Menpora Tidak Ikut Campur Pembentukan Skuad Timnas Piala Dunia U-20

Menpora Tidak Ikut Campur Pembentukan Skuad Timnas Piala Dunia U-20
Menteri Pemuda dan Olahraga (Menpora) Zainudin Amali ketika melantik Pengurus Persatuan Panahan Indonesia (Perpani) Periode 2018-2022 di Jakarta, Rabu (20/5/2020). (Foto: Istimewa)
Hendro D Situmorang / CAH Selasa, 26 Mei 2020 | 16:33 WIB

Jakarta, Beritasatu.com - Menteri Pemuda dan Olahraga (Menpora) Zainudin Amali memberikan kepercayaan penuh kepada Persatuan Sepakbola Seluruh Indonesia (PSSI) dan tim pelatih untuk mempersiapkan skuad Timnas dalam rangka mengikuti ajang Piala Dunia U-20 yang akan digelar di Indonesia pada tahun 2021 mendatang.

"Persiapan Timnas kewenangan PSSI dan pelatih. Kami (Kempora) tidak ikut campur. Kalau kami lihat sudah bagus, teruskan. Jika ada masukan, kami sampaikan. Kita harap nanti skuad Timnas baik ya, sehingga bisa berprestrasi tentunya. Perlu konsentrasi itu. Kita serahkan dan percayakan penuh kepada PSSI dan pelatih yang ditunjuk untuk persiapan Timnas menghadapi Piala Dunia U-20 2021," kata Menpora saat memberi keterangan pers secara virtual, Selasa (26/5/2020).

Baca Juga: Timnas U-19 Jalani Pemusatan Latihan Virtual Dipantau Shin Tae-yong

Lebih lanjut, Zainudin mengaku sudah mengetahui TC virtual Timnas U-19 yang dimulai sejak 14 Mei. Ia mendukung penuh persiapan menghadapi Piala Dunia U-20 2021 dan tak akan ikut campur dalam pelatnas.

Menpora hanya meminta laporan perkembangan saja dari PSSI. Yang penting, setiap program latihan mengusung target prestasi di Piala Dunia U-20 2021. Koordinasi antara Kempora dengan PSSI terus dilakukan agar sukses sebagai tuan rumah nantinya. Diharap, persiapan Timnas Indonesia berjalan dengan baik meski ditengah pandemi corona seperti saat ini.

“Kami tidak mau memengaruhi kebijakan federasi. Apalagi kebijakan pelatih. Mau siapa saja yang dipanggil, silakan. Mau diterapkan latihan seperti apa, silakan. Perubahan-perubahan di Timnas U-19 tentu pelatih yang sangat tahu. Kalau kami yang bikin perubahan dan pelatih tidak cocok, kan tidak bisa jalan juga. Pemerintah pasti turun tangan untuk penyelenggaraan Piala Dunia U-20 nantinya. Kementerian terkait terus melakukan koordinasi dalam hal ini," ujar Menpora.

Baca JugaBertemu Menpora, PSSI Bahas Piala Dunia U-20 dan Kompetisi Liga Indonesia

Kemudian, Menpora juga membahas kegiatan olahraga ditengah pandemi Covid-19 yang terjadi di Indonesia. Dampak dari wabah virus ini begitu besar untuk semua hal, termasuk juga olahraga. Akibatnya, kompetisi olahraga yang bergulir di Tanah Air terpaksa harus dihentikan sementara waktu.

Terkait bergulirnya kembali kompetisi tersebut, menpora akan berkoordinasi dengan Tim Gugus Tugas Percepatan Penanganan Covid-19.

"Sekarang dalam situasi pandemi corona. Kempora tentu tidak diam saja. Kita terus melakukan upaya-upaya ya, berkoordinasi dengan Tim Gugus Tugas, menunggu kapan dimulainya kompetisi olahraga. Kita akan mengikuti keputusan yang diberikan oleh Tim Gugus Tugas, termasuk juga panduan-panduannya seperti apa nantinya," jelas Menpora.

"Saya menyampaikan terima kasih dan apresiasi kepada teman-teman media yang terus mengabarkan informasi kepada masyarakat. Meski ditengah pandemi, kita tetap bisa silaturahmi secara online," tutup Menpora. 



Sumber: BeritaSatu.com