Liverpool vs Aston Villa: the Reds Sudah Kembali Fokus

Liverpool vs Aston Villa: the Reds Sudah Kembali Fokus
Preview Liverpool vs Aston Villa. (Foto: Beritasatu.com / Muhammad Reza)
Faisal Maliki Baskoro / FMB Sabtu, 4 Juli 2020 | 14:46 WIB

Liverpool, Beritasatu.com - Kekalahan 4-0 dari Manchester City Kamis lalu (2/7/2020) adalah hasil yang sangat mengecewakan bagi Liverpool. Kekalahan itu bahkan membuat Manajer Liverpool Juergen Klopp sampai tidak bisa tidur.

"Suasana hati saya tidak begitu baik setelah pertandingan itu. Mood saya juga tidak baik saat mau tidur dan bangun tidur. Tetapi setelah sampai di Melwood (tempat latihan), suasana hati saya berubah jadi baik," kata Klopp dalam konferensi pers Jumat (3/7/2020).

Pelatih yang baru saja membawa Liverpool meraih gelar Liga Inggris ke-19 musim ini mengatakan bahwa timnya sudah fokus kembali melawan Aston Villa di Anfield, yang akan disiarkan pada Sabtu di Inggris atau Minggu malam 22.30 WIB.

The Villans yang kini berada di peringkat ke-18 klasemen sementara adalah lawan yang mampu menyulitkan Liverpool. Klopp mengenang pertemuan sebelumnya yang menjadi momen krusial dalam perjalanan Liverpool menjadi juara Premier League. Saat itu, Liverpool menang dengan susah payah 1-2 berkat gol dari Andrew Robertson (menit 87) dan Sadio Mane (menit 94).

"Pertandingan itu mengajarkan kami bahwa untuk berpeluang menjadi juara liga, kami harus meraih poin sempurna, karena City biasanya menang terus. Musim lalu kasusnya seperti itu," kata Klopp.

Dalam pertemuan melawan Villa nanti, Liverpool tidak akan diperkuat Dejan Lovren dan Joel Matip karena cedera. Joe Gomez yang ditarik keluar di akhir babak pertama bisa dimainkan. Keputusan mengganti Gomez lebih karena faktor disiplin (kartu kuning) daripada cedera. Xherdan Shaqiri juga sudah kembali berlatih.

Walaupun sudah memastikan gelar juara, Klopp akan tetap menghormati Aston Villa dengan menurunkan skuat terbaiknya. Ini berarti para pemain muda Liverpool harus bersabar, meskipun mereka sangat ingin memenuhi kuota bermain demi mendapatkan medali juara Liga Inggris.

Peraturan Premier League menyebutkan hanya pemain yang bermain lima kali di liga yang akan mendapatkan medali. Dengan enam pertandingan tersisa, masih ada peluang bagi Curtis Jones, Neco Williams dan Harvey Elliot untuk mendapatkan medali mereka.

Di kubu Aston Villa, Matt Targett dipastikan absen. Ezrio Konsa juga masih diragukan. Tom Heaton dan Wesley masih dibekap cedera lutut, sementara Borja Baston sudah meninggalkan klub karena kontraknya habis.

Peluang Villa menang di Anfield juga sangat tipis. Di Premier League, terakhir kali Liverpool kalah di Anfield adalah pada 23 April 2017 saat melawan Crystal Palace.

Berikut perkiraan susunan pemain:
Liverpool (4-3-3): Alisson; Alexander-Arnold, Gomez, van Djik, Robertson; Henderson, Fabinho, Wijnaldum; Salah, Firmino, Mane.

Aston Villa (4-4-2): Reina; Guilbert, Konsa, Mings, Hause; Douglas Luiz, McGinn, Nakamba, Grealish; El Ghazi, Davis.



Sumber: BeritaSatu.com