Giggs Ingin Terapkan Gaya Permainan Liverpool di Timas Wales

Giggs Ingin Terapkan Gaya Permainan Liverpool di Timas Wales
Pelatih Manchester United, Louis van Gaal (kiri) dan asisten pelatih Ryan Giggs. (Foto: AFP)
Alexander Madji / AMA Jumat, 29 Mei 2020 | 10:27 WIB

Manchester, Beritasatu.com - Mantan pemain dan pelatih Manchester United (MU) Ryan Giggs mengaku ingin "meng-copy paste" gaya permainan pemimpin klasemen sementara Liga Utama Inggris, Liverpool, ke tim nasional (Timnas) Wales yang dilatihnya.

Sejauh ini, ilmu kepelatihan Giggs sangat dipengaruhi oleh gurunya di MU, Sir Alex Ferguson. Ia menyontek gaya Ferguson terutama dalam hal standar dan disiplin. Ilmu kepelatihan lainnya dia petik dari Louis van Gaal saat ia menjadi asistennya di MU.

Namun, Giggs mengaku sangat terpesona dengan permainan anak asuh Juergen Klopp. "Kita sudah menyaksikan bahwa tahun ini, Liverpool adalah tim yang fantastis, dilatih seorang pelatih hebat bernama Juergen Klopp. Sebagai pendukung berat MU, tentu sakit sekali mengakui hal ini, tetapi Liverpool memang sangat fantastis musim ini," kata Giggs.

Ia melanjutkan, "Langkah mereka sulit terbendung dan saya kira mereka sangat layak menjuarai Liga Utama Inggris. Mereka sudah melewati musim yang brilian. Tahun lalu, mereka juga menekan Manchester City. Mereka (Liverpool dan Manchester City) adalah dua tim yang sangat enak ditonton. Ada banyak hal yang bisa saya ambil dari cara bermain Liverpool dan bisa dipraktikan di Timnas Wales."

Selain terkagum-kagum dengan kinerja Klopp di Liverpool, Giggs juga terpesona dengan gaya kepelatihan Pep Guardiola di Manchester City, rival sekota MU. "Dengan masih terhentikan liga karena Covid-19, saya kira, banyak pertanyaan yang masih harus dijawab," imbuhnya.

Pada bagian lain, Giggs yang tercatat sebagai pemain dengan penampilan terbanyak bersama setan Merah berharap, MU bisa memangkas juarang yang begitu lebar dengan Liverpool. "Terlepas dari itu, Anda harus mengakui bahwa Liverpool memang sangat fantastis musim ini," imbuhnya.



Sumber: Suara Pembaruan