PT LIB Gelar RUPS Luar Biasa Senin Depan

PT LIB Gelar RUPS Luar Biasa Senin Depan
Yunus Nusi ditunjuk sebagai Plt Sekjen PSSI. (Foto: istimewa)
Hendro D Situmorang / AMA Rabu, 13 Mei 2020 | 15:16 WIB

Jakarta, Beritasatu.com - Rapat Komite Eksekutif (Exco) Persatuan Sepakbola seluruh Indonesia (PSSI) Selasa (12/5/2020) malam menyepakati, rapat umum pemegang saham (RUPS) luar biasa PT Liga Indonesia Baru (LIB) digelar pada Senin (18/5/2020) pekan depan.

“Peserta rapat Exco sepakat menyatakan agar RUPS luar biasa PT LIB digelar pada 18 Mei 2020,” ujar Plt Sekjen PSSI, Yunus Nusi, sebagaimana diwartakan situs resmi PSSI, Rabu (13/5/2020) dini hari.

Rapat yang berlangsung pukul 21.00 sampai pukul 23.00 WIB tersebut dipimpin Ketua Umum PSSI, Mochamad Iriawan, dihadiri 15 anggota Exco. Mereka membahas permintaan tertulis seluruh klub Liga 1 Indonesia 2020 sebagai pemegang saham PT LIB untuk dilakukan RUPS luar biasa. Permintaan serupa juga disampaikan PSSI.

“Ini sudah mutlak, 18 klub Liga 1 atau 99% pemegang saham sudah mengambil sikap. Selanjutnya, PSSI sebagai pemegang satu persen saham menyampaikan surat kepada PT LIB untuk melaksanakan RUPS,” jelas dia.

Permintaan dari para pemegang saham membuat RUPS luar biasa pun harus dilaksanakan sesuai dengan Undang-Undang Nomor 40 tahun 2007 tentang Perseroan Terbatas. Ayat 5 Pasal 79 Undang-Undang itu menyatakan bahwa “Direksi wajib melakukan pemanggilan RUPS dalam jangka waktu paling lambat 15 (lima belas) hari terhitung sejak tanggal permintaan penyelenggaraan RUPS diterima”.

“Artinya, pelaksanaan RUPS luar biasa tanggal 18 Mei 2020 masih dalam koridor aturan yang berlaku,” kata Yunus yang juga anggota Exco tersebut.

Dalam susunan anggota Exco PSSI periode 2019-2023, ada empat nama yang juga menjabat sebagai komisaris maupun direksi PT LIB. Mereka adalah Cucu Somantri (Direktur Utama), Sonhadji (Komisaris Utama), Hasani Abdulgani (Komisaris), dan Endri Erawan (Komisaris). Mereka semua ikut dalam rapat Exco PSSI.

Rapat Exco tersebut juga membahas persiapan penyelenggaraan Piala Dunia U-20 pada 2021 dan kelanjutan kompetisi di masa pandemi Covid-19 .

“Pada rapat ini, Ketua Umum PSSI menegaskan bahwa tanggal pelaksanaan Piala Dunia masih on schedule dan meminta PSSI terus melakukan koordinasi dan komunikasi dengan FIFA, terutama terkait administrasi penyelenggaraan Piala Dunia U-20 2021,” kata Yunus Nusi.

Sementara itu, mengenai kelanjutan kompetisi di era pandemi, PSSI masih berpegang pada SKEP/48/III/2020 tertanggal 27 Maret 2020 terkait situasi liga dalam keadaan kahar/force majeure sesuai status tanggap darurat BNPB.

“Surat keputusan Ketua Umum PSSI itu masih berlaku, jadi kita masih menunggu hingga 29 Mei sesuai keputusan pemerintah. Baru setelah itu kita bicara alternatif dan opsi-opsi mengenai kelanjutan kompetisi Liga 2020,” tutup Yunus. 



Sumber: Suara Pembaruan