Surat Terbuka Juergen Klopp untuk Liverpool

Surat Terbuka Juergen Klopp untuk Liverpool
Juergen Klopp (Foto: AFP PHOTO)
Faisal Maliki Baskoro / FMB Senin, 29 Juni 2020 | 15:31 WIB

Liverpool, Beritasatu.com - Setelah memastikan gelar juara ke-19 Liga Inggris, Manajer Liverpool FC Juergen Klopp menulis surat terbuka untuk warga Liverpool. Dalam suratnya yang dimuat Liverpool Echo, Klopp meminta pendukung Liverpool FC untuk bersabar merayakan gelar Liverpool dan juga memuji pelatih rival, Manajer Everton Carlo Ancelotti.

"Saya belum pernah menulis surat untuk surat kabar sebelumnya. Saya sering melakukan konferensi pers dan sering diberitakan oleh media tetapi ini pertama kalinya saya merasa perlu untuk menulis surat karena saya ingin berbicara langsung kepada warga Liverpool.

"Ini adalah saat yang luar biasa untuk klub yang luar biasa di kota yang luar biasa. Bagi kalian, ini adalah akhir penantian panjang Liverpool menjadi juara, tetapi walaupun kalian menanti selama 30 tahun atau 30 menit, saya harap kalian semua menikmati momen ini karena kalian layak merayakannya.

"Menjadi manajer Liverpool FC adalah suatu kebanggaan. Kebanggaan yang saya pikul setiap hari karena saya melakukannya demi kalian. Saya menyadari Liverpool adalah tempat yang istimewa sebelum saya datang ke sini hampir lima tahun lalu, tetapi keistimewaan Liverpool baru benar-benar terasa setelah mengenal orang-orangnya dan merasakan detak jantung kota ini.

"Surat ini tidak hanya untuk pendukung Liverpool FC saja. Memang saya bias terhadap Liverpool karena ini klub saya tetapi saya tidak buta terhadap pendukung Everton karena mereka adalah sisi lain dari koin yang sama, dan rivalitas itu sangat penting bagi identitas kota ini.

"Ini bukan masa-masa terindah bagi pendukung Everton dan jika kita bertukar peran, maka kami akan merasakan hal yang sama. Namun, dalam diri Carlo Ancelotti, Everton memiliki manajer dan orang yang hebat dan saya yakin Everton akan terus membaik sejak dia mengambil alih. Everton adalah rival yang hebat. Saya tidak perlu diingatkan soal itu.

"Bagi kami, untuk finis di atas Everton dan 18 klub lainnya adalah prestasi yang luar biasa. Saya menghormati mereka semua, karena bersama-sama, kami membuat sepakbola di Inggris sangat kompetitif dan menarik sehingga seluruh orang di dunia ini tersihir.

"Akan menjadi sebuah kesalahan jika kami hanya fokus dengan selisih poin karena tidak sedikit pertandingan di mana kami harus berjuang keras untuk setiap jengkal lapangan. Kadang kami harus menggali lebih dalam ke jiwa kami untuk menang. Sering, saya masuk ke ruang ganti dan terkesima dan bahagia atas apa yang baru saya saksikan, lalu melihat anak-anak bangkit lagi dan memberikan segalanya di lapangan. Ini adalah liga yang keras dan dimenangkan dengan susah payah, meskipun perolehan nilai mengindikasikan sebaliknya.

"Untuk merealisasikan ini, dibutuhkan banyak hal. Tindakan dan prestasi para pemain adalah bukti yang berbicara dengan sendirinya. Semua penghargaan yang mereka terima pantas didapatkan dan sebagai manajer, saya sangat bangga. Di luar fokus akan kemampuan dan komitmen para pemain, satu hal yang tidak disadari adalah, sebagai tim mereka menyadari apa maknanya mewakili dan menjaga nama kota ini.

"Ini adalah bahan bakar yang mendorong setiap langkah kami.

"Selain para pemain aktif, saya juga ingin memberikan penghargaan istimewa kepada dua mantan pemain yang menerapkan standard untuk kami ikuti. Sir Kenny Dalglish adalah jiwa klub ini. Pemahamannya akan apa itu Liverpool dan apa makna klub ini bagi warganya sangat vital dalam apa yang kami lakukan. Saya lihat betapa bahagianya dia setelah kami dipastikan menjadi juara Kamis lalu dan senyumnya sangat berarti bagi saya sampai tidak terukir dengan kata-kata.

"Steven Gerrard adalah kaki klub ini. Dia memikul klub ini sebagai pemain dan tidak ada orang lain yang lebih layak mendapatkan gelar selain dirinya. Bersama Kenny, Steven adalah simbol klub ini dan penting sekali dalam momen seperti ini kita mengenang semua hal yang pernah diberikan mantan pemain dan manajer karena mereka membantu kami berada di posisi sekarang.

"Mereka adalah orang-orang yang membangun Liverpool. Hal yang sama juga berlaku untuk pemiliki klub. Saya sangat menghargai apa yang mereka lakukan untuk klub. Dalam sepakbola modern, kita perlu visi, strategi, dan komitmen teguh untuk sukses. Di tiga hal itu, Fenway Sports Group menunjukkan bahwa mereka adalah pemimpin di bidangnya. Apresiasi saya untuk mereka absolut.

"Kami memiliki pemain yang brilian, mantan pemain yang luar biasa, pemilik yang hebat dan di atas semua itu, kami memiliki suporter terbaik di dunia. Peran mereka dalam membangun, menginspirasi, dan mendorong klub ini untuk menjadi yang terbaik sangat penting karena semua prestasi yang kami raih tidak mungkin terjadi tanpa mereka.

"Saya mencintai hasrat kalian, lagu-lagu kalian, sikap pantang menyerah, komitmen, pengertian akan pertandingan dan kepercayaan kalian atas apa yang kami lakukan. Meskipun kalian tidak datang ke pertandingan kami, kalian tetap berusaha dengan menjadikan the Kop seperti the Kop, walaupun tanpa suara. Kami amat sangat menghargai usaha kalian dan saya yakin dukungan kalian adalah salah satu faktor kemenangan kami atas Crystal Palace.

"Tetapi harus saya sampaikan, yang tidak saya sukai adalah suasana di Pier Head pda hari Jumat. Saya adalah manusia biasa yang memiliki hasrat yang sama dengan kalian tetapi yang penting saat ini adalah tidak berkerumun. Kita harus menghormati pekerja kesehatan yang berkorban begitu banyak dan kepada polisi dan otoritas setempat. Tolong rayakan tetapi dengan cara yang aman dan di lokasi yang privat sehingga kita tidak menyebarkan penyakit berbahaya ini di komunitas kita.

"Jika keadaan berbeda, saya ingin sekali merayakan bersama, melakukan parade yang lebih besar dari parade Liga Champions tahun lalu, tetapi sekarang tidak mungkin. Kita semua sudah berjuang keras melawan Covid-19, jangan sia-siakan perjuangan itu. Kita harus melakukan hal yang benar untuk diri kita sendiri dan sesama, dan itu berarti menjaga kebersamaan dengan tidak bersama-sama.

"Jika waktunya tepat, kita akan merayakan. Kita akan menikmati momen ini dan mengecat kota ini merah. Tapi sekarang, tolong tetap di rumah. Sekarang bukan saatnya berkumpul di pusat kota atau ke lapangan bola. Di awal krisis, saya mengatakan tidak mau bermain di stadion kosong, tetapi jika itu bisa membuat satu orang tidak kena penyakit, maka saya akan melakukannya, tanpa pertanyaan, dan ini adalah pandangan saya yang tidak bisa diubah.

"Jika kita bisa tetap menjaga kebersamaan secara terpisah, maka kita akan memainkan peran yang besar dalam perang melawan penyakit ini. Saya tahu kita bisa melakukannya bersama-sama. Mudah-mudahan, beberapa bulan dari sekarang, atau lebih lama jika perlu, Saya bisa menulis surat lagi kepada Liverpool Echo mengucapkan terima kasih karena kalian menempatkan kesehatan bersama di atas hal-hal lainnya.

"Tidak ada hal lain yang akan membuat saya lebih bangga.

"Untuk sekarang, saya ingin mengucapkan terima kasih kepada suporter Liverpool dan semua orang di kota ini yang mendukung kami juara. Ini adalah masa kita. Waktu istimewa dalam kehidupan kita dan kalianlah yang membuat segalanya mungkin. Masing-masing kalian adalah juara dan kami tidak sabar untuk merayakan pencapaian kalian.

You'll Never Walk Alone."



Sumber: Liverpool Echo