Gagal Pertahankan Keunggulan, Liverpool Cuma Seri Saat Ladeni Burnley

Gagal Pertahankan Keunggulan, Liverpool Cuma Seri Saat Ladeni Burnley
Penyerang Liverpool, Mohamed Salah (kiri), berupaya melewati sergapan pemain Burnley, Kevin Long, dalam laga di Stadion Anfield, Sabtu, 11 Juli 2020. (Foto: AFP / Oli Scarff)
Jaja Suteja / JAS Sabtu, 11 Juli 2020 | 22:49 WIB

Liverpool, Beritasatu.com - Liverpool gagal mempertahankan keunggulan dan ditahan imbang 1-1 oleh tim tamu Burnley dalam partai lanjutan Premier League, Sabtu (11/7/2020) di Stadion Anfield. Tuan rumah sempat unggul melalui gol yang dilesakkan Andy Robertson pada menit ke-34. Namun pada babak kedua Burnley berhasil menyamakan kedudukan melalui Jay Rodriguez pada menit ke-69.  

Laga menjamu Burnley  sebenarnya sudah tak memiliki arti apapun bagi sang tuan rumah, Liverpool. Mereka sudah memastikan juara Premier League. Meski gagal mempertahankan kemenangan Liverpool masih sukses menjaga rekor tak terkalahkan musin ini di Stadion Anfield di ajang Premier League.

Dalam laga pekan ke-35 ini, manajer Juergen Klopp tak bisa menampilkan sang kapten Jordan Henderson. Klopp juga dengan berani menampilkan pemain belia berusia 19 tahun Neco Williams sebagai pemain inti di lini belakang. Namun di lini depan dia menurunkan trio terkuat Mohamed Salah, Roberto Firmino, dan Sadio Mane.

Burnley sendiri sudah aman dari degradasi. Pelatih Sean Dyche menampilkan formasi 4-4-2, dengan mengutus duet Chris Wood dan Jay Rodriguez, sebagai penyerang.

Sejak pertandingan dimulai, Liverpool sangat mendominasi permainan. Pasukan Klopp mulaimenggedor melalui Roberto Firmino pada menit ke-13. Roberto Firmino memanfaatkan sodoran Sadio Mane dan menyambutkan dengan tendangan kaki kanan dari tengah kotak penalti namun gagalmembuahkan gol karena diblok.

Peluang juga didapatkan Mohamed Salah, Curtis Jones. Salah mendapat kesempatan pada menit ke-14 dan 18 namun yang satu melenceng danlainnya berhasil diamankan kiper lawan. Sementara tendangan Jones memanfaakan umpan Roberto Firmino juga berhasil dimentahkan kiper Nick Pope.

Jones kembali mendapatkan peluang pada menit ke-21, saat dia menerima bola kiriman Mane. Namun tendangannya juga diblok.

Tekanan terus-menerus yang dilakukan Liverpool akhirnya sukses menghasilkan gol pada menit ke-34. Gol yang membawa pasukan Juergen Klopp unggul dilesakkan Andy Robertson.

Gol berawal dari aksi Fabinho melepaskan umpan. Sodoran ini dimanfaatkan dengan baik oleh Robertson dengan sundulan dan menghasilkan gol.

Liverpool terus melakukan serangan dan menggempur pertahanan Burnley. Namun hingga laga babak pertama usai tak ada tambahan gol yang dihasilkan. Liverpool unggul 1-0 pada babak sebelum jeda.

Usai jeda, Liverpool masih terus berinisiatif menyerang. Pada menit ke-49, tendangan kaki kiri Firmino memanfaatkan umpan Salah nyaris menghasilkan gol. Sayang bola mengenai tiang gawang sebelah kanan tim tamu. 

Pada menit ke-54, Burnley memberikan perlawanan dengan menciptakan peluang melalui Jay Rodriguez. Dia melepaskan tendangan kaki kiri menyambut operan Dwight McNeil, dengan tentangan kaki kanan dr luar kotak penalti. Namun bola berhasil diselamatkan kiper Alisson.

Liverpool kembali menunjukkan dominasi mereka dengan menghasilkan beberapa peluang yakni lewat Sadio Mane, Neco Williams, Fabinho, Georginio Wijnaldum, Salah. Namun semuanya tak menghasilkan gol.

Tuan rumah justru dikejutkan oleh gol yang membuat skor mandi imbang pada menit ke-69. Gol diawali oleh tendangan bebas yang kemudian disambut James Tarkowski dengan sundulan.

Bola dari kepalanya ini yang kemudian dimanfaatkan Jay Rodriguez dengan kaki kanan dari tengah kotak penalti. Bola yang mengarah pojok kanan bawah tak mampu ditangkap kiper Alisson.    

Wasit David Coote sempat meminta video assistan referee (VAR) untuk membuktikan gol tersebut sah. Dan setelah meminta  pendapat VAR, wasit memutuskan gol tersebut sah. Skor pun menjadi imbang 1-1. 

Tersengat oleh gol yang membuat skor menjadiimbang,Liverpool berupaya bangkit dan mencetak gol. Peluang didapatkan Trent Alexander-Arnold, Sadio Mane yang mendapat dua kesempatan, serta Mohamed Salah. Namun semuanya gagal.

Tuan rumah malah nyaris kebobolan pada menit ke-87. Johann Gudmundsson melepaskan tendangan kaki kanan yang mengenai mistar gawang. Liverpool pun terhindar dari kebobolan. Skor imbang 1-1 bertahan sampai pertandingan usai.

Berikut susunan kedua tim:

Liverpool (4-3-3): 1 Alisson; 76 Neco Williams (6 Trent Alexander-Arnold 69), 12 Joe Gomez, 4 Virgil van Dijk, 26 Andrew Robertson; 5 Georginio Wijnaldum (15 Alex Oxlade-Chamberlain 81), 3 Fabinho, 48 Curtis Jones (8 Naby Keita 69); 11 Mohamed Salah, 9 Roberto Firmino, 10 Sadio Mane.

Burnley (4-4-2): 1 Nick Pope; 26 Phil Bardsley, 28 Kevin Long, 5 James Tarkowski, 3 Charlie Taylor; 23 Erik Pieters (7 Johann Berg Gudmundsson 65), 8 Ashley Westwood, 8 Josh Brownhill, 11 Dwight McNeil; 9 Chris Wood (27 Matej Vydra 65), 19 Jay Rodriguez



Sumber: BeritaSatu.com