Soal Wacana Naturalisasi Pemain, La Nyalla Peringatkan PSSI
Logo BeritaSatu

Soal Wacana Naturalisasi Pemain, La Nyalla Peringatkan PSSI

Rabu, 26 Agustus 2020 | 18:45 WIB
Oleh : CAH

Jakarta, Beritasatu.com - Ketua DPD RI La Nyalla Mattalitti memperingatkan PSSI soal wacana naturalisasi lima pemain muda asal Brasil yang harus memenuhi syarat-syarat administrasi untuk bisa menjadi seorang warga negara Indonesia (WNI).

Mantan Ketum PSSI tersebut mengatakan bahwa untuk bisa menjadi WNI, salah satunya harus ada relevansi. Artinya, pemain tersebut memiliki garis keturunan Indonesia.

"Nasionalisme itu sekarang sudah bergaul dengan humanisme. Jadi sebenarnya naturalisasi itu bukan lagi soal halal atau haram di dunia olahraga. Sehingga seharusnya tidak menjadi kontroversi," kata dia dalam keterangan tertulis yang diterima wartawan di Jakarta, Rabu (26/8/2020).

Baca Juga: Rumor Naturalisasi Lima Pemain Muda Brasil, Ini Penjelasan PSSI

"Hanya, memang harus ada relevansinya. Artinya naturalisasi yang datang dari inisiatif federasi, hanya relevan jika pemain tersebut ada hubungan sejarah atau darah keturunan," kata dia menambahkan.

Garis keturunan yang dimaksud yakni pemain lahir di negara bersangkutan, atau salah satu orang tua kandung pemain lahir di negara tersebut, atau kakek/nenek sang pemain lahir di negara tersebut, dan atau pemain telah menetap di negara tersebut selama lima tahun, terhitung saat usianya mencapai 18 tahun.

Aturan itu pun mengacu pada statuta FIFA terkait FIFA Eligibility Rules di pasal 7. Sementara lima pemain muda Brazil tersebut tak ada sama sekali garis keturunan Indonesia.

Di sisi lain, kata La Nyalla apabila ingin menjadi WNI minimal harus ada inisiatif dari yang bersangkutan, bukan hanya mempertimbangkan ambisi federasi semata.

Baca Juga: Timnas U-19 Dihuni 30 Pemain, Ada Nama Jack Brown dan Elkan Baggott

"Sebab, yang saya dengar, lima pemain muda asal Brasil yang sekarang dititipkan untuk main di sejumlah klub di Indonesia, itu inisiatif PSSI. Maka, wajib mempertimbangkan faktor relevansi tadi," kata dia.

Sebelumnya, lima pemain muda asal Brasil bergabung dengan sejumlah klub di Liga 1 Indonesia. Kelimanya adalah Thiago Pereira dan Maike Henrique de Lima (seleksi di Persija), Robert Junior Rodrigues Santos (seleksi Madura United), dan Hugo Guilherme dan Pedro Hendrique (direkrut di Arema FC).

Kadatangannya terkesan mendadak bahkan dihubung-hubungkan dengan persiapan Piala Dunia U-20. Bahkan manajemen Arema FC dan Madura United secara terang-terangan menyatakan pemain tersebut berpeluang dinaturalisasi. Meski alasannya, agar persaingan di antara pemain muda semakin ketat.

Hal tersebut juga diperkuat pernyataan Ketum PSSI Mochammad Iriawan dalam sebuah webinar. Dalam kesempatan itu, ia menyatakan akan melakukan "cara-cara luar biasa" dalam menghadapi Piala Dunia U-20.

Meski belakangan melalui Dirtek timnas Indonesia Indra Sjafri membantah wacana naturalisasi lima pemain Brasil itu untuk Piala Dunia U-20. Ia mengatakan bahwa kedatangan mereka murni atas inisiatif klub.



Sumber: ANTARA


BAGIKAN


REKOMENDASI



BERITA LAINNYA

Real Madrid Tertarik Boyong Cavani

Juara La Liga Real Madrid dilaporkan sedang mempertimbangkan untuk memboyong Edinson Cavani.

BOLA | 26 Agustus 2020

Pernyataan Koeman Pemicu Kemarahan Lionel Messi

Pernyataan pelatih baru Barcelona Ronald Koeman disinyalir menjadi biang keladi keinginan Lionel Messi tinggalkan Camp Nou.

BOLA | 26 Agustus 2020

Messi Minta "Cerai", Mantan Kapten Barcelona Beri Dukungan

Lionel Messi sebenarnya masih terikat kontrak di Barcelona sampai tahun 2021, tetapi dia memilih mengaktifkan klausul pelepasan kontraknya.

BOLA | 26 Agustus 2020

Conte Tetap Tangani Inter Milan Musim Depan

Pengumuman ini juga mengakhiri spekulasi ia bakal dipecat menyusul kekalahan di babak final Liga Europa pekan lalu.

BOLA | 26 Agustus 2020

Red Star, dan PAOK Lolos ke Putaran Ketiga Kuaifikasi Liga Champions

Langkah Red Star diikuti PAOK Salonika yang juga mengalahkan Besiktas Istanbul 3-1 pada pertandingan Rabu (26/8/2020) WIB.

BOLA | 26 Agustus 2020

Timnas U-19 Dihuni 30 Pemain, Ada Nama Jack Brown dan Elkan Baggott

Selain diisi pemain yang sebelumnya membawa Indonesia juara Piala AFF U-19, skuad Timnas U-19 juga dihuni dua pemain blasteran Jack Brown dan Elkan Baggott.

BOLA | 26 Agustus 2020

Sylvano Comvalius Pamit Tidak Kembali ke Persipura

Pandemi Covid-19 memaksa Sylvano Comvalius yang masih berada di Belanda memutuskan untuk tidak kembali ke Indonesia dan mengundurkan diri dari Persipura.

BOLA | 26 Agustus 2020

Klub-klub Ini Berpeluang Angkut Messi dari Barcelona

Sejumlah klub yang berminat pastinya langsung "bergerak" setelah mengetahui Lionel Messi sudah mengajukan permintaan hengkang dari Barcelona.

BOLA | 26 Agustus 2020

Andrea Pirlo Pastikan Higuain Pergi dan Dybala Bertahan

Pelatih Juventus, Andrea Pirlo memastikan bahwa Gonzalo Higuain meninggalkan Allianz Stadium pada jendela transfer musim panas 2020 ini.

BOLA | 26 Agustus 2020

Daley Blind Terkapar pada Laga Persahabatan Lawan Hertha Berlin

Pemain Ajax Amsterdam, Daley Blind kembali bermasalah dengan jantungnya hingga terjatuh menjelang akhir laga persahabatan melawan Hertha Berlin, Selasa kemarin.

BOLA | 26 Agustus 2020


TERKONEKSI BERSAMA KAMI
Copyright © 2021 BeritaSatu
Allright Reserved
CONTACT US
Berita Satu Plaza, Lantai 11 Kav. 35-36,
Jl. Jend. Gatot Subroto, Jakarta Selatan, Jakarta 12950
Telp: +62 21 2995 7500
Fax: +62 21 5277975
BeritaSatu Media Holdings
CLOSE ADS