Logo BeritaSatu
Liga Champions

Hadapi Zenit di Turin, Juventus Kejar 16 Besar

Selasa, 2 November 2021 | 09:28 WIB
Oleh : Surya Lesmana / LES

Turin, Beritasatu.com – Pemuncak klasemen Grup H dengan poin maksimal sejauh ini, Juventus berusaha untuk memastikan kemenangan keduanya atas Zenit St Petersburg di Liga Champions, Selasa (2/11/2021) malam waktu setempat atau Rabu (3/11/2021) dini hari WIB.

Meski memiliki hasil yang baik di Liga Champions dan telah mendekati babak 16 besar, Bianconeri memiliki masalah di liga domestiknya. Sebaliknya, Zenit tampil kuat duduk di puncak Liga Premier Rusia tetapi tertinggal di klasemen Grup H menyusul kekalahan dari Juventus di Rusia.

Juventus masih berada di papan tengah klasemen Liga Italia Serie A, setelah kekalahan 1-2 dari Hellas Verona.

Namun mereka mampu tampil mengesankan di Liga Champions hingga saat ini, dengan memenangi tiga pertandingan di Grup H dan belum kebobolan satu gol pun.

Saat laga tandang di Rusia, serangan Dejan Kulusevski mematahkan perlawanan Zenit terakhir kali kedua tim bertemu. Ia menyambar umpan silang Mattia De Sciglio dengan empat menit tersisa.

Serangan penyerang Swedia itu membuat Juve unggul tiga poin dari juara bertahan Chelsea di klasemen Grup H, dengan Zenit terjebak pada tiga poin dan Malmo gagal mencetak gol atau satu poin.

Meski di Serie A Juve tampil tak meyakinkan dalam setahun terakhir ini, klub asal Kota Turin itu dapat membanggakan rekor 13 kemenangan dari 14 pertandingan babak grup Liga Champions mereka.

Juventus tidak pernah kalah dalam bentrokan kontinental lawan klub dari Rusia sepanjang sejarah mereka, dengan menang delapan kali dan seri sekali, dan hanya kalah lima kali dari 47 pertandingan Eropa mereka di Allianz Stadium.

Namun, empat dari kekalahan itu terjadi dalam 15 pertandingan kandang terakhir mereka, yang mencerminkan penurunan standar di klub ini.

Kembalinya Max Allegri ke Turin juga tidak berjalan mulus, karena kekalahan pada hari Sabtu dari Sassuolo. Kini Juve akan turun ke lapangan dengan harapan untuk menghindari aib dari tiga kekalahan beruntun.

Setelah kekalahan dari Juve, Zenit memenangi dua pertandingan di Liga Rusia. Mereka mengalahkan Dinamo Moscow 4-1 pada hari Jumat, saat Claudinho mencetak gol untuk pertandingan kedua berturut-turut, setelah sebelumnya menang 7-1 di kandang Spartak.

Skor luar biasa itu mewakili margin kemenangan terbesar mereka atas tim Moskow dalam sejarah Liga Rusia yang membuat Zenitchiki berada di puncak klasemen dengan selisih lima poin. Target mereka mengincar gelar domestik keempat berturut-turut.

Kemenangan berturut-turut telah meringankan suasana di kubu Sergei Semak, karena mereka sebelumnya telah kalah tiga pertandingan berturut-turut di semua kompetisi. Kini pertanyaannya, bisakah pasukan Zenit membawa performa di liga domestik ke panggung Liga Champions?

Menyusul kekalahan dari Juve terakhir kali, Zenit kini telah kalah delapan kali dari 10 pertandingan terakhir mereka di kompetisi elite klub Eropa. Dalam dua musim terakhir di Liga Champions, mereka hanya menang satu kali dan finis keempat di grup.

Sementara ketidakmampuan Malmo dapat menyelamatkan Zenit dari hasil buruk untuk ketiga kalinya di Liga Champions. Harapan mencapai babak 16 besar masih ada, namun bergantung pada pertandingan malam ini. Mampukah Zenit mengatasi Juventus yang sedang dalam tekanan untuk meraih kemenangan.

Baca Juga: Dibekuk Verona, Juventus Alami Dua Kekalahan Beruntun

Kondisi Tim
Max Allegri mungkin akan melakukan perubahan pada tim intinya, mengingat minggu yang mengerikan di Serie A, dan berharap Federico Chiesa kembali dari cedera otot yang membuatnya absen pada akhir pekan.

Kehadiran Aaron Ramsey (masalah otot) dan Moise Kean (paha) masih diragukan. Kemudian Mattia De Sciglio dipastikan absen, dengan masalah paha yang akan membuatnya absen hingga jeda internasional.

Allegri harus memilih dua dari tiga pesaing kuat di posisi bek tengah, salah satunya adalah Giorgio Chiellini, yang tampil saat Juve menjamu Zenit di Liga Champions, pada 2008, ketika Alessandro Del Piero mencetak gol untuk Bianconeri.

Kandidat lainnya adalah Leonardo Bonucci, yang tampil ke-100 dalam kompetisi klub UEFA selama pertandingan di St Petersburg. Kedua pemain Italia itu masuk dalam daftar 30 pemain untuk Ballon d'Or tahun ini. Matthijs de Ligt memiliki tugas yang tidak menyenangkan untuk menggusur salah satu pasangan pemain veteran tersebut.

Sementara itu, harapan Zenit agak terhambat karena hilangnya bek kiri Douglas Santos, yang digantikan sejak awal melawan Spartak karena cedera otot. Ia kemudian melewatkan kemenangan melawan Dinamo. Sementara itu, Magomed Ozdoev belum kembali dari cedera ligamen lutut yang dideritanya di musim panas.

Di lini depan, Zenit memiliki Artem Dzyuba yang menjadi pencetak gol terbanyak sepanjang masa Liga Rusia dengan 144 gol.

Dzyuba gagal mencetak gol dalam tujuh pertandingan liga pertamanya musim ini. Namun, ia membalasanya mencetak gol dalam enam pertandingan berturut-turut. Ia berpeluang masuk tim inti di Turin. Sedangkan Sardar Azmoun adalah pemain favorit Sergei Semak untuk memimpin barisan dalam formasi 4-3-2-1.

Prediksi Pertandingan
Meski posisi di Serie A goyah, Juventus telah terbiasa meraih kemenangan tipis di Liga Champions musim ini, dan mereka dapat terus melakukannya di Stadion Allianz.

Meski Zenit telah mencetak banyak gol di dua pertandingan terakhirnya, mereka akan menemukan lebih sedikit ruang daripada yang diberikan lawan domestik mereka. Bianconeri berpeluang besar mempertahankan hasil sempurna di Liga Champions.

Skor di akhir pertandingan bisa 1-0.

Perkiraan pemain Juventus: Szczesny (GK), Danilo, Bonucci, De Ligt, Sandro, Cuadrado, Bentancur, Locatelli, Chiesa, Morata, Dybala.

Perkiraan pemain Zenit St Petersburg: Kritsyuk (GK), Lovren, Chistyakov, Rakitskyi, Sutormin, Kuzyaev, Wendel, Karavaev, Malcom, Azmoun, Claudinho



Saksikan live streaming program-program BeritaSatu TV di sini

Sumber: BeritaSatu.com

BAGIKAN

BERITA LAINNYA

Arema FC Waspadai Permainan Cepat Persebaya

Pelatih Arema FC, Javier Roca Persebaya di bawah asuhan pelatih Aji Santoso, memiliki ciri khas menampilkan permainan cepat dengan umpan-umpan pendek.

BOLA | 30 September 2022

Dimas Drajad Bantu Kemenangan Persikabo atas Bali United

Gol yang dicetak Dimas Drajad di menit 60 memastikan kemenangan Persikabo 1973 atas Bali United.

BOLA | 30 September 2022

Bakal Tampil di Depan Ribuan Pendukung Arema FC, Skuad Persebaya Tak Gentar

Pelatih Persebaya Aji Santoso meminta anak asuhnya untuk bisa menikmati permainan di hadapan ribuan pendukung Arema FC.

BOLA | 30 September 2022

Persib vs Persija: Luis Milla Optimistis Raih Tiga Poin

Pelatih Persib Luis Milla melihat anak asunya memperlihatkan sikap dan fokus selama persiapan yang dilakukan.

BOLA | 30 September 2022

Ibunda Beberkan Rencana Pensiun Ronaldo, Begini Katanya

Dikatakan Dolores, Cristiano Ronaldo masih memiliki keinginan kuat untuk terus bermain sampai berusia 40 tahun.

BOLA | 30 September 2022

Bima Sakti Harapkan Dukungan Suporter untuk Timnas U-17

Pelatih timnas U-17 Indonesia Bima Sakti mengatakan bahwa squadnya membutuhkan dukungan dari para suporter di stadion.

BOLA | 30 September 2022

Bima Sakti Sebut Timnas U-17 Diuntungkan Jadwal Pertandingan

Timnas U-17 akan menjalani laga perdana di Grup B Kualifikasi Piala Asia U-17 2023 kontra Guam pada Senin (3/10/2022) di Stadion Pakansari, Bogor.

BOLA | 30 September 2022

Erik ten Hag Pelatih Terbaik Liga Inggris Bulan September

Erik ten Hag adalah pelatih Belanda pertama yang mengklaim penghargaan tersebut sejak Ronald Koeman ketika melatih Southampton pada Januari 2016.

BOLA | 30 September 2022

Kualifikasi Piala Asia U-17: Timnas U-17 Pantang Remehkan Lawan

Pelatih Timnas U-17 Bima Sakti meminta timnya agar fokus mendapatkan tiga poin sejak laga pertama menghadapi Guam pada Senin (3/10/2022).

BOLA | 30 September 2022

Jelang Lawan Persib, Skuad Persija Maksimalkan Persiapan

Persija akan bertandang ke markas Persib di Stadion Gelora Bandung Lautan Api (GBLA), Bandung, Minggu (2/9/2022) pukul 16.00 WIB.

BOLA | 30 September 2022


TAG POPULER

# Kevin Sanjaya


# Es Teh Indonesia


# Anies Baswedan


# Pertalite Boros


# Ketiak Basah


 

NEWSLETTER

Dapatkan informasi terbaru dari kami
Email yang Anda masukkan tidak valid.

TERKINI
Alvin Bahar dan Avila Dapat Suntikan Motivasi di Putaran 5 ISSOM

Alvin Bahar dan Avila Dapat Suntikan Motivasi di Putaran 5 ISSOM

SPORT | 8 menit yang lalu










CONTACT US Berita Satu Plaza, Lantai 11 Kav. 35-36,
Jl. Jend. Gatot Subroto, Jakarta Selatan, Jakarta 12950
Telp: +62 21 2995 7500
Fax: +62 21 5277975
BeritaSatu Media Holdings