Klub Liga Inggris Sepakat Mulai Latihan Sore Ini

Klub Liga Inggris Sepakat Mulai Latihan Sore Ini
Kombinasi foto: Kiper Liverpool Simon Mignolet (kanan) memblok bola yang mengarah ke gawangnya dalam laga Liga Utama Inggris Liverpoll vs Wes Bromwich Albion di Stadion Anfield. Liverpool menang 2-1, salah satu gol Liverpool dicetak oleh Adam Lallana. ( Foto: AFP Photo / Paul Ellis )
Alexander Madji / AMA Selasa, 19 Mei 2020 | 11:53 WIB

London, Beritasatu.com - Liga Utama Inggris memulai langkah untuk bergulir kembali, setelah 20 klub peserta sepakat untuk mulai menjalani latihan pada Selasa (19/5/2020) sore ini waktu setempat. Itu diputuskan dalam rapat virtual yang dilakukan pada Senin (18/5/2020). Meski demikian, rapat tersebut belum memutuskan kapan kompetisi sepakbola tertinggi di negeri itu akan bergulir kembali.

Kompetisi sepakbola Inggris dihentikan sementara sejak 13 Maret 2020 karena pandemi virus corona. Para peserta Liga Utama Inggris dan Divisi Championship sepakat untuk melanjutkan musim ini guna menyelesaikan laga-laga sisa.

Meski belum diputuskan tanggal dimulainya Liga Utama Inggris, tetapi diharapkan pertengahan Juni kompetisi sudah bergulir kembali. Langkah ke sana pun diambil yang diawali dengan latihan dalam kelompok kecil sejak Selasa (19/5/2020).

"Para pemegang saham Liga Primer, dalam pemungutan suara secara tertutup, sepakat bahwa latihan dalam kelompok kecil dimulai besok sore (Selasa ini). Ini langkah awal sebelum memulai Liga Utama Inggris saat situasi sudah aman. Langkah pertama dalam protokol latihan adalah bahwa para pemain bisa menggelar latihan, tetapi tetap harus menjaga jarak. Kontak fisik dalam latihan belum diizinkan," demikian bunyi pernyataan resmi Liga Utama Inggris.

Lebih lanjut dikatakan, "Langkah pertama sudah disetujui dalam konsultasi dengan para pemain, pelatih, dokter klub, para ahli independen, dan pemerintah. Protokol kesehatan yang ketat dan berstandar tinggi akan menjamin setiap pemain kembali berlatih dalam lingkungan yang seaman mungkin."

"Kesehatan dan kondisi baik, tanpa kekurangan satu apa pun, di Liga Utama Inggris haruslah menjadi prioritas dan bergulir kembalinya latihan adalah proses tahap demi tahap. Konsultasi penuh akan terus dilakukan dengan para pemain, pelatih, klub, PFA (Asosiasi Pemain Sepakbola Profesional), dan LMA (Asosiasi Pelatih Liga), sementara protokol latihan yang memungkinkan kontak fisik terus digodok," demikian pernyataan itu lebih lanjut.

Upaya untuk memastikan tanggal bergulir kembalinya liga akan dibahas lagi dalam rapat Selasa pekan depan. Bila tanggal sudah ditentukan, maka sebelum liga dimulai, semua pemain harus menjalani isolasi di hotel selama 14 hari.

Hal ini juga dibenarkan oleh penasihat medis Liga Utama Inggris Mark Gillet. Dalam konferensi pers virtual dengan wartawan, ia menegaskan bahwa para pemain harus menghabiskan waktu karantina selama dua pekan sebelum laga pertama dimulai.

"Anjuran dari pemerintah yang kami terima adalah bahwa masa isolasi dilakukan selama 14 hari. Jadi, mereka harus berada di lingkungan hotel selama 14 hari agar masa karantina itu berjalan efektif," kata Gillet.



Sumber: Suara Pembaruan