Logo BeritaSatu

Menpora Minta Polri Usut Tuntas Kasus Suporter Abaikan Protokol Kesehatan

Senin, 26 April 2021 | 16:39 WIB
Oleh : Hendro D Situmorang / JAS

Jakarta, Beritasatu.com - Menteri Pemuda dan Olahraga (Menpora), Zainudin Amali meminta Kepolisian Republik Indonesia (Polri) mengusut tuntas kasus suporter dua tim, Persija Jakarta dan Persib Bandung, yang melakukan aksi tak terpuji yang mengabaikan protokol kesehatan di tengah pandemi Covid-19. Padahal protokol kesehatan ini sudah dijaga penyelenggara secara ketat dan disiplin.

Pada Minggu (25/4/2021) malam, usai final leg kedua Piala Menpora 2021 antara Persija dan Persib, The Jakmania melakukan konvoi di jalan-jalan Ibu Kota untuk merayakan gelar juara Persija Jakarta, sementara suporter Persib, Bobotoh, melakukan aksi perusakan untuk melampiaskan rasa kecewa.

"Saya berharap pihak kepolisian bisa segera mengusut tuntas insiden yang secara tak langsung mencoreng upaya stakeholders terkait untuk bisa menggulirkan kompetisi olahraga di tengah pandemi," kata Amali saat konferensi pers virtual pada Senin (26/4/2021).

Menurutnya hal ini dikarenakan masuk ranahnya kepolisian. Dengan begitu Menpora pun minta tolong kepada kepolisian untuk melihat ini siapa yang mulai. Tentu ini menjadi pelajaran berharga bagi semua pihak, apalagi kalau ada yang melanggar hukum.

Meski ia menyesali kejadian tersebut, Amali mengklaim insiden itu sejatinya tak berkaitan langsung dengan Piala Menpora 2021 karena terjadi setelah penutupan dan terjadi di kota lain.

Final Piala Menpora 2021 berlangsung di Stadion Manahan, Solo. Sementara dua insiden yang menimbulkan kerumunan itu terjadi di Jakarta dan Bandung.

"Tentu kita harus pisahkan perjalanan panjang dari turnamen pramusim ini sampai dengan penutupan sudah berlangsung sukses. Artinya kami bisa jaga area itu. Insiden ini terjadi setelah penutupan, dan terjadinya di luar tempat pelaksanaan final itu, di Jakarta dan Bandung," ungkap Amali.

"Sekali lagi kami sambut baik langkah kepolisian yang akan lakukan penelusuran tentang oknum-oknum yang mengajak berkerumun dan sebagainya ini. Tindakan yang harus dilakukan tentu ada aturan hukum, kami serahkan ke pihak kepolisian. Mereka yang punya wewenang untuk itu," tutup dia.



Saksikan live streaming program-program BeritaSatu TV di sini

Sumber: BeritaSatu.com

BAGIKAN

BERITA LAINNYA

Ladeni Shakhtar, Real Madrid Usung Ambisi Selalu Menang

Real Madrid bertekad menjaga rekor selalu menang saat menjamu Shakhtar Donetsk dalam penyisihan Grup F Liga Champions.

BOLA | 5 Oktober 2022

Rapat Perdana TGIPF Cari Akar Masalah Tragedi Kanjuruhan

Tim Gabungan Independen Pencari Fakta (TGIPF) tragedi Kanjuruhan, telah melakukan rapat perdana, Selasa (4/10/2022) malam di kantor Kemenko Polhukam.

BOLA | 5 Oktober 2022

Ini Hasil dan Klasemen Liga Champions, Selasa (4/10)

Liverpool menundukkan tamunya Rangers 2-0, sementara Napoli mempermalukan tuan rumah Ajax Amsterdam 6-1, dalam partai lanjutan Liga Champions.

BOLA | 5 Oktober 2022

Liga Champions: Liverpool Buat Rangers Selalu Kalah

Liverpool menundukkan Rangers, 2-0, dalam partai penyisihan Grup A Liga Champions di Stadion Anfield, Selasa (4/10/2022) atau Rabu dini hari WIB.

BOLA | 5 Oktober 2022

Liga Champions: Kejutan, Napoli Permalukan Ajax 6-1

Napoli membuat kejutan dengan mempermalukan tuan rumah Ajax Amsterdam dengan skor telak 6-1 dalam penyisihan Grup A Liga Champions.

BOLA | 5 Oktober 2022

Liga Champions: Griezmann Gagal Penalti, Atletico Tumbang di Brugge

Striker Antoine Griezmann gagal mencetak gol dari titik penalti mewarnai kekalahan 0-2 yang diderita Atletico Madrid di kandang Club Brugge di Liga Champions.

BOLA | 5 Oktober 2022

Bantai Plzen, Bayern Catat Kemenangan 100% di Liga Champions

Bayern Muenchen mencatatkan kemenangan 100% di Grup C setelah membantai Viktoria Plzen dengan skor telak 5-0 dalam lanjutan Liga Champions.

BOLA | 5 Oktober 2022

Aremania dan Bonek Madiun Gelar Doa Bersama untuk Korban Tragedi Kanjuruhan

Doa bersama  untuk korban tragedi Kanjuruhan digelar di Stadion Wilis Kota Madiun, Jawa Timur, Selasa (4/10/2022) malam.

BOLA | 5 Oktober 2022

PSSI Sebut Jumlah Penonton Arema FC vs Persebaya di Kanjuruhan Tidak Jelas

Ketidakjelasan itulah yang membuat PSSI tidak bisa memastikan apakah kapasitas Stadion Kanjuruhan saat Arema FC versus Persebaya melebihi batas atau tidak.

BOLA | 4 Oktober 2022

Tragedi Kanjuruhan, Seluruh Kompetisi Eropa Adakan Mengheningkan Cipta

Mengheningkan cipta mengenang korban tragedi Kanjuruhan akan dilakukan sebelum kick off Liga Champions, Liga Europa, Liga Conference dan Piala Dunia Wanita.

BOLA | 4 Oktober 2022


TAG POPULER

# Mamat Alkatiri


# Lesti Kejora


# Timnas U-17


# Formula E


# Tragedi Kanjuruhan


 

NEWSLETTER

Dapatkan informasi terbaru dari kami
Email yang Anda masukkan tidak valid.

TERKINI
Manfaatkan Internet, UMKM Desa Sukarara Tembus Pasar Ekspor

Manfaatkan Internet, UMKM Desa Sukarara Tembus Pasar Ekspor

EKONOMI | 3 menit yang lalu










CONTACT US Berita Satu Plaza, Lantai 11 Kav. 35-36,
Jl. Jend. Gatot Subroto, Jakarta Selatan, Jakarta 12950
Telp: +62 21 2995 7500
Fax: +62 21 5277975
BeritaSatu Media Holdings