CBF: Akhir Juni, Sepakbola Brasil Bisa Dimulai

CBF: Akhir Juni, Sepakbola Brasil Bisa Dimulai
Ilustrasi sepakbola ( Foto: Istimewa )
Surya Lesmana / LES Rabu, 20 Mei 2020 | 10:45 WIB

Rio De Janeiro, Beritasatu.com – Konfederasi Sepakbola Brasil (CBF) pada Selasa (19/5/2020) waktu setempat menyatakan, kegiatan sepakbola di negara Samba tersebut kemungkinan berlangsung kembali pada akhir Juni mendatang. Meskipun saat ini, negara di Amerika Selatan tersebut masih mengalami peningkatan kasus Covid-19.

Hal ini diungkapkan Sekjen CBF Walter Feldman kepada Reuters. Ia mengatakan, kembalinya sepakbola Liga Jerman telah menginspirasi Brasil untuk aktif lagi. Di Jerman, sudah berlangsung sebanyak sembilan pertandingan divisi pertama, setelah sebelumnya selama dua bulan dihentikan.

“Menghentikan, dan melanjutkan kegiatan adalah hal yang biasa. Ini yang kita pelajari dari kembalinya sepakbola di Jerman. Mereka memberi pertanda besar buat kita,” ujar Walter.

Di kawasan Amerika Latin, Kosta Rika menjadi yang pertama mengumumkan kesiapan dimulainya liga mereka kembali.

“Pintu sudah dibuka pada bulan Mei. Semakin terbuka pada Juni, dan saya tak ragu pada Juni ini latihan pemain bisa dilakukan dengan mengacu protokol kesehatan yang ditetapkan otoritas kesehatan. Sepakbola akan kembali namun dengan berbagai aturan yang berlaku,” ungkap Feldman.

Diketahui saat ini sejumlah klub Liga Brasil telah memulai latihan. Klub juara musim lalu Flamengo juga sudah memanggil kembali para pemainnya pada Senin (18/5/2020) lalu.

Pada Selasa kemarin, Brasil mencatat kasus kematian akibat Covid-19 mencapai 1.179 kasus.

Liga sepakbola profesional Brasil seharusnya dimulai pada Maret lalu, dan berakhir Desember. Sementara itu kejuaraan antarklub di Brasil dihentikan sejak April lalu.

Hampir semua liga sepakbola profesional di kawasan Amerika Latin ditunda, kecuali Nikaragua. Kosta Rika menjadi negara kedua yang memulai kembali liganya pada Selasa.

 



Sumber: eurosport.com