Klub Premier League Mulai Berlatih

Klub Premier League Mulai Berlatih
Kiper Liverpool Alisson Becker tiba Melwood di Liverpool, untuk menjalani latihan timnya pada 20 Mei 2020. Kompetisi Premier League sempat dihentikan karena pandemi Covid-19. ( Foto: AFP / Paul Ellis )
Indah Handayani / JAS Rabu, 20 Mei 2020 | 15:30 WIB

London, Beritasatu.com – Klub-klub Premier League Inggris, termasuk Liverpool, Chelsea, dan Southampton, telah mulai berlatih intensif, Selasa (19/5/2020). Para pemain klub elite di Inggris itu terlihat kembali melakukan latihan non-kontak yang merupakan langkah selanjutnya dalam “Project Restart". Premier League berharap untuk bisa memulai kembali musim ini pada Juni mendatang, setelah ditangguhkan sejak 13 Maret lalu.

Pelonggaran pembatasan yang dilakukan pemerintah telah memungkinkan para pemain untuk berlatih dalam kelompok-kelompok kecil. Dengan semua 20 klub bersuara bulat setuju untuk kembali berlatih namun dengan menerapkan protokol kesehatan.

Manager Liverpool Juergen Klopp mengatakan hal itu merupakan langkah awal dalam kembali menuju normal. “Saya selalu mengatakan kami tidak ingin terburu-buru, tetapi saya tidak berpikir itu terburu-buru. Saya berharap bahwa kita sekarang berada di Inggris di sisi yang benar," kata Klopp.

"Ini tentang kapan (kompetisi dimulai kembali)- tetapi Anda perlu mengingat kembali buka bagian kehidupan yang berbeda lagi. Semua orang setuju tentang itu. Saya pikir bagaimana kita melakukannya sekarang dengan Premier League, sekarang adalah saat yang tepat untuk melakukannya untuk tim sepak bola,” kata Klopp di situs Liverpool.

Selain di Inggris, pemenang Ballon d'Or lima kali Cristiano Ronaldo adalah di antara para pemain Juventus yang kembali berlatih di markas Continassa mereka di Turin setelah absen selama 72 hari termasuk dua minggu terakhir di karantina. Ronaldo, yang terbang kembali ke kampung halamannya Madeira sebelum musim Serie A ditangguhkan. Ia kembali ke Turin dengan jet pribadi awal bulan ini, akan menjalani tes medis sebelum bergabung dengan pelatih Maurizio Sarri dan rekan satu timnya.

Sedangkan klub Serie A kembali berlatih pada 4 Mei tetapi dibatasi dalam kelompok kecil dan harus menghormati pedoman jarak sosial. Pemain depan Juventus Gonzalo Higuain hanya kembali ke Italia dari Argentina pada pekan lalu dan akan menghabiskan 10 hari lagi di tempat karantina. Sejumlah pemain mengenakan masker saat mengemudi ke tempat latihan, termasuk pemain depan Argentina Paulo Dybala dan gelandang Kolombia Juan Cuadrado.

Klub La Liga Spanyol juga kembali berlatih awal bulan ini, dan telah diizinkan pindah ke kelompok pelatihan yang lebih besar minggu ini. Sesi pelatihan hingga 10 pemain kini telah diizinkan. Fase berikutnya adalah kembali ke pelatihan penuh sebelum kemungkinan memulai kembali pada 12 Juni mendatang.



Sumber: BBC