Cristiano Ronaldo Lewati Rekor Rui Costa di Serie A

Cristiano Ronaldo Lewati Rekor Rui Costa di Serie A
Ekpresi kekecewaan Cristiano Ronaldo usai gagal mencetak gol ke gawang AC Milan dari titik penalti di San Siro di leg kedua semifinal Piala Italia, Sabtu, 13 Juni 2020. (Foto: istimewa)
Indah Handayani / JAS Selasa, 23 Juni 2020 | 15:09 WIB

Jakarta, Beritasatu.com - Penalti babak pertama melawan Bologna mengantarkan Cristiano Ronaldo memecahkan rekor baru. Dikutip Goal.com, pemain depan Juventus itu menyalip torehan Rui Costa untuk menjadi pemain pencetak gol terbanyak asal Portugal dalam sejarah Serie A.

Cristiano Ronaldo mencetak gol dari titik penalti pada babak pertama yang mengantarkan kemenangan 2-0 Juventus atas Bologna. Kemennagan ini mengantar I Bianconeri memimpin empat poin di puncak klasemen atas penghuni urutan kedua Lazio. Juventus kini mengantongi total 66 poin dari 27 pertandingan.

Itu merupakan gol ke-22 Ronaldo di Serie A musim ini. Sedangkan pada musim lalu ia telah mengumpulkan 21 gol saat debutnya di Turin setelah kepindahannya dari Real Madrid pada 2018. Denagn capaian 43 gol, pemain berusia 35 tahun itu pun melampaui Rui Costa sebagai pemain Portugal dengan gol terbanyak di papan atas Italia.

Rui Costa menghabiskan delapan tahun di Serie A, bermain untuk Fiorentina dan kemudian Milan antara tahun 1994 dan 2006.

Cristiano Ronaldo pun masih memegang rekor sebagai pencetak gol terbanyak asal Portugal dalam sejarah Liga Premier setelah mencetak 84 kali dalam 196 penampilan untuk Manchester United.

Dia juga pencetak gol terbanyak asal Portugal dalam sejarah La Liga setelah mendaftarkan 311 gol dalam 292 penampilan untuk Real Madrid, di mana ia adalah pencetak gol terbanyak sepanjang masa.

Kemampuan Cristiano Ronaldo tersebut hanya bisa ditandingi oleh kapten Barcelona Lionel Messi. Ia yang telah mencetak lebih banyak gol dari pada Cristiano Ronaldo di La Liga.

Cristiano Ronaldo baru-baru dikritik karena gagal mencetak gol dari titik penalti saat melawan Milan di semifinal Piala Italia kalah di final melawan Napoli. Bahkan mantan pemain internasional Italia Luca Toni menggambarkan kinerja Ronaldo di empat besar Coppa Italia sebagai "rata-rata".



Sumber: Goal