Borussia Dortmund Menang di Kandang Wolfsburg

Borussia Dortmund Menang di Kandang Wolfsburg
Para pemain Borussia Dortmund merayakan gol yang dicetak Raphael Guerreiro (tengah) dalam laga di kandang Wolfburg, Stadion Volkswagen Arena, dalam lanjutan Bundesliga, Sabtu, 23 Mei 2020. ( Foto: AFP / Michael Sohn )
Jaja Suteja / JAS Sabtu, 23 Mei 2020 | 22:31 WIB

Wolfsburg, Beritasatu.com - Borussia Dortmund berhasil memetik kemenangan 2-0 di kandang Wolfsburg dalam lanjutan kompetisi Bundesliga Jerman, Sabtu (22/5/2020). Ini merupakan laga kedua bagi kedua tim setelah kompetisi sempat jeda akibat pandemi Covid-19. Pertandingan tetap digelar tanpa penonton.

Berkat kemenangan ini pada pekan ke-28, Borussia Dortmund kini kian mendekati pemimpin klasemen Bayern Muenchen dalam pengumpulan poin. Dortmund hanya tertinggal satu poin oleh Bayern Muenchen yang kini telah mengumpulkan 58 poin dalam 27 laga.

Bayern Muenchen baru akan memainkan pertandingan ke-28, pada Sabtu (23/5/2020) mulai pukul 23.30 WIB. Pasukan yang dilatih Hansi Flick ini akan menjamu Eintracht Frankfurt. Jika Bayern Muenchen menang di Stadion Allianz, klub raksasa Jerman ini akan kembali memimpin dengan selisih empat poin atas Borussia Dortmund.

Dalam laga di Stadion Volkswagen Arena, Borussia Dortmund memimpin pada menit ke-32 melalui gol yang dilesakkan Raphael Guerreiro. Pemain asal Portugal ini berhasil menjebol gawang Wolfsburg yang dijaga Koen Casteels setelah memanfaat umpan Thorgan Hazard.

Keunggulan Borussia Dortmund bertambah menjadi 2-0 pada menit ke-78 melalui aksi Achraf Hakimi. Pemain yang pernah membela Real Madrid ini sukses menjebol gawang tuan rumah setelah memaksimalkan sodoran yang diberikan rekannya asal Inggris, Jadon Sancho.

Kekuatan Wolfsburg berkurang setelah salah satu pemain mereka, Felix Klaus, harus keluar lapangan pada menit ke-80. Pemain asal Jerman ini diganjar kartu merah langsung setelah dengan kasar melanggar n Manuel Akanji. Wasit Daniel Siebert sempat meminta video assistant referee (VAR) sebelum menjatuhkan hukuman ini.

Kemenangan juga diraih tim tamu, Bayer Leverkusen yang bermain di markas Borussia Moenchengladbach. Tim asuhan Peter Bosz ini meraih kemenangan 3-1 atas lawannya di Stadion Borussia-Park.

Gol-gol kemenangan Leverkusen masing-masing dicetak Kai Havertz pada menit ke-52 dan 62, serta Sven Bender (81). Tuan rumah sebenarnya sempat menyamakan kedudukan menjadi 1-1 melalui gol Marcus Thuram pada menit ke-63.

Kemenangan ke-16 ini membuat Leverkusen kini bertengger di urutan ketiga dengan raihan 53 poin. Sementara bagi Borussia Moenchengladbach, ini merupakan kekalahan ketujuh musim ini. Saat ini mereka bertengger di posisi keempat dengan koleksi 52 poin.   

Di tempat lain, Hertha Berlin sukses menang besar 4-0 dalam laga derbi melawan Union Berlin. Gol-gol Hertha yang bertindak sebagai tuan rumah dilesakkan Vedad Ibisevic pada menit-51, Dodi Lukebakio (52), Matheus Cunha (61), serta Dedryck Boyata (77).

Kemenangan ini membuat Hertha kini menempati posisi ke-10 dengan koleksi 34 poin. Sementara Union masih terpuruk di urutan ke-12 dengan 30 poin.



Sumber: Bundesliga