Logo BeritaSatu

Tagar Harunaout Trending di Twitter, Ini Penyebabnya

Senin, 17 Januari 2022 | 13:39 WIB
Oleh : Jaja Suteja / JAS

Jakarta, Beritasatu.com - Anggota Komite Eksekutif PSSI, Haruna Soemitro, mengkritik pelatih timnas, Shin Tae-yong. Namun kritiknya itu mendapat respons warganet yang memintanya mundur. Ungkapan kekecewaan warganet itu dijadikan tagar #Harunaout yang kemudian trending di Twitter.

Kritik tersebut diungkapkan Haruna saat ia menjadi narasumber dalam sebuah wawancara dengan media JPNN yang dimuat di kanal YouTube resmi mereka.

Warganet di Twitter pun ramai membicarakan hal ini, sehingga tagar #HarunaOut menduduki daftar trending pada Minggu (16/1/2022) malam hingga Senin (17/1/2022) pagi.

Beberapa kritik yang disampaikan Haruna antara lain kegagalan Shin Tae-yong membawa Indonesia menjadi juara. Menurutnya kalau cuma menjadi runner-up di Piala AFF lalu tak perlu menunjuk Shin Tae-yong sebagai pelatih.

"Shin Tae-yong punya target menjadi juara Piala AFF U-19 (maksudnya U-23) di Kamboja. Itu targetnya juara. Piala AFF 2022, yang kemarin kan Piala AFF 2020 yang dilaksanakan 2021, itu nanti targetnya juara," tutur Haruna.

"Ada komitmen baru dengan coach Shin Tae-yong bahwa ke depan kita harus betul-betul punya target yang sama, road map yang sama, dan keinginan pelatih harus sama dengan pelatih," paparnya.

:Saya tadi sampaikan dalam rapat evaluasi kalau hanya runner-up, tidak perlu Shin Tae-yong. Karena kita sudah beberapa kali jadi runner-up," imbuhnya.

Haruna mengungkapkan Shin Tae-yong tersinggung oleh kritik yang diungkapkannya dalam rapat evaluasi. "Shin Tae-yong tersinggung. Jadi seolah-olah kita ini merecoki dia. Saya bilang, bagaimana Anda bisa tersinggung dengan kritik. Saya ini adalah exco yang membawa aspirasi dari sekian banyak klub, sekian banyak stakeholder terhadap ekspektasi," ujar Haruna.

"Tidak bisa Anda jawab dengan tersinggung bahwa beban Anda berat. Kalau orang bekerja ya bebannya berat. Dia bilang, beban saya sudah berat tangani U-19, U-23, senior. Sekarang kok malah dikritik terus bagaimana? Tidak diberi dukungan," jelas Haruna lagi.

Haruna juga mengungkapkan masukan dari pelatih klub Liga 1 soal manfaat keberadaan Shin Tae-yong sebagai pelatih timnas Indonesia. "Saya ini banyak mendapat masukan dari pelatih Liga 1. Banyak menelpon saya, diskusi sama saya begini: coaching point apa yang kita dapat dari Shin Tae-yong selama melatih Tim Nasional?"

"Apakah dengan metode dan proses yang dilakukan Shin Tae-yong ini bisa diterapkan dan ditransformasi ke klub sehingga melahirkan liga yang kuat. Faktanya, katanya pelatih yang beri saran pada saya, belum ada," ujarnya lagi.

"Mayoritas klub Liga 1 melakukan proses dari kaki ke kaki. Proses build-up dari bawah. Tapi, proses latihan dan game plane Shin Tae-yong justru direct ball. Passing bergerak, direct ball. Wajar jika Shin Tae-yong menerima pemain yang tidak siap," tuturnya lagi.

Haruna sebenarnya tak cuma mengkritik Shin Tae-yong dalam wawancara ini. Dia juga mengungkapkan soal match fixing, judi dalam sepakbola, serta ketidaksetujuannya soal pemain naturalisasi.



Saksikan live streaming program-program BeritaSatu TV di sini

Sumber: BeritaSatu.com

BAGIKAN

BERITA LAINNYA

Real Madrid Hormati Keputusan Kylian Mbappe Bertahan di PSG

Real Madrid menghormati keputusan striker Kylian Mbappe untuk bertahan di PSG sekaligus menolak tawaran dari Los Blancos.

BOLA | 25 Mei 2022

Thomas Doll: Persija Butuh Pemain Asing untuk Tiga Posisi

Pelatih Persija Jakarta, Thomas Doll, mengatakan bahwa timnya membutuhkan tiga pemain asing yakni di posisi bek tengah, gelandang, dan penyerang.

BOLA | 25 Mei 2022

Pemerintah Inggris Setuju Pergantian Kepemilikan Chelsea

Pemerintah Inggris pada Rabu (25/5/2022) menyatakan persetujuan mereka atas proses pergantian kepemilikan Chelsea.

BOLA | 25 Mei 2022

Indonesia Jajaki Kerja Sama Sepak Bola dengan Portugal

Menpora Zainudin Amali melakukan pertemuan dengan Duta Besar RI untuk Republik Portugal, Rudy Alfonso membahas kerja sama pengembangan sepakbola Indonesia.

BOLA | 25 Mei 2022

Jurgen Klopp Pelatih Liga Inggris Terbaik Tahun Ini

Asosiasi Manajer memilih Jurgen Klopp sebagai pelatih terbaik Liga Inggris musim ini berkat suksesnya meraih gelar juara Piala Liga dan FA.

BOLA | 25 Mei 2022

Pekan Depan, Shayne Pattynama Jalani Proses Naturalisasi

Shayne Pattynama akan berkunjung ke Jakarta, Indonesia pada pekan depan untuk menjalani proses naturalisasi.

BOLA | 25 Mei 2022

Timnas Indonesia Satu Grup dengan Vietnam di Piala Asia U-20

Timnas Indonesia berada di Grup F bersama Vietnam, Hong Kong dan Timor Leste dalam Kualifikasi Piala Asia U-20 2023 pada 10-18 September 2022.

BOLA | 25 Mei 2022

Liga Premier Rusia Tingkatkan Batas Jumlah Pemain Asing

Rusia akan meningkatkan batas jumlah pemain asing yang bisa masuk dalam skuad klub di Liga Premier Rusia musim depan.

BOLA | 24 Mei 2022

Erik Ten Hag Tegaskan Cristiano Ronaldo Bertahan di MU

Pelatih baru MU Erik ten Hag menegaskan bahwa Cristiano Ronaldo akan bertahan di klub yang bermarkas di Old Trafford tersebut.

BOLA | 24 Mei 2022

Barito Putera Tatap Liga 1 dengan Pelatih Baru dan 33 Pemain

PS Barito Putera mulai bersiap melakoni Liga 1 tahun 2022 dengan pelatih anyar asal Serbia Dejan Antonic dan sebanyak 33 pemain dikontrak.

BOLA | 24 Mei 2022


TAG POPULER

# BRI Majalengka


# Perumahan Pantai Mutiara


# UU PPP


# UAS


# Harga CPO


 

NEWSLETTER

Dapatkan informasi terbaru dari kami
Email yang Anda masukkan tidak valid.

TERKINI
Kimia Farma Diagnostika Luncurkan Layanan Baru untuk Masyarakat

Kimia Farma Diagnostika Luncurkan Layanan Baru untuk Masyarakat

NEWS | 14 menit yang lalu










BeritaSatu Logo
TERKONEKSI BERSAMA KAMI
BeritaSatu Facebook
BeritaSatu Twitter
BeritaSatu Instagram
BeritaSatu YouTube
Android Icon iOS Icon
Copyright © 2022 BeritaSatu
Allright Reserved
CONTACT US Berita Satu Plaza, Lantai 11 Kav. 35-36,
Jl. Jend. Gatot Subroto, Jakarta Selatan, Jakarta 12950
Telp: +62 21 2995 7500
Fax: +62 21 5277975
BeritaSatu Media Holdings