Bundesliga Izinkan Tim Lakukan 5 Pergantian Pemain

Bundesliga Izinkan Tim Lakukan 5 Pergantian Pemain
Para pemain Bayern Muenchen (dari kiri) Thiago Alcantara, Thomas Mueller, David Alaba, dan Joshua Kimmich saat menelan kekalahan 1-5 di kandang Eintracht Frankfurt, dalam laga Bundesliga, Sabtu, 2 November 2019. ( Foto: AFP )
Iman Rahman Cahyadi / CAH Kamis, 14 Mei 2020 | 21:52 WIB

Berlin, Beritasatu.com - Kompetisi Bundesliga yang terhenti akibat pandemi Covid-19 akan kembali bergulir akhir pekan ini. Nantinya akan ada kebijakan baru yakni setiap tim diperkenankan melakukan lima pergantian pemain.

Kebijakan ini disepakati setelah digelarnya pertemuan luar biasa melalui konferensi video dengan 36 klub Bundesliga dan Bundesliga 2 pada Kamis (14/5/2020). Di antara hal-hal yang dibahas adalah perubahan peraturan sementara yang disetujui oleh Dewan Asosiasi Sepak Bola Internasional (IFAB) yang memungkinkan masing-masing pihak hingga lima pemain pengganti per pertandingan.

"Klub memutuskan bahwa penggantian pemain akan ditingkatkan menjadi lima pemain per tim dalam satu pertandingan, tetapi DFL merekomendasikan agar maksimum dua pemain diganti pada saat yang sama," ujar DFL dalam pernyataannya. 

Selain itu statuta liga diubah sehingga komite DFL dapat, jika perlu, memperpanjang musim setelah 30 Juni dan menentukan awal musim 2020/21, serta membuka jendela transfer dalam kerangka kerja FIFA.



Sumber: Independent