Logo BeritaSatu

Liga Inggris: Taklukkan Crystal Palace, Liverpool Pangkas Jarak dengan Man City

Minggu, 23 Januari 2022 | 22:55 WIB
Oleh : Jaja Suteja / JAS

London, Beritasatu.com - Liverpool memangkas selisih poin dengan pemimpin klasemen Liga Inggris, Manchester City, setelah menundukkan tuan rumah Crystal Palace, 3-1, Minggu (23/1/2022), di Stadion Selhurst Park.

Gol-gol yang membawa Liverpool unggul dilesakkan Virgil van Dijk, Alex Oxlade-Chamberlain, dan penalti Fabinho. Sementara gol balasan tuan rumah dicetak Odsonne Edouard.

Dengan kemenangan ke-14 ini Liverpool pun memperkecil selisih dengan pemimpin klasemen Manchester City menjadi 11 poin. Sehari sebelumnya, Man City ditahan imbang Southampton, 1-1. Liverpool baru memainkan 22 pertandingan, sementara Man City sudah 23 kali.

Di kubu Liverpool, manajer Juergen Klopp tak bisa menurunkan Mohamed Salah dan Sadio Mane karena memperkuat negaranya di Piala Afrika. dengan formasi 4-3-3, pelatih asal Jerman itu menampilkan trio Alex Oxlade-Chamberlain, Roberto Firmino, dan Diogo Jota di barisan depan.

Sementara Crystal Palace juga bermain dengan formasi 4-3-3, dengan menurunkan Michael Olise, Odsonne Edouard, serta Jean-Philippe Mateta di barisan penyerang.

Liverpool sudah unggul pada menit awal tepatnya menit kedelapan. Gol yang membawa The Reds memimpin dilesakkan Virgil van Dijk dengan tandukan pada menit kedelapan.

Gol berawal dari sepak pojok yang dikirim Andrew Robertson. Bola yang ditendang Robertson langsung disambar dengan sundulan oleh Van Dijk dan tak mampu diantisipasi kiper Vicente Guaita. Skor pun berubah 1-0 untuk tim tamu.

Menit ke-14, Liverpool kembali memiliki peluang. Kali ini Alex Oxlade-Chamberlain menerima umpan terobosan dan berhadapan langsung dengan kiper. Namun peluang itu berhasil digagalkan Vicente Guaita yang mencegah bola dikuasai Oxlade-Chamberlain.

Liverpool bermain lebih santai setelah unggul meski mereka tetap terus melancarkan serangan ke barisan belakang Palace. Namun tuan rumah memiliki peluang menit ke-20. Lewat serangan balik, Michael Olise menerima umpan dari Joel Ward. Namun tendangan pemain nomor 7 itu berhasil ditahan dengan tahan oleh kiper Alisson. Selain itu Joel Ward sudah tertangkap offside.

Menit ke-24, giliran Liverpool memiliki peluang melalui Fabinho. Namun tembakan gelandang asal Brasil yang memanfaatkan umpan Diogo Jota ini melayang di atas mistar gawang.

Liverpool sukses menambah keunggulan pada menit ke-32 melalui aksi Alex Oxlade-Chamberlain. Gol berawal dari kiriman bola Andrew Robertson. Bola kemudian diterima Oxlade-Chamberlain. Pemain bernomor punggung 15 ini mengontrol bola sebentar kemudian melepaskan tendangan kaki kiri.

Kiper Guaita berusaha memblok. Namun Oxlade-Chamberlain mampu menaklukkan dan melesakkan bola ke gawang Palace. Skor pun berubah 2-0.

Palace mendapat peluang mempertipis ketinggalan menit ke-39. Momen ini berawal dari kesalahan Fabinho membuang bola. Bola malah mengarah kepada Michael Olise. Dia langsung membawa bola ke arah gawang dan melepaskan tendangan kaki kanan. Namun peluang ini berhasil digagalkan kiper Alisson.

Tuan rumah kembali mendapat peluang tak lama kemudian. Peluang kembali berawal dari kesalahan pemain Liverpool mengumpan. Bola kemudian didapatkan Olise yang kemudian mengumpankan kepada Jean-Philippe Mateta yang berhadapan dengan Alisson. Namun bola hasil tendangannya melebar dari tiang jauh. Skor 2-0 untuk Liverpool bertahan hingga babak pertama usai.

Pada awal babak kedua, Palace mendapat peluang melalui Olise. Setelah mendapat umpan di sisi kiri pertahanan Liverpool, Olise mengontrol bola dan melepaskan tendangan namun melenceng di kanan tiang jauh. Tak lama kemudian, Palace kembali mendapat peluang. Odsonne Edouard nyaris mencetak gol melalui tendangan dengan tumitnya namun kesigapan Alisson kembali menggagalkan peluang Palace.

Menit ke-52, Liverpool kembali membuat peluang kali ini melalui Jordan Henderson. Setelah menerima umpan Alex Oxlade-Chamberlain, dia kemudian menendang bola sambil membalikkan badan. Namun tendangannya gagal membuahkan gol.

Tiga menit kemudian justru Crystal Palace yang berhasil membuat gol. Gol yang membawa tuan rumah mepekecil selisih menjadi 1-2 dicetak Odsonne Édouard pada menit ke-55.

Gol berawal dari kiriman bola Jean-Philippe Mateta. Bola kemudian diterima Odsonne Édouard. Pemain bernomor punggung 22 ini mengontrol bola sebentar kemudian melepaskan tendangan kaki kanan dan menaklukkan kiper Alisson. Skor berubah 1-2.

Menit ke-60, Klopp menarik Alex Oxlade-Chamberlain dan menggantinya dengan Takumi Minamino.

Menit ke-71. Liverpool memiliki peluang lewat Fabinho. Namun tendangan lurus pemain Brasil dari luar kotak penalti berhasil ditangkap dengan baik oleh Guaita.

Menit ke-78, Robertson nyaris membut kesalahan saat menyundul bola ke arah kiper Alisson menyelamatkan daerahnya. Beruntung Alisson berhasil menahan bola sundulan Robertson dan mengamankan gawangnya dari serbuan pemain lawan.

Gawang Liverpool kembali nyaris bobol pada menit ke-82. Dalam sebuah serangan balik, Michael Olise melepaskan tendangan lambung ke arah gawang Liverpool. Beruntung kiper Alisson berhasil menyelamatkan gawangnya meski tubuhnya harus mengenai tiang gawang sebelah kanan.

Menit ke-84, Liverpool kembali mendapat peluang melalui Diogo Jota. Namun upayanya gagal karena dihalangi bek Joel Ward dan kemudian Jota terjatuh setelah menabrak kiper. Jota meminta hadiah penalti. Wasit Kevin Friend lalu meninjau VAR untuk membuat keputusan.

Wasit kemudian memutuskan penalti untuk Liverpool. Penalti dieksekusi Fabinho yang berhasil memperdaya Guaita. Skor pun berubah 3-1. Kedudukan ini bertahan hingga pertandingan berakhir. Liverpool pun memetik kemenangan ke-14 kali dan bertengger di posisi kedua klasemen Premier League dengan 48 poin.

Susunan pemain:

Crystal Palace (4-3-3): 13 Vicente Guaita; 2 Joel Ward, 16 Joachim Andersen, 6 Marc Guehi, 3 Tyrick Mitchell; 23 Conor Gallagher, 12 Will Hughes (9 Jordan Ayew 77), 15 Jeffrey Schlupp; 7 Michael Olise, 22 Odsonne Edouard (10 Eberechi Eze 68), 14 Jean-Philippe Mateta (20 Christian Benteke 77).

Liverpool (4-3-3): 1 Alisson; 66 Trent Alexander-Arnold (12 Joe Gomez 90+2), 32 Joel Matip, 4 Virgil van Dijk, 26 Andrew Robertson; 14 Jordan Henderson, 3 Fabinho, 17 Curtis Jones; 15 Alex Oxlade-Chamberlain (18 Takumi Minamino 60), 9 Roberto Firmino (7 James Milner 90), 20 Diogo Jota



Saksikan live streaming program-program BeritaSatu TV di sini

Sumber: Sportinglife

BAGIKAN

BERITA LAINNYA

Giorgio Chiellini: Ciao Juventus

Giorgio Chiellini pun mengucapkan selamat tinggal atau ciao setelah 18 tahun bersama Juventus.

BOLA | 17 Mei 2022

Laga Terakhir Chiellini dan Dybala di Turin Berakhir Imbang

Laga terakhir Chiellini dan Dybala untuk Juventus dalam lanjutan Liga Italia di Turin berakhir imbang

BOLA | 17 Mei 2022

Arsenal Tumbang, Granit Xhaka Kritik Keras Rekan Satu Tim

Arsenal tumbang di tangan Newcastle United, gelandang Arsenal Granit Xhaka pun mengkritik rekan-rekannya.

BOLA | 17 Mei 2022

Indonesia Lawan Thailand di Semifinal Sepak Bola SEA Games

Timnas U-23 Indonesia dipastikan bertemu dengan Thailand pada pertandingan semifinal SEA Games 2021.

BOLA | 16 Mei 2022

Tiket Final Sepak Bola SEA Games Telah Ludes Terjual

Tiket pertandingan final sepak bola SEA Games 2021 untuk nomor putra telah ludes terjual Minggu (15/5/2022).

BOLA | 16 Mei 2022

Serie A, Juventus Jalani Laga Kandang Terakhir Lawan Lazio

Juventus menjalani laga terakhirnya di kandang dengan melawan Lazio pada pada Selasa (17/5/2022) dini hari WIB nanti.

BOLA | 16 Mei 2022

Hal yang Harus Diketahui Jelang Final Liga Champions 2022

Liverpool akan menghadapi Real Madrid dalam final Liga Champions, 28 Mei 2022 mendatang di Paris, Prancis.

BOLA | 16 Mei 2022

Newcastle vs Arsenal: "Meriam London" Pantang Terpeleset

Arsenal pantang terpeleset di dua laga terakhir musim ini termasuk melawan Newcastle jika ingin bisa finis di empat besar klasemen Liga Inggris.

BOLA | 16 Mei 2022

Simone Inzaghi Optimistis Inter Milan Pertahankan Scudetto

Pelatih Inter Milan Simone Inzaghi meyakini Inter Milan bisa mempertahankan gelar juara Liga Italia musim ini.

BOLA | 16 Mei 2022

Tiba di Jakarta, Ini Harapan Sandy Walsh soal Proses Naturalisasi

Kedatangan Sandy Walsh melengkapi rangkaian kedatangan para pemain yang rencananya akan menjalani proses naturalisasi setelah Jordi Amat tiba terlebih dahulu.

BOLA | 16 Mei 2022


TAG POPULER

# Anggota TNI Tewas


# Medina Zein


# Vaksinasi Covid-19


# Piala Thomas


# Timnas Indonesia


 

NEWSLETTER

Dapatkan informasi terbaru dari kami
Email yang Anda masukkan tidak valid.

TERKINI
Partai Golkar: Koalisi Indonesia Bersatu Dibangun Serius

Partai Golkar: Koalisi Indonesia Bersatu Dibangun Serius

NEWS | 7 menit yang lalu










BeritaSatu Logo
TERKONEKSI BERSAMA KAMI
BeritaSatu Facebook
BeritaSatu Twitter
BeritaSatu Instagram
BeritaSatu YouTube
Android Icon iOS Icon
Copyright © 2022 BeritaSatu
Allright Reserved
CONTACT US Berita Satu Plaza, Lantai 11 Kav. 35-36,
Jl. Jend. Gatot Subroto, Jakarta Selatan, Jakarta 12950
Telp: +62 21 2995 7500
Fax: +62 21 5277975
BeritaSatu Media Holdings