Hanya Seri di Celta, Barcelona Tetap Geser Real Madrid dari Puncak

Hanya Seri di Celta, Barcelona Tetap Geser Real Madrid dari Puncak
Para pemain Barcelona menyambut rekannya Luis Suarez (kiri) yang baru menjebol gawang Celta Vigo dalam lanjutan La Liga pekan ke-32 di Stadion Balaidos, Sabtu, 27 Juni 2020. (Foto: Barcelona)
Jaja Suteja / JAS Minggu, 28 Juni 2020 | 00:01 WIB

Vigo, Beritasatu.com - Barcelona gagal mempertahankan keunggulan dan hanya memetik hasil seri 2-2 saat tandang ke markas Celta Vigo pada lanjutan kompetisi La Liga, Sabtu (27/6/2020) di Stadion Balaidos. Meski hanya meraih hasil imbang, Barcelona pun untuk sementara menggeser Real Madrid dari puncak klasemen La Liga.

Gol yang membawa tim tamu unggul diborong oleh Luis Suarez pada menit ke-20 dan 67. Namun Celta Vigo membuat Barcelona hanya memetik satu poin setelah berhasil mencetak gol balasan melalui Fedor Smolov, pada menit ke-50 dan Iago Aspas pada menit ke-88.

Dengan koleksi 69 poin, Barcelona unggul satu poin atas Real Madrid. Rival dari Ibu Kota Spanyol ini baru akan memainkan partai ke-32 pada Minggu (28/6/2020) atau Senin dini hari WIB.

Dalam laga tersebut, Real Madrid akan melawan tuan rumah Espanyol. Jika memetik hasil seri atau menang, mereka akan kembali menggeser Barcelona dari puncak.

Barcelona tentu saja menargetkan kemenangan dalam laga di Balaidos ini agar melewati Real Madrid dengan keunggulan tiga poin. Namun meski sempat dua kali unggul, mereka gagal mempertahankan keunggulan.

Di kubu Barcelona, di lini depan sebagai buntut pertengkaran dengan Lionel Messi, striker Antoine Griezmann harus rela duduk di bangku cadangan. Di barisan depan, pelatih Quique Setien selain menampilkan Messi juga menurunkan Ansu Fati dan Luis Suarez.

Trio ini ditopang barisan tengah Arturo Vidal, Ivan Rakitic, dan Ricard Puig. sementara di barisan belakang kiper Marc-André ter Stegen dikawal Nelson Semedo, Gerard Pique, Samuel Umtiti, serta Jordi Alba.

Di kubu Celta Vigo, pelatih Óscar García Junyent bakal mengusung formasi 3-5-2. Iago Aspas dan Fedor Smolov akan berduet i lini depan. Di lini tengah akan disi Kevin Vazquez, Brais Mendez, Okay Yokuslu, Denis Suarez, dan Jacobo Gonzalez.

Barcelona nyaris unggul pada menit keenam saat sundulan Gerard Pique mengenai tiang gawang. Dia menerima umpan dari Lionel Messi dan menymbutnya dengan tandukan, namun mengenai gawang. Peluang emas di menit-menit awal.

Satu menit kemudian, Celta Vigo menekan lewat upaya yang dilakukan Fedor Smolov. Setelah mendapat sodoran dari Iago Aspas, ia melepaskan tendangan dari sisi kiri kotak penalti namun meleset dari sasaran.

Pada menit ke-10, dua peluang didapt Barcelona melalui Lionel Messi dan Riqui Puig. Namun kedua kesempatan itu tak membuahkan gol. Tendangan Messi diblok, sementara tembakan kaki kanan dari luar kortak penalti Puig melenceng ke sisi kiri.
Lionel Messi kembali mengancam lewat tendangan kaki kiri pada menit ke-14 stelah memanfaatkan umpan Gerard Piqué. Namun hasil eksekusinya berhasil diblok bek lawan.

Celta Vigo juga menekan kembali melalui Iago Aspas. Pemain depan ini melepaskan sundulan menyambut umpan Brais Mendez, namun hasil tandukannya berhasil diselamatkan kiper Ter Stegen.

Barcelona akhirnya bisa memecah kebuntuan pada menitke-20 berkat kepiawaian Luis Suarez. Gol berawal dari umpan Lionel Messi dari situasi bola mati. Luis Suarez menyambutnya dengan sundulan dari jarak dekat. Bola melesak ke pojok kanan bawah.

Celta Vigo sebenarnya memberikan perlawanan gigih. Pada menit ke-22, mereka menekan melalui Fedor Smolov dan Iago Aspas. Namun tendangan kaki kanan kedua pemain ini berhasil diblok pemain Barcelona.

Dua menit kemudian, tuan rumah juga membuat peluang. Setelah mendapat sodoran dari Denis Suarez, Brais Mendez melepaskan tendangan kaki kiri dari tengah kotak penalti namun berhasil diselamatkan kiper Barcelona.

Pemain muda Barcelona Ansu Fati mendapat kesempatan mencetak gol pada menit ke-16. Namun tendangan kaki kirinya setelah mendapat umpan Lionel Messi dari tengah kotak penalti diblok.

Hal serupa terjadi pada Luis Suarez di menit yang sama. Tembakan kaki kanan dari tengah kotak penalti juga diblok. Hingga babak pertama usai tak ada lagi gol yang tercipta. Barcelona memimpin 1-0 atas tuan rumah.

Saat babak kedua baru berjalan lima menit, Celta Vigo membuat kubu Barcelona terkejut. Mereka berhasil keluar dari tekanan dan sukses menyamakan skor menjadi 1-1.

Gol yang membuat skor imbang dicetak Fedor Smolov pada menit ke-50. Gol berawal dari umpan Okay Yukuslu. Fedor Smolov kemudan menyusulnya dengan tendangan kaki kiri dari tengah kotak penalti. Bola melesak kaki pojok kiri bawah dan tak bisa diselamatkan kiper Marc Andre Ter Stegen.

Tersengat oleh gol balasan ini, Barcelona pun berupaya bangkit kembali. Dalam kurun waktu lima menit antara menit ke-54-59, Barca menciptakan tiga peluang, dua melalui Lionel messi dan satu Ansu Fati. Namun sayang semua peluang tak menghasilkan gol.

Barcelona baru bisa melesakkan ghol tambahan pada menit ke-67. Tim tamu kembali memimpin dan unggul 2-1 berkat gol yang dilesakkan Luis Suarez. Ini merupakan gol kedua striker asal Uruguay itu dalam partai ke-32 ini.

Memasuki menit ke-80, Celta Vigo sebenarnya mempunyai peluang lewat tendangan Nolito. Namun kiper Mar Abdre ter Stegen kembali melakukan penyelamatan.

Pada menit ke-88, Celta Vigo membuat kejutan dengan berhasil membobol gawang Barcelona. Kali ini gol yang membuat skor menjadi 2-2 dilesakkan Iago Aspas.

Gol berawal dari tendangan bebas yang didapatkan tuan rumah. Iago Aspas menjadi eksekutor tendangan bebas ini dan tendangan ke arah pojok kiri bawah berhasil mengecoh kiper Barcelona, Marc Andre ter Stegen.

Susunan pemain:

Celta de Vigo (3-5-2): 13 Ruben Blanco; 18 Joseph Aidoo, 16 Jorge Saenz, 4 Nestor Araujo (21 Jeison Murillo 73); 16 Kevin Vazquez, 20 Brais Mendez (14 Filip Bradaric 60), 5 Okay Yokuslu (12 Rafael Alcántara), 6 Denis Suarez, 29 Jacobo Gonzalez (22 Santi Mina 81); 10 Iago Aspas, 9 Fedor Smolov (3 Nolito 60)

Barcelona (4-3-3): 1 Marc-André ter Stegen; 2 Nelson Semedo, 3 Gerard Pique, 23 Samuel Umtiti, 18 Jordi Alba (24 Júnior Firpo 81); 22 Arturo Vidal, 4 Ivan Rakitic, 28 Riqui Puig (8 Arthur 86); 10 Lionel Messi, 9 Luis Suarez (17 Antoine Griezmann 81), 31 Ansu Fati (19 Martin Braithwaite 69)



Sumber: BeritaSatu.com