Logo BeritaSatu

Sempat Tertinggal, MU Bangkit dan Taklukkan Tottenham

Senin, 12 April 2021 | 00:42 WIB
Oleh : Jaja Suteja / JAS

London, Beritasatu.com - Manchester United sukses menundukkan tuan rumah Tottenham Hotspur 3-1 dalam pertandingan Premier League pekan ke-31, Minggu (11/4/2021). Manchester United sempat tertinggal oleh gol Heung-Min Son pada menit ke-40. Namun pasukan Ole Gunnar Solskjaer kemudian bangkit melalui gol Fred pada menit ke-57, Edinson Cavani (79), dan Mason Greenwood saat injury time.

Meski peluang menjadi juara sangat tipis, kemenangan ini setidaknya mendekatkan jarak mereka dengan pemimpin klasemen Manchester City. Kini jarak mereka menjadi 11 poin dengan keunggulan satu pertandingan. Sehari sebelumnya Manchester City menyerah 1-2 kepada Leeds United.

Di kubu tuan rumah, manajer Jose Mourinho mengusung formasi 4-2-3-1. Dia menampilkan Harry Kane sebagai ujung tombak tunggal.

Pemain Timnas Inggris itu ditopang trio Son Heung Min, Giovani Lo Celso, serta Lucas Moura. Sementara Pierre-Emile Hojbjerg
dan Tanguy NDombele ditempatkan di depan empat bek.

Joe Rodon dan Eric Dier menjadi duet bek tengah didampingi Serge Aurier di sisi kanan serta Sergio Reguilón di kiri. Mereka menjaga kiper Hugo Lloris dari serbuan pemain lawan.

Sementara di kubu Manchester United, Solskjaer juga mengusung formasi serupa dengan lawannya. Kiper David de Gea kembali harus menyerahkan posisi penjaga gawang utama kepada Dean Henderson.

Dia bakal dikawal empat bek yakni Aaron Wan-Bissaka, Victor Lindelof, Harry Maguire, dan Luke Shaw. Scott McTominay
dan Fred menjadi duet di depan barisan belakang.

Sementara Edinson Cavani menjadi penyerang tunggal yang disokong trio Bruno Fernandes, Paul Pogba, dan Marcus Rashford.

Pada menit ketiga, Tottenham sudah melakukan tekanan melalui Son Heung Min. Pemain asal Korea Selatan melepaskan tendangan dari tengah kotak penalti. Namun tendangan kaki kanannya tak mengenai sasaran.

Menit ke-14 dan 16 kedua tim sama-sama memiliki peluang namun terjebak offside. Menit ke-14, pemain Manchester United Harry Maguire mengirimkan umpan untuk striker Edinson Cavani, namun pemain asal Uruguay ini gagal memanfaatkannya karena terkena offside.

Dua menit kemudian giliran Son Heung-Min yang juga terjebak offside saat mencoba memanfaatkan sodoran dari Pierre-Emile Hojbjerg.

Tak berapa lama, Pogba memberikan umpan panjang ke arah Cavani, yang memberikan umpan kepada Rashford untuk melakukan tendangan dari sisi kanan dalam. Dia melepaskan tembakan keras ke gawang. Namun Dier menyeberang tepat pada waktunya untuk memblok bola hingga melebar dari tiang kanan.

Menit ke-22, Moura membuat gerakan di sayap kanan dan memberikan umpan silang ke tiang dekat. Namun bola lebih dulu ditangkap Henderson sebelum sampai ke kepala Son.

Manchester United sebenarnya mampi mencetak gol yang dilesakkan Edinson Cavani pada menit ke-33. Penyerang asal Uruguay ini menjebol gawang Hugo Lloris setelah memanfaatkan umpan Paul Pogba. Dia menyambut umpan dengan kaki kiri dari tengah kotak penalti.

Namun wasit kemudian meminta bantuan VAR. Setelah melihat VAR wasit Chris Kavanagh memastikan gol yang dicetak mantan pemain Paris Saint-Germain itu tidak sah.

Wasit menganulir gol ini karena Scott McTominay melanggar Son Heung Min sebelum gol terjadi. Skor pun tetap 0-0.

Tottenham justru kemudian unggul pada menit ke-40 melalui aksi Son Heung Min. Penyerang asal Korea Selatan ini menjebol gawang Dean Henderson setelah memanfaatkan umpan Lucas Moura. Dia menyambut umpan dengan kaki kiri dari tengah kotak penalti. Bola yang mengarah ke pojok kiri bawah tak bisa diselamatkan kiper Manchester United.

Ini merupakan gol ke-14 yang dicetak Son di Premier League musim ini. Menyamai torehannya pada musim 2016/17. Skor 1-0 untuk keunggulan Tottenham bertahan hingga babak pertama usai.

Memasuki babak kedua, Manchester United langsung mengancam melalui aksi Aaron Wan-Bissaka. Pemain belakang ini menembak dengan kaki kanan dari sudut sulit memanfaatkan umpan Luke Shaw. Namun tendangan voli yang dilepaskannya berhasil diselamatkan kiper Hugo Lloris.

Menit ke-56, Lloris kembali menjadi pahlawan tuan rumah. Dia menggagalkan peluang tim tamu

Pogba menyerang sayap kiri dan melepaskan umpan silang. Wan-Bissaka menerima bola di sayap kanan dan kembali ke McTominay. Pemain asal Skotlandia itu melakukan upaya ke arah gawang, tetapi Lloris mengalahkannya.

Fred Setelah Menjebol Gawang Spurs

Menit ke-57, Manchester United berhasil menyamakan kedudukan melalui gol yang dicetak Fred. Gol diawali Fred yang melepaskan umpan yang disambut tembakan Cavani di kotak penalti, tetapi tendangan kaki kiri penyerang asal Uruguay ini berhasil diselamatkan oleh kiper Hugo Lloris. Namun Fred masih waspada dan berhasil memanfaatkan bola rebound. Dengan cepat dia bereaksi dan mengarahkan bola ke gawang dengan kaki kirinya.

Menit ke-64 dan 67, Manchester United mendapat peluang lewat pemain yang sama, Paul Pogba. Pada peluang bertama dia melepaskan sundulan memanfaatkan umpan dari sepak pojok Luke Shaw. Namun sundulannya melenceng ke kiri gawang.

Peluang kedua dia dapatkan setelah mendapat sodoran Bruno Fernandes. Namun tendangan mantan pemain Juventus ini diblok.

Tottenham sempat memiliki peluang memimpin melalui Harry Kane menit ke-73. Setelah mendapat sodoran dari Son, dia memanfaatkan kecepatan kaki untuk mendapatkan ruang menembak. Namun kiper Henderson berhasil menggagalkan peluang yang didapatkan penyerang Spurs itu.

Manchester United balik memimpin pada menit ke-79. Kali ini gol Edinson Cavani tak lagi dianulir dan membawa tim tamu unggul 2-1.

Gol berawal dari sodoran Bruno Fernandes untuk Mason Greenwood di sayap kanan dan dia memberikan umpan silang sempurna ke tengah. Edinson Cavani melakukan drift di antara Dier dan Aurier sebelum melakukan tembakan melewati Lloris ke sudut kanan bawah.

Tottenham yaris menyamakan kedudukan pada menit ke-84, saat sepak pojok Lamela mengenai kepala Pogba dan kemudian Cavani sebelum membentur tiang kiri gawang. Tidak ada pemain Tottenham yang bereaksi untuk memanfaatkan bola rebound. Son kemudian melepaskan tembakan, namun melebar dari target.

Di pengujung laga atau tepatnya menit ke-93, Mason Greenwood menambah keunggulan tim tamu. Dia sukses memanfaatkan sodoran Paul Pogba. Greenwood berhasil menjebol gawang tuan rumah dengan tendangan kaki kanan dari sisi kanan kotak penalti. Skor 3-1 untuk MU bertahan hingga wasit meniup peluit panjang.

Susunan pemain:

Tottenham Hotspur (4-2-3-1): 1 Hugo Lloris; 24 Serge Aurier, 14 Joe Rodon, 15 Eric Dier, 3 Sergio Reguilon; 28 Tanguy NDombele (11 Erik Lamela 78), 5 Pierre-Emile Hojbjerg; 18 Giovani Lo Celso (17 Moussa Sissoko 61), 27 Lucas Moura (9 Gareth Bale 82), 7 Son Heung Min, 10 Harry Kane.

Manchester United (4-2-3-1): 26 Dean Henderson; 29 Aaron Wan-Bissaka, 2 Victor Lindelof, 5 Harry Maguire, 23 Luke Shaw; 39 Scott McTominay, 17 Fred; 18 Bruno Fernandes (31 Nemanja Matic 90), 6 Paul Pogba, 10 Marcus Rashford (11 Mason Greenwood 72); 7 Edinson Cavani.

Statistik Tottenham Hotspur vs Manchester United

Sempat Tertinggal, MU Bangkit dan Taklukkan Tottenham



Saksikan live streaming program-program BeritaSatu TV di sini

Sumber: Sportinglife

BAGIKAN

BERITA LAINNYA

Lepas dari Tekanan, Persib Percaya Diri Hadapi Persija

Maung Bandung julukan Persib dituntut mencatat empat kemenangan beruntun saat menghadapi Macan Kemayoran Persija.

BOLA | 29 September 2022

Musim Depan, Barcelona Berpeluang Pulangkan Lionel Messi

Wakil Presiden Barcelona Edouard Romeu mengatakan klubnya berpeluang besar memulangkan Lionel Messi dari PSG.

BOLA | 29 September 2022

Kualifikasi Piala Asia U-17: Timnas U-17 Dituntut Punya Mental Baja

Pada laga pertama kualifikasi Piala Asia U-17, Sabtu (3/10/2022), Timnas U-17 Indonesia akan melawan Guam.

BOLA | 29 September 2022

Liga 1: Demi Gengsi, Persebaya Wajib Kalahkan Arema FC

Apapun hasil pertandingan nanti, di mata Persebaya dan Arema FC akan sangat bernilai dua kali dari biasanya.

BOLA | 29 September 2022

Update Covid-19: Kasus Baru Kembali Tembus 2.000

Dengan penambahan kasus positif pada hari ini, maka total kasus konfirmasi positif Covid-19 di Indonesia telah mencapai jumlah 6.429.767.

BOLA | 29 September 2022

Catat, Kick Off Persib vs Persija Maju Jadi Pukul 16.00 WIB

Perubahan jadwal Kick off Persib melawan Persija dikabarkan berdasarkan rekomendasi dari Polda Jabar.

BOLA | 29 September 2022

Ini Jadwal Indonesia di Kualifikasi Piala Asia U-17 2023

Indonesia akan menjalani Kualifikasi Piala Asia U-17 2023 yang digelar 1-9 Oktober di Stadion Pakansari, Cibinong, Kabupaten Bogor.

BOLA | 29 September 2022

Erling Haaland Ajak Jude Bellingham Gabung Manchester City

Striker Manchester City Erling Haaland dilaporkan telah mengajak mantan rekan setimnya di Borussia Dortmund Jude Bellingham untuk bergabung.

BOLA | 29 September 2022

Fan Dijatuhkan Penjaga Saat Ingin Selfie dengan Lionel Messi

Seorang fan dijatuhkan oleh penjaga sesaat setelah menerobos masuk ke lapangan dan berusaha berfoto bersama (selfie) dengan Lionel Messi.

BOLA | 29 September 2022

Denmark Kenakan Kostum untuk Protes Qatar di Piala Dunia

Timnas Denmark akan mengenakan kostum yang mengandung pesan protes terhadap penyelenggaraan Piala Dunia 2022 oleh Qatar.

BOLA | 29 September 2022


TAG POPULER

# Kevin Sanjaya


# Es Teh Indonesia


# Anies Baswedan


# Pertalite Boros


# Ketiak Basah


 

NEWSLETTER

Dapatkan informasi terbaru dari kami
Email yang Anda masukkan tidak valid.

TERKINI
Mitigasi Risiko Kendaraan, Fox Logger Gaet Sompo Insurance

Mitigasi Risiko Kendaraan, Fox Logger Gaet Sompo Insurance

EKONOMI | 17 menit yang lalu










CONTACT US Berita Satu Plaza, Lantai 11 Kav. 35-36,
Jl. Jend. Gatot Subroto, Jakarta Selatan, Jakarta 12950
Telp: +62 21 2995 7500
Fax: +62 21 5277975
BeritaSatu Media Holdings