Logo BeritaSatu

LIB Kaji Liga 1 dan Liga 2 Dihadiri Penonton Saat Pandemi

Senin, 12 April 2021 | 23:11 WIB
Oleh : JAS

Jakarta, Beritasatu.com - Direktur Utama PT Liga Indonesia Baru (LIB) Akhmad Hadian Lukita mengatakan, LIB mengkaji soal potensi kehadiran penonton pada Liga 1 dan Liga 2 saat pandemi seperti diutarakan Menteri Koordinator bidang Pembangunan Manusia dan Kebudayaan (Menko PMK) Muhadjir Effendy.

“Kami sedang menghitung-hitung kemungkinan itu. Kami pun terus berkomunikasi dengan Kementerian Kesehatan, yang perwakilannya selalu hadir di setiap laga Piala Menpora, dan mereka juga ikut mengkajinya,” ujar Akhmad Hadian ketika dihubungi Antara dari Jakarta, Senin (12/4/2021).

Menko PMK Muhadjir Effendy, setelah meninjau pelaksanaan Piala Menpora 2021 di Stadion Kanjuruhan, Kabupaten Malang, pada Sabtu (10/4/2021), meminta kepada PSSI untuk mempelajari dan membuat proposal agar Liga 1 dan 2 musim 2021 dapat dihadiri penonton sejumlah 20-30% dari kapasitas maksimal stadion.

Menurut Akhmad Hadian, kebijakan untuk mempersilakan penonton dengan jumlah tertentu hadir di stadion saat pandemi Covid-19 bisa saja dikeluarkan. Namun, hal tersebut memerlukan pertimbangan yang serius terutama dari segi protokol kesehatan pencegahan Covid-19.

Prosedur medis, lanjut Akhmad Hadian, harus lebih ketat daripada saat kompetisi tanpa penonton. Penyesuaian dari segi infrastruktur juga harus diperhatikan seperti tentang digitalisasi pemesanan tiket dan pemutakhiran terobosan basis data.

Soal lain yang menjadi perhatian adalah pengendalian pandemi misalnya dengan vaksinasi Covid-19.

“Jadi kami mesti membuat berbagai skenario dan memprediksi dampaknya, tanpa atau dengan penonton. Tentu akan ada protokol kesehatan khusus jika ada penonton. Namun, sementara, rencana utama untuk liga tetap tanpa penonton karena belum semua masyarakat divaksinasi,” tutur Akhmad Hadian.

Penyelenggaraan Liga 1 dan 2 Indonesia musim 2021 masih belum dapat dipastikan lantaran belum keluarnya izin keramaian dari Polri. LIB dan PSSI masih akan mengajukan proposal permohonan izin tersebut kepada pihak kepolisian pada pertengahan April 2021.

Terkait itu, Akhmad Hadian memastikan bahwa terbitnya izin liga sangat bergantung pada lancarnya pelaksanaan turnamen pramusim Piala Menpora 2021 yang berlangsung pada 21 Maret-25 April 2021, terutama dari sisi pencegahan dan penanggulangan Covid-19.



Saksikan live streaming program-program BeritaSatu TV di sini

Sumber: ANTARA

BAGIKAN

BERITA LAINNYA

Aremania dan Bonek Madiun Gelar Doa Bersama untuk Korban Tragedi Kanjuruhan

Doa bersama  untuk korban tragedi Kanjuruhan digelar di Stadion Wilis Kota Madiun, Jawa Timur, Selasa (4/10/2022) malam.

BOLA | 5 Oktober 2022

PSSI Sebut Jumlah Penonton Arema FC vs Persebaya di Kanjuruhan Tidak Jelas

Ketidakjelasan itulah yang membuat PSSI tidak bisa memastikan apakah kapasitas Stadion Kanjuruhan saat Arema FC versus Persebaya melebihi batas atau tidak.

BOLA | 4 Oktober 2022

Tragedi Kanjuruhan, Seluruh Kompetisi Eropa Adakan Mengheningkan Cipta

Mengheningkan cipta mengenang korban tragedi Kanjuruhan akan dilakukan sebelum kick off Liga Champions, Liga Europa, Liga Conference dan Piala Dunia Wanita.

BOLA | 4 Oktober 2022

Tragedi Kanjuruhan, Petrokimia Gresik dan PGFC 2022 Hentikan Pertandingan

Sebagai bentuk belasungkawa atas tragedi Kanjuruhan, Petrokimia Gresik dan 4 besar peserta PGFC 2022 sepakat untuk tidak melanjutkan pertandingan.

BOLA | 4 Oktober 2022

Tangis Gonzalo Higuain Pecah Setelah Umumkan Pensiun

Gonzalo Higuain akan menyudahi perjalanan panjangnya di lapangan hijau bersama klubnya saat ini, Inter Miami pada akhir musim.

BOLA | 4 Oktober 2022

Tragedi Kanjuruhan, Ketua Panpel Arema FC Dilarang Seumur Hidup Terlibat Sepak Bola

PSSI menilai panitia pelaksana pertandingan melakukan sejumlah kesalahan dan kelalaian dalam laga Arema FC vs Persebaya yang menyebabkan tragedi Kanjuruhan.

BOLA | 4 Oktober 2022

Imbas Tragedi Kanjuruhan, PSSI Sanksi Denda Arema FC Rp 250 Juta

Ketua Komdis PSSI, Erwin Tobing mengatakan keputusan sanksi denda kepada Arema FC diambil setelah melakukan investigasi pasca-tragedi Kanjuruhan tersebut.

BOLA | 4 Oktober 2022

PSSI Gelar Jumpa Pers Terkait Tragedi Kanjuruhan

Tragedi Kanjuruhan yang terjadi pada Sabtu, 1 Oktober 2022 lalu menewaskan 125 orang.

BOLA | 4 Oktober 2022

Tragedi Kanjuruhan Tidak Buat Peserta Kualifikasi Piala Asia U-17 Takut

Tragedi Kanjuruhan yang menewaskan setidaknya 125 orang, tidak membuat tim-tim peserta Grup B Kualifikasi Piala Asia U-17 2023 takut berada di Indonesia.

BOLA | 4 Oktober 2022

Presiden Akan Serahkan Langsung Santunan untuk Korban Tragedi Kanjuruhan

Presiden Jokowi akan menyampaikan langsung santunan untuk keluarga korban jiwa dalam tragedi Kanjuruhan pekan ini.

BOLA | 4 Oktober 2022


TAG POPULER

# Mamat Alkatiri


# Lesti Kejora


# Timnas U-17


# Formula E


# Tragedi Kanjuruhan


 

NEWSLETTER

Dapatkan informasi terbaru dari kami
Email yang Anda masukkan tidak valid.

TERKINI
Soal Pansus Kanjuruhan, Puan: Hargai Dulu Tim Independen

Soal Pansus Kanjuruhan, Puan: Hargai Dulu Tim Independen

NEWS | 8 menit yang lalu










CONTACT US Berita Satu Plaza, Lantai 11 Kav. 35-36,
Jl. Jend. Gatot Subroto, Jakarta Selatan, Jakarta 12950
Telp: +62 21 2995 7500
Fax: +62 21 5277975
BeritaSatu Media Holdings