Pemerintah Italia Izinkan Serie A Dimulai 20 Juni

Pemerintah Italia Izinkan Serie A Dimulai 20 Juni
Napoli vs AS Roma. (Foto: AFP)
Alexander Madji / AMA Jumat, 29 Mei 2020 | 09:59 WIB

Roma, Beritasatu.com - Pemerintah Italia akhirnya menyetujui Liga Serie A Italia bergulir kembali 20 Juni atau mundur seminggu dari yang diusulkan sebelumnya. Semula diusulkan, Serie A dimulai lagi pada 12 Juni, tetapi kemudian diundur sehari ke 13 Juni.

Dalam rapat dengan Menteri Olahraga Italia Vincenzo Spadafora, Lega Serie A, Presiden Federasi Sepakbola Italia atau FIGC, Asosiasi Pesepakbola, dan Asosiasi Dokter Olahraga Italia, Kamis (28/5/2020) waktu setempat diputuskan bahwa kompetisi sepakbola tertinggi negeri pizza itu bergulir kembali pada 20 Juni.

Serie A adalah liga elite pertama di Eropa yang dihentikan karena pandemi virus corona pada 9 Maret 2020. Sebelum dihentikan, sejumlah pertandingan Serie A dilakoni di dalam stadion tertutup dan beberapa lainnya ditunda.

"Ini sebuah pertemuan yang sangat penting karena seperti yang kami sampaikan dari awal, sepakbola pasti akan bergulir kembali ketika semua syarat untuk menjamin keselamatan terpenuhi. Dan, Komite sudah mengizinkan agar protokol kesehatan Serie A dilanjutkan," kata Spadafora dalam keterangannya setelah pertemuan tersebut sebagaimanan dikutip dari Sky Sports.

Ia melanjutkan, "Italia sudah kembali ke jalurnya, begitu pula dengan sepakbola. Komite sudah menyetujui protokol, tetapi para pemain yang masih dinyatakan positif terpapar virus corona harus menjalani karantina. Kami juga mendapat jaminan bahwa proses tes pemain tidak akan berdampak atau mengurangi tes bagi publik pada umumnya."

FIGC baru akan memastikan jadwal atau kalender laga-laga Serie A pada Jumat (29/5/2020) pagi waktu setempat, Namun,  yang pasti masing-masing tim akan bermain setiap tiga hari sekali dalam tiga pilihan waktu berbeda yaitu pukul 17.00, 19.15, dan 21.30 waktu Italia.

Sebelumnya, pada Kamis (28/5) pagi, lembaga pemerintah Komite Teknik Ilmu Pengetahuan menerima revisi protokol kesehatan untuk laga-laga Serie A. Izin ini sekaligus memastikan bahwa Liga Serie A akan bergulir kembali, setelah sebelumnya sempat terjadi perdebatan perlu tidaknya Liga Serie A dilanjutkan.



Sumber: Suara Pembaruan