Menpora Sosialisasikan Inpres Sepakbola
Logo BeritaSatu

Menpora Sosialisasikan Inpres Sepakbola

Senin, 7 Juni 2021 | 08:57 WIB
Oleh : Hendro D Situmorang / JAS

Surabaya, Beritasatu.com - Menteri Pemuda dan Olahraga (Menpora) Zainudin Amali memulai sosialisasi perdana Instruksi Presiden (Inpres) Nomor 3 Tahun 2019 tentang Percepatan Pembangunan Persepakbolaan Nasional dari Jawa Timur.

Inpres ini menunjukkan keseriusan Presiden Joko Widodo (Jokowi) dalam memperhatikan olahraga sepakbola di Tanah Air. Bahkan, pada saat dirinya dilantik jadi Menpora, presiden secara khusus meminta agar sepakbola benar-benar diperhatikan.

Dalam konferensi pers virtual yang diikuti di Jakarta, Jumat (4/6/2021) malam, Zainudin menyebut bahwa alasan penunjukan Jawa Timur adalah banyaknya klub sepakbola dari wilayah tersebut.

"Di Liga 1 saat ini, Jawa Timur menyumbangkan klub paling banyak, ada lima. DKI Jakarta dan Jawa Barat saja hanya diwakili masing-masing satu klub," ujar Menpora Amali di hadapan pimpinan daerah di Jawa Timur termasuk Gubernur Khofifah Indar Parawansa akhir pekan kemarin.

Selain itu, Menpora melanjutkan, sosok asal Jawa Timur juga mendominasi anggota Komite Eksekutif PSSI terkini. Sosialisasi inpres itu di Jawa Timur akan berlangsung selama dua hari.

Pada hari pertama, Menpora ikut mengundang bupati dan wali kota di beberapa wilayah di Jawa Timur. Di samping itu, ada pula asosiasi PSSI tingkat kota, kabupaten, dan provinsi.

"Kami sengaja mengundang bupati dan wali kota agar mengetahui tugasnya. Saya juga berharap asosiasi PSSI di sini agar berkomunikasi dengan gubernur supaya dibantu," ujar Zainudin.

Inpres Nomor 3 Tahun 2019 tentang Percepatan Pembangunan Persepakbolaan Nasional disahkan oleh Presiden Joko Widodo pada Januari 2019.

Sejak ditetapkan, inpres yang berisi tentang kerja sama antarpemerintah dan lembaga tersebut belum berjalan secara optimal.

Di sisi lain, berdasarkan hasil survei dari lembaga inetrnasional yang terpercaya dan kredibel ada sebanyak 77% rakyat Indonesia yang menyukai sepakbola. Itulah yang menjadi alasan Menpora Amali memberanikan diri memulai kompetisi sepakbola meski di tengah pandemi. Dan itu diawali dengan kesuksesan turnamen Piala Menpora 2021.

“Itulah sebabnya kenapa saya memberanikan diri pada saat kompetisi terhenti, turnamen tidak ada, saya dan teman-teman PSSI berusaha sekuat tenaga supaya ada kegiatan sepakbola,” tukasnya.

Menpora Amali juga menyampaikan bahwa saat ini pihaknya tengah menyusun grand design olahraga nasional sebagai tindak lanjut arahan Presiden Jokowi yang meminta agar pola pembinaan atlet dan ekosistem olahraga nasional di-review total.



Saksikan live streaming program-program BeritaSatu TV di sini

Sumber: BeritaSatu.com


BAGIKAN


REKOMENDASI



BERITA LAINNYA

Braithwaite dan Cornelius Bawa Denmark Taklukkan Bosnia

Gol yang dicetak Martin Braithwaite dan Andreas Cornelius membawa Denmark menundukkan Bosnia dalam laga pemanasan menjelang Piala Eropa 2020.

BOLA | 7 Juni 2021

Eksekusi Penalti, Henderson Buat Southgate Kesal

Pelatih Timnas Inggris Gareth Southgate mengaku kesal setelah insiden kegagalan Jordan Henderson mencetak gol dari titik penalti saat melawan Rumania.

BOLA | 7 Juni 2021

Kostum Timnas Ukraina Picu Kemarahan Rusia

Kostum baru Timnas Ukraina memicu kemarahan di Rusia lantaran seragam itu menampilkan siluet peta Ukraina yang memasukkan Crimea.

BOLA | 7 Juni 2021

Kapten Timnas Spanyol Sergio Busquets Positif Covid-19

Kapten Timnas Spanyol, Sergio Busquets dinyatakan positif terpapar Covid-19 delapan hari sebelum pertandingan pembukaan mereka di Piala Eropa 2020.

BOLA | 7 Juni 2021

Lukaku Cetak Gol, Belgia Atasi Kroasia

Gol itu dicetak Lukaku pada menit ke-38 memanfaatkan kemelut di depan gawang Kroasia.

BOLA | 7 Juni 2021

Ini Alasan Xavi Dua Kali Tolak Kesempatan Latih Barcelona

Xavi menolak dua tawaran yang diajukan Barcelona, dan ia memilih untuk bertahan di klub Qatar Al Sadd, yang dilatihnya sejak 2019.

BOLA | 7 Juni 2021

Jadi Kapten dan Cetak Gol, Rashford Wujudkan Impian

Gol semata wayang Rashford dari titik penatli memastikan kemenangan Inggris 1-0 atas Rumania.

BOLA | 7 Juni 2021

Laga Uji Coba: Belanda Gebuk Georgia, Inggris Susah Payah Kalahkan Rumania

Belanda berhasil membungkam Georgia 3-0 sedangkan Inggris susah payah mengalahkan Georgia 1-0 lewat gol Marcus Rashford.

BOLA | 7 Juni 2021

Akuisisi Persikota, Gading Marten Dapat Ucapan Selamat dari Mantan Pemain AC Milan

Lewat akun instagram, Pato mengatakan dirinya turut senang dengan langkah Gading mengakuisisi Persikota Tangerang.

BOLA | 7 Juni 2021

Barcelona Tertarik Datangkan Aymeric Laporte

Barcelona tertarik mendatangkan bek tengah Manchester City yang juga pemain Timnas Spanyol, Aymeric Laporte.

BOLA | 6 Juni 2021


BeritaSatu Logo
TERKONEKSI BERSAMA KAMI
Android Icon iOS Icon
Copyright © 2021 BeritaSatu
Allright Reserved
CONTACT US
Berita Satu Plaza, Lantai 11 Kav. 35-36,
Jl. Jend. Gatot Subroto, Jakarta Selatan, Jakarta 12950
Telp: +62 21 2995 7500
Fax: +62 21 5277975
BeritaSatu Media Holdings
CLOSE ADS