan harga 60 juta euro. Faktor-faktor itulah yang menyulitkan Barcelona dan Dembele sendiri di bursa transfer musim panas nanti.

Sebagai jalan keluar, Dembele harus bekerja keras untuk menjaga kebugaran, tertib, dan meminimalisasi cedera. Dengan begitu, ia kembali bisa bersaing dengan Lionel Messi, Luis Suarez, Antoine Griezmann, Ansu Fati, Philippe Coutinho, dan Martin Braithwaite di lini depan Barcelona.

Kalaupun tidak bisa bersaing, kondisi yang bugar akan menarik minat dari klub lain untuk menampungnya. Cedera yang berulang menjadi persoalan utama Dembele, selain masalah perilakunya di luar lapangan. Ini yang membuatnya belum terlalu memberi dampak luar biasa bagi Barcelona sejak dibeli dari Borussia Dortmund.

Perihal masalah ketertiban ini, tampaknya belum berubah. Paling baru, pada rapat virtual 14 April lalu dengan pelatih Quique Setien, Dembele satu-satunya pemain yang tidak mengikuti rapat tersebut.

Padahal secara kemampuan, Dembele adalah pemain bertalenta tinggi. Ia sangat cepat dengan giringan bola yang sangat bagus. Ia bisa melewati bek lawan dengan mudah dan dengan kedua kakinya yang sama kuat, ia menjadi pembunuh di kotak penalti lawan. Namun, ia baru bisa memperlihatkan itu semua bila berada dalam kondisi bugar.



Sumber: Suara Pembaruan