Rencana Serie A Bergulir Kembali Diundur ke 14 Juni

Rencana Serie A Bergulir Kembali Diundur ke 14 Juni
Pemain Napoli, Lorenzo Insigne, merayakan gol ke gawang Brescia dalam laga Serie A di Stadion Mario Rigamonti, Jumat, 22 Februari 2020. ( Foto: ANTARA )
Alexander Madji / AMA Selasa, 19 Mei 2020 | 11:09 WIB

Roma, Beritasatu.com - Rencana Liga Serie A Italia untuk dimulai lagi setelah berhenti sementara akibat pandemi virus corona diundur lagi dari jadwal semula. Tadinya, kompetisi sepakbola tertinggi di negeri pizza itu digelar pada 13 Juni nanti dan berlangsung di dalam stadion tertutup alias tanpa penonton.

Namun, Federasi Sepakbola Italia atau FIGC pada Senin (18/5/2020) mengumumkan bahwa Liga Serie A diundur sehari, sehingga baru dimulai lagi pada 14 Juni 2020. Keputusan ini, sebagaimana dikutip dari ESPN diambil sesuai dengan kebijakan pemerintah atau yang oleh FIGC disebut sebagai pihak yang berwenang.

Liga Serie A berhenti sementara sejak 9 Maret 2020 ketika pemerintah mengambil kebijakan lockdown di seluruh negeri. Masih ada 12 laga sisa plus empat pertandingan tunda saat liga dihentikan pada pekan ke-25. Selain itu, Coppa Italia juga terhenti di babak semifinal.

Tim-tim Liga Serie A Italia sudah mulai menjalani latihan individu pada 4 Mei 2020, saat Pemerintah Italia mulai melonggarkan aturan lockdown. Terhitung mulai Senin (18/5/2020) kemarin, klub-klub diizinkan menjalani latihan dalam tim. Meski demikian, Pemerintah Italia belum juga memberi lampu hijau untuk dimulainya Liga Serie A Italia.

Protokol kesehatan yang mengatur tentang bergulir kembalinya Liga Serie A Italia sudah disiapkan. Namun revisi atas dokumen tersebut baru diserahkan kepada Menteri Olahraga Italia, Vicenzo Spadafora pada Minggu (17/5/2020) lalu, dan akan dibahas oleh sebuah panel.