Tak Patuhi Protokol Covid-19, PM Bulgaria Ancam Larang Penonton ke Stadion

Tak Patuhi Protokol Covid-19, PM Bulgaria Ancam Larang Penonton ke Stadion
Ilustrasi Virus Corona (Foto: istimewa / istimewa)
Surya Lesmana / LES Rabu, 24 Juni 2020 | 16:41 WIB

Sofia, Beritasatu.com – Perdana Menteri (PM) Bugaria Boyko Borissov pada Rabu (24/6/2020) waktu setempat mengancam akan melarang penonton datang ke stadion untuk menyaksikan pertandingan liga sepakbola domestik di negara itu. Diketahui penonton yang datang ke stadion tak mematuhi aturan jaga jarak (social distancing).

Liga Sepakbola Bulgaria dimulai kembali pada 5 Juni 2020 setelah berhenti tiga bulan karena pandemi Covid-19.

Saat dibuka, pihak pemerintah membolehkan fans datang ke stadion meski jumlah mereka dibatasi.

“Kami memberi kesempatan pemain merasakan kembali dukungan penonton. Tapi apa yang fans lakukan? Mereka berkumpul bersama, dan tidak menggunakan masker. Apa yang mereka mau tunjukan?,” keluh Borissov.

Dengan adanya pelanggaran protokol kesehatan ini, Menteri Kesehatan Bulgaria Kiril Ananiev pada Senin (22/6/2020) lalu menyatakan, hanya membolehkan 1.000 penonton saja datang ke stadion. Mereka juga diminta duduk sendiri, dan menjaga jarak satu dengan yang lainnya.

Diketahui respons kekecewaan PM Bulgaria dikarenakan pertandingan semifibal Piala Bulgaria leg kedua pada Selasa (23/6/2020) kemarin antara Levski Sofia menghadapi Lokomotiv Plovdiv.

“Ada aturan baru sekarang, jumlah penonton hanya 1.000 orang. Namun jika mereka tak mengubah sikap di stadion, kita akan menutup pertandingan tanpa penonton, seperti yang dilakukan di Jerman, Spanyol dan Italia,” tegas Borissov.

Diketahui pada pekan lalu Bulgarian mendapat tambahan kasus baru Covid-19 sebanyak 606. Jumlah itu menjadi rekor terbanyak dalam sepekan saat Covid-19 mewabah di negara Eropa timur ini.

Pada Rabu ini, tercatat ada 130 kasus baru, membuat total kasus positif Covid-19 di Bulgaria mencapai 4.114 kasus dengan jumlah korban meninggal 208 kasus.



Sumber: eurosport.com