Lionel Messi Raih Trofi Pichichi Ketujuh

Lionel Messi Raih Trofi Pichichi Ketujuh
Lionel Messi (kedua dari kanan) mendapat sambutan dari rekan-rekannya usai mencetak gol ke gawang Deportivo Alaves. (Foto: ANDER GILLENEA / AFP)
Alexander Madji / AMA Senin, 20 Juli 2020 | 11:34 WIB

Barcelona, Beritasatu.com - Lionel Messi meraih trofi Pichichi, atau penghargaan sebagai top skor La Liga, ketujuh sepanjang kariernya, setelah menjadi top skor pada musim 2019-2020 ini dengan 25 gol. Ia unggul empat gol dari penyerang Real Madrid, Karim Benzema, yang hanya mencetak 21 gol sepanjang musim ini untuk Los Blancos.

Ini untuk keempat kalinya secara berturut-turut, Messi menjadi top skor La Liga, sekaligus menjadi periode terpanjang sejak Hugo Sanchez mencatat rekor yang sama pada 1980-an.

Meskipun, ini bukan musim terbaik bagi Messi bila dilihat dari jumlah gol yang dicetak. Sebab pada musim 2011-2012, yang juga menjadi musim terbaiknya, Messi mencetak 50 gol dalam satu musim. Sementara musim lalu, ia meraih trofi Pichichi dengan 36 gol.

Musim ini, Messi mampu mempertahakan trofi Pichichi hanya dengan 25 gol. Catatan ini tergolong bagus karena Messi kini berusia 33 tahun. Meski sudah berumur untuk ukuran seorang pesepakbola, Messi masih menjadi andalan utama Azulgrana dalam membobol gawang lawan.

Sepanjang musim ini, Barcelona tatal mencetak 86 gol. Dengan 25 di antaranya diborong Messi, maka kapten Timnas Argentina itu menyumbang 29% dari total seluruh gol tim Katalunya tersebut.

Meski meraih trofi individu, Messi menilai, gelar tersebut tidak ada nilainya karena Barcelona gagal meraih trofi La Liga. "Gelar individu itu nomor dua. Mungkin memang penting meriah trofi Pichichi ketujuh, tetapi saya akan lebih bahagia bila itu diraih bersama dengan La Liga," kata Messi setelah menang 5-0 atas Alaves sebagaimana dikutip dari Marca.com.



Sumber: Suara Pembaruan