Roma vs Milan, Potensi Imbang di Olimpico
Logo BeritaSatu

Roma vs Milan, Potensi Imbang di Olimpico

Minggu, 28 Februari 2021 | 09:37 WIB
Oleh : Bernadus Wijayaka / BW

Jakarta, Beritasatu.com – Pertarungan paling menarik, seru, dan keras, akan tersaji pada pekan ke-24 Serie A Liga Italia, Minggu (28/2/2021). AS Roma vs AC Milan di Stadion Olimpico, Roma.

Duel menyuguhkan sesama penghuni papan atas. Kedua tim masih berpeluang merebut Scudetto dari tangan Juventus, yang mendominasi satu dekade terakhir. Milan yang berada di peringkat kedua, mengoleksi 49 poin, sedangkan Roma berada di urutan keempat, mempunyai poin 44.

Tuan rumah Roma belum terkalahkan dalam empat laga terakhir, di semua kompetisi. Tiga kemenangan, dan satu imbang. Dua kali menang atas Braga di Liga Europa, dan sekali melawan Udinese. Roma ditahan imbang kala bertemu Benevento.

Sebaiknya, calon lawannya, tak pernah sekalipun menang di empat laga terakhir. Bahkan, di dua laga terakhir Liga Italia, mereka kalah, yaitu saat bertemu Spezia dan Inter Milan.

Di Liga Europa, Mlilan juga hanya bisa bermain imbang kala bertemu Red Star. Namun, Rossoneri berhak ke 16 besr karena unggul agregrat tandang 2-2. Di San Siro, pekan lalu, Milan ditahan 1-1.

Melihat performa di laga-laga terakhir, Roma tampaknya akan bisa memangkas defisit poin dari Milan. Namun, tentu tidak akan semudah itu. Bahkan, laga kedua tim bisa berakhir dengan satu poin bagi masing-masing tim.

Roma menunggu kedatangan mantan pemimpin Serie A Milan dengan rekor kandang terbaik di liga. Secara keseluruhan, Giallorossi tidak terkalahkan dalam 16 pertandingan liga kandang terakhir. Mereka menang 12 kali. Itu merupakan rekor terpanjang mereka sejak 2017. Ini menjadi modal berharga bagi Roma.

Kurang Menawan
Tuan rumah secara umum mendominasi lawan yang lebih mudah, tetapi cenderung kurang menawan ketika menghadapi rival empat besar utama mereka, seperti Juventus, Atalanta, dan rival sekota Lazio. Menghadapi ketiga tim papan atas ini, Roma tumbang.

Pada pertemuan pertama musim ini, di San Siro, berakhir imbang Milan vs Roma berakhir imbang 3-3.

Pelaith Roma, Paulo Fonseca, tentu harus meracik strategi yang pas untuk mengalahkan Milan, yang performanya tidak menawan belakangan, sehingga harus kehilangan pucuk pimpinan. Milan sebelumnya 21 pekan menguasai puncak klasemen Liga Italia.

Kedua tim sudah bisa berkonsentrasi penuh dalam laga nanti. Pasalnya, posisi 16 besar Liga Europa telah mereka gapai.

Roma mungkin mengumpulkan poin terbanyak di kandang musim ini, dengan 30, tetapi Milan telah membukukan penghitungan tertinggi di laga tandang, dengan 28 poin. Ini juga menjadi modal bagi pasukan Stefano Pioli.

Mesin gol Zlatan Ibrahimovic yang tidak bersinar dalam beberapa laga terakhir, harus diberi peran lebih. Dua laga terakhir, saat melawan Spezia dan Inter, Milan tak mampu mencetak satu gol pun. Mereka pun berpotensi kehilangan tiga pertandingan berturut-turut tanpa mencetak gol untuk pertama kalinya sejak April 1967.

Tidak diragukan lagi, Pioli dan staf pelatihnya akan bekerja ekstrakeras untuk menghindari nasib itu. Scudetto yang sepertinya sudah terlihat jelas, karena penampilan mereka sangat bagus, hilang begitu saja saat dikalahkan tim semenjana Spezia.

Ismael Bennacer dan Mario Mandzukic diperkirakan akan absen dalam perjalanan ke Roma, karena cedera paha. Sandro Tonali dan Theo Hernandez akan kembali dalam pertandingan nanti. Striker muda Rafael Leao akan dicadangkan dan memberi kesempatan bagi Ibrahimovic untuk menjebol gawang Roma. Pemain sayap Alexis Saelemaekers juga merupakan kandidat kuat untuk kembali ke XI.

Fonseca akan menugaskan Borja Mayoral memimpin lini serang. Pasalnya, striker utama, Edin Dzeko, menderita cedera pangkal paha saat melawan Braga pada pertengahan pekan lalu. Striker Bosnia yang merupakan mantan kapten Roma itu, mencetak gol pembuka di babak pertama. Namun, kemudian dipaksa keluar karena cedera.

Selain Nicolo Zaniolo dan Davide Santon yang cedera jangka panjang, Fonseca masih tanpa bek Roger Ibanez dan Chris Smalling. Namun, Roma tampaknya sudah bisa memainkan Marash Kumbulla.

Mengomentari laga nanti malam, Pioli melayangkan pujian ke tim lawan. “Mereka memiliki banyak pemain bagus dalam serangan, berkualitas, dan memiliki kecepatan. Roma menjalani musim yang bagus. Namun, ini adalah pertandingan yang harus kami menangi,” kata Pioli.

“Kami sedang bekerja untuk menjadi tim pemenang. Tidak ada alasan untuk kalah.”

Di kubu lawan, Fonseca juga memuji penampilan Milan. “Milan mengalami musim yang hebat. Memang benar hasil terbaru tidak baik, tetapi hasilnya tidak sama dengan performa. Jika kita melihat pertandingan melawan Inter, Milan bermain bagus dan punya peluang. Penampilan dari Rossoneri tidak berubah, mereka terus menjadi tim yang hebat, melakukannya dengan baik,” kata pelatih asal Portugal ini.

Prakiraan pemain Roma vs Milan:
Roma: Lopez; Mancini, Cristante, Spinazzola; Karsdorp, Veretout, Villar, Peres; Pellegrini, Mkhitaryan; Mayoral
AC Milan: Donnarumma; Calabria, Kjaer, Romagnoli, Hernandez; Kessie, Tonali; Saelemaekers, Calhanoglu, Rebic; Ibrahimovic



Sumber: BeritaSatu.com


BAGIKAN


REKOMENDASI



BERITA LAINNYA

Leicester vs Arsenal: "Meriam London" Tetap Siaga Satu

Pelatih Arsenal Mikel Arteta tetap meminta kepada pasukannya untuk tidak meremehkan Leicester yang kini bersaing di papan atas klasemen, peringkat ketiga

BOLA | 28 Februari 2021

Chelsea vs MU, Duel Seru di Stamford Bridge

Partai akbar akan tersaji di Premier League pekan ini saat dua klub top Inggris, Chelsea dan Manchester United, saling adu kekuatan di Stadion Stamford Bridge.

BOLA | 28 Februari 2021

Setelah 4 Laga Kalah, Getafe Akhirnya Menang

Tugas mereka makin dimudahkan setelah wasit Jorge Figueroa Vazquez mengganjar Diakhaby dengan kartu merah setelah melanggar keras Nemanja Maksimovic.

BOLA | 28 Februari 2021

Villa Raup 3 Poin Penuh dari Markas Leeds

Kendati menang, Villa belum beranjak dari posisi kedelapan klasemen dengan koleksi 36 poin.

BOLA | 28 Februari 2021

Juventus Hanya Mampu Bawa 1 Poin dari Kandang Verona

Verona bahkan memiliki peluang untuk berbalik unggul.

BOLA | 28 Februari 2021

Sheffield United vs Liverpool: Poin The Reds Lebih "Sedikit" dari The Blades

Nilai yang Liverpool akumulasikan sejak awal tahun ini lebih sedikit dibanding Sheffield yang menjadi juru kunci.

BOLA | 28 Februari 2021

Bekap Sevilla, Barcelona Naik ke Posisi Kedua

Kemenangan yang diraih Barcelona atas Sevilla membuat Blaugrana naik ke peringkat kedua La Liga menggusur Real Madrid ke posisi kedua.

BOLA | 28 Februari 2021

Tottenham vs Burnley: Tuan Rumah Kehabisan Bahan Bakar

Pertandingan antara Tottenham Hotspur vs Burnley akan tersaji di Tottenham Stadiun, Minggu (28/2/2021) pukul 21.00 WIB.

BOLA | 27 Februari 2021

Bekuk West Ham, Man City Kokoh di Puncak Klasemen

John Stones menjadi penentu kemenangan City yang sempat unggul dahulu melalui gol Ruben Dias tetapi sempat disamakan West Ham lewat gol Michail Antonio.

BOLA | 27 Februari 2021

Babak Pertama, City vs West Ham 1-1

City sempat unggul lebih dahulu melalui gol yang dicetak Ruben Dias di menit 30.

BOLA | 27 Februari 2021


TERKONEKSI BERSAMA KAMI
Copyright © 2021 BeritaSatu
Allright Reserved
CONTACT US
Berita Satu Plaza, Lantai 11 Kav. 35-36,
Jl. Jend. Gatot Subroto, Jakarta Selatan, Jakarta 12950
Telp: +62 21 2995 7500
Fax: +62 21 5277975
BeritaSatu Media Holdings
CLOSE ADS