City Kunci Posisi Runner Up Liga Utama Inggris

City Kunci Posisi Runner Up Liga Utama Inggris
Selebrasi pemain Manchester City Bernardo Silva (tengah) bersama Phil Foden (kiri) dan Riyad Mahrez (kanan) dalam pertandingan Piala FA babak keempat di Stadion Etihad, Manchester, Minggu 26 Januari 2020. (Foto: AFP / Lindsey Parnaby)
Alexander Madji / AMA Minggu, 12 Juli 2020 | 07:44 WIB

Brighton, Beritasatu.com - Raheem Sterling menjadi bintang lapangan kemenangan telak Manchester City atas tuan rumah Brighton & Hove Albion pada laga Liga Utama Inggris di Amex Stadium, Minggu (12/7/2020) dini hari WIB. City menang 5-0 dan tiga dari lima gol tersebut diborong Raheem Sterling. Sementara dua gol lainnya masing-masing disumbang Gabriel Jesus dan Bernardo Silva.

Hasil ini sekaligus memastikan City mengunci posisi runner up Liga Utama Inggris musim 2019-2020. Nilai mereka tidak akan terkejar lagi oleh Chelsea di posisi ketiga serta Leicester City dan Manchester United di tempat keempat dan kelima klasemen sementara.

Adapun bagi Sterling, ketiga gol itu menambah pundi-pundi koleksi golnya untuk City sepanjang musim ini di semua kompetisi menjadi 27.

Selain itu, ini adalah kemenangan pertama City pada empat laga tandang terakhir. Sebelumnya, mereka menelan tiga kekalahan tandang secara beruntun dan menjadi pengalaman pertama Pep Guardiola sepanjang perjalanan karier kepelatihannya.

Dengan mengunci posisi kedua sekaligus jatah ke Liga Champions musim depan, Pep Guardiola berharap upaya banding mereka ke CAS atas putusan UEFA yang melarang mereka tampil di kompetisi Eropa selama dua musim bisa diterima. Dengan begitu, Raheem Sterling bisa tampil di kompetisi antarklub paling elite di Eropa musim depan.

"Kami sudah lolos ke Liga Champions yang menjadi target minimal klub ini. Kami memenanginya di lapangan dan diharapkan Senin nanti UEFA mengizinkan para pemain ini bermain di Liga Champions musim depan. Sebab mereka sangat layak ada di Liga Champions," kata Guardiola setelah pertandingan sebagaimana dikutip dari ESPN.

Adapun di Liga Chamipons musim ini, City masih akan bertarung melawan Real Madrid di leg kedua babak 16 besar. Bila bisa bisa mempertahankan kemenangan pada leg pertama dengan hanya bermain imbang, maka mereka akan terus tampil di babak perempat final.

Sementara terkait jalannya pertandingan, pelatih asal Spanyol itu mengaku sangat puas. "Saya senang dengan semua hal yang terjadi malam ini, baik hasil maupun level permainan kami. Mereka siap bermain dengan level seperti ini hingga laga terakhir di liga dan Liga Champions," kata Guardiola.