Pahlawan Senegal pada Piala Dunia 2002 Meninggal Dunia
Logo BeritaSatu

Pahlawan Senegal pada Piala Dunia 2002 Meninggal Dunia

Senin, 30 November 2020 | 17:06 WIB
Oleh : Alexander Madji / AMA

London, Beritasatu.com - Mantan gelandang Senegal yang mencetak gol kemenangan negara itu atas jawara bertahan Prancis pada laga pembuka Piala Dunia 2002, Papa Bouba Diop meninggal dunia pada usia 42 tahun.

Sumber ESPN menyebutkan, mantan pemain Fulham dan Portsmouth itu menderita penyakit Amyotrophic Lateral Sclerosis (ALS) yang juga terkenal sebagai penyakit Lou Gehrig atau motor neurone.

Diop mengantongi catatan 65 kali tampil bersama Timnas Senegal periode 2001-2008 dan menjadi figur kunci yang membawa negara itu lolos hingga perempat final Piala Dunia di Korea Selatan dan Jepang tersebut. Mereka menjadi satu dari tiga negara Benua Afrika yang bisa lolos ke babak delapan besar Piala Dunia 18 tahun silam itu.

Pada laga pembuka, Diop mencetak gol dari sebuah sudut sempit saat melawan jawara bertahan Prancis dan kemenangan ini menjadi sangat terkenal dalam sejarah turnamen sepakbola paling tinggi sejagat itu. Diop juga mencetak dua gol saat menahan imbang 3-3 Uruguay di fase grup. Senegal yang berjulukan Teranga Lions akhirnya kalah dari Turki lewat sistem gol emas di babak perempat final.

Diop juga memperkuat Senegal pada empat turnamen Piala Afrika. Ia membantu negaranya lolos ke final pada 2002 sebelum kalah dari Kamerun pada partai puncak di Bamako.

Di tingkat klub ia sempat membela Fulham di Liga Utama Inggris sejak 2004. Ia juga membela Portsmouth. Ia juga pernah bermain bersama Grasshoppers di Swiss. Sebelum ke Eropa, ia bermain bersama ASC Diaraf. Ia juga sempat bermain bersama Neuchatel Xamax dan Lens sebelum pindah ke Inggris.

Pada 2010, ia hengkang ke AEK Athena dan sukses menjuarai Piala Yunani bersama klub itu. Lalu, ia sempat kembali ke Inggris untuk membela West Ham United dan membantu klub itu promosi ke Liga Utama Inggris. Ia sempat membela Birmingham City sebelum gantung sepatu.

Oleh gelandang Manchester United (MU) asal Prancis, Paul Pogba, Papa Bouba Diop disebut sebagai salah satu lawan paling berat di lapangan tengah. "FIFA sangat berduka atas meninggalnya legenda sepakbola Senegal, Papa Bouba Diop. Sekali menjadi seorang pahlawan Piala Dunia, selalu menjadi pahlawan," demikian pernyataan FIFA.



Sumber: BeritaSatu.com


BAGIKAN


REKOMENDASI



BERITA LAINNYA

Diego Maradona, "Si Tangan Tuhan" Penuh Kontroversi

Rabu, 25 November 2020, dunia dikejutkan dengan kabar meninggalnya Diego Maradona, sang legenda sepakbola nan kontroversial.

BOLA | 30 November 2020

Dokter Maradona Diperiksa Pihak Berwajib

Jaksa mencari petunjuk kalau-kalau ada unsur kelalaian dalam merawat Maradona pasca-operasi.

BOLA | 30 November 2020

Mikel Arteta Khawatir dengan Penampilan Arsenal

Pelatih Arsenal, Mikel Arteta mengaku bertanggung jawab atas penampilan buruk anak asuhnya dalam beberapa pekan terakhir, termasuk saat kalah 1-2 dari Wolves.

BOLA | 30 November 2020

Tottenham Dinilai Belum Cukup Bagus untuk Juarai Liga Inggris

Tottenham Hotspur memang sedang memimpin klasemen sementara Liga Utama Inggris, tetapi mereka dinilai tidak cukup bagus untuk menjadi juara di akhir musim.

BOLA | 30 November 2020

Messi Tiru Gaya Maradona Rayakan Gol di Newell's Old Boys

Lionel Messi meniru gaya Maradona saat merayakan satu golnya ke gawang Osasuna pada pertandingan La Liga Spanyol di Camp Nou, Minggu (29/11/2020).

BOLA | 30 November 2020

Menang Telak, Napoli Buat Maradona Tersenyum dari Surga

Napoli menyempurnakan penghargaan untuk Maradona dengan kemenangan telak 4-0 atas AS Roma pada pertandingan Liga Serie A Italia, Senin (30/11/2020) dini hari.

BOLA | 30 November 2020

Arsenal Kembali Menuai Hasil Buruk

Tim London Utara, Arsenal, kembali menuai hasil buruk di ajang Liga Utama Inggris. Akibatnya mereka terlempar ke papan bawah klasemen sementara.

BOLA | 30 November 2020

Chelsea vs Tottenham Berakhir Tanpa Gol

Chelsea yang tampil dominan di laga ini kesulitan menembus pertahanan Spurs.

BOLA | 30 November 2020

MU Menang, Solskjaer Puji Cavani

MU sempat tertinggal dua gol lebih dahulu sebelum diperkecil oleh Bruno Fernandes dan kemudian ditambah dua gol Edinson Cavani.

BOLA | 30 November 2020

Babak Pertama, Chelsea vs Tottenham Belum Ada Gol

Pertandingan kedua tim berjalan imbang di 45 menit pertama, meski Chelsea sedikit unggul dalam penguasaan bola.

BOLA | 30 November 2020


TERKONEKSI BERSAMA KAMI
Copyright © 2021 BeritaSatu
Allright Reserved
CONTACT US
Berita Satu Plaza, Lantai 11 Kav. 35-36,
Jl. Jend. Gatot Subroto, Jakarta Selatan, Jakarta 12950
Telp: +62 21 2995 7500
Fax: +62 21 5277975
BeritaSatu Media Holdings
CLOSE ADS