Fakta Menarik Laga Manchester United vs Southampton

Fakta Menarik Laga Manchester United vs Southampton
Para pemain Manchester United (merah) saat menghadapi Southampton di ajang Premier League, di Stadion Old Trafford, Senin, 13 Juli 2020. (Foto: AFP / Clive Brunskill)
Jaja Suteja / JAS Selasa, 14 Juli 2020 | 13:36 WIB

Manchester, Beritasatu.com - Manchester United gagal mempertahankan keunggulan dan harus puas bermain seri 2-2 saat menjamu Southampton di Stadion Old Trafford, Senin (13/7) atau Selasa dini hari WIB.

Manchester United tertinggal lebih dulu ketika aksi Stuart Armstrong berhasilmemboibo gawang David De Gea pada menit ke-12. Tuan tumah kemudian berbalik unggul melalui gol Marcus Rashford pada menit ke-20 dan Anthony Martial tiga menit kemudian. Namun saat pertandingan hanya beberapa detik lagi usai, Southampton berhasil menyamakan kedudukan melalui gol yang dilesakkan pemain pengganti Michael Obafemi.

Obafemi sebenarnya baru masuk menggantikan pada menit ke-87. Namun sembilan menit kemudian dia menjadi penentu timnya terhindar dari kekalahan dan membawa timnya memetik satu poin dari Manchester.

Hasil imbang ini membuat Manchester United tetap bertengger di posisi kelima dengan koleksi 59 poin. Andai saja mereka bisa mempertahankan keunggulan hingga laga berakhir, Manchester United bakal bertengger di urutan ketiga, menyalip dua tim di atasnya yakni Chelsea dan Leicester City.

Dari pertandingan ini terdapat beberapa fakta menarik menurut Opta, yakni:

- Gol Michael Obafemi yang membuat Southampton menyamakan skor merupakan gol paling akhir yang dialami Manchester United di ajang Premier League goal Manchester United sejak waktu detail gol terjadi dihitung (2006-07). Gol Obafemi terjadi pada menit ke-96.

- Manchester United pernah memetik hasil kalah dan seri dalam laga Premier League di Old Trafford akibat gol yang terjadi pada menit ke-90. Dalam 519 laga kandang sebelum musim, mereka hanya pernah memetik hasil imbang sekali akibat gol pada menkt ke-90 yang dilesakkan tim lawan (L0).

- Manchester United tak terkalahkan dalam 18 pertandingan di semua kompetisi musim ini (menang 13,  seri 5). Terakhir kali mereka melakukannya adalah antara April-November 2010 (29 laga).

- Manchester United menurunkan stating XI yang sama dalam lima laga beruntun di Premier League. Pertama kali mereka melakukan hal yang sama (starting XI yang sama dalam enam pertandingan beruntun) adalah pada January/February 1993.

- Anthony Martial menjadi pemain ke-10 yang mencetak 50 gol di ajang Premier Lague untuk Manchester United. Tak ada klub lain yang memiliki jumlah pemain yang melebihi Manchester United dalam hal ini. (Liverpool juga 10 pemain).

- Kombinasi Anthony Martial (2 assists) dan Marcus Rashford (4) menghasilkan enam gol di Premier League musimini. Tak ada duet Manchester United lain yang pernah menghasilkan jumlah yang sama dalam semusim.

- Sejak debutnya membela Manchester United pada awal February lalu, Bruno Fernandes telah terlibat dalam 14 gol Premier League (7 gol, 7 assists). Tak ada pemain lain di kompetisi ini yang menyamai torehannya.

- Pemain Southampton, Stuart Armstrong, selalu terlibat dalam lima gol dalam dari enam laga terakhir timnya di Premier League (mencetak 2 goal dan 3 assists). Jumlah ini setara dnegan yang dilakukan oleh Armstrong 40 laga sebelumnya di Premier League.



Sumber: Sportinglife