Logo BeritaSatu

Iran Jadi Tim Asia Pertama Lolos Piala Dunia 2022

Jumat, 28 Januari 2022 | 08:12 WIB
Oleh : CAH

Jakarta, Beritasatu.com - Tim nasional Iran menjadi wakil Asia pertama yang memastikan diri lolos ke putaran final Piala Dunia 2022 Qatar. Tiket ke Qatar diraih Iran setelah meraih kemenangan 1-0 atas Irak dalam lanjutan putaran ketiga kualifikasi zona Asia pada Jumat (28/1/2022) dini hari WIB.

Dengan kemenangan tersebut, Iran mengumpulkan 19 poin dari tujuh pertandingan yang sudah mereka jalani dan bercokol di puncak klasemen sementara Grup A.

Iran memastikan diri finis di dua teratas klasemen akhir Grup A karena unggul 10 poin atas Uni Emirat Arab yang berada di posisi ketiga dan fase kualifikasi putaran ketiga hanya menyisakan tiga rangkaian pertandingan lagi, demikian catatan situs resmi AFC.

Kemenangan Iran atas Irak ditentukan melalui gol semata wayang yang dicetak oleh Mehdi Taremi yang menyelesaikan umpan Alireza Jahanbakhsh pada menit ke-48. Iran sebenarnya punya cukup banyak kesempatan untuk menambah gol tetapi selalu kandas dalam penyelesaian akhir, termasuk ketika sepakan Jahanbakhsh bisa diamankan oleh kiper Fahad Talib.

Iran Jadi Tim Asia Pertama Lolos Piala Dunia 2022

Sebelum gol Taredi, Jahanbakhsh juga nyaris membuka keunggulan Iran lebih awal saat pertandingan baru berusia 11 menit. Sayangnya bola tembakannya masih membentur tiang gawang.

Sebaliknya, Irak beberapa kali berusaha membalas, tetapi serangan mereka kerap patah sebelum memasuki kotak penalti Iran.

Dengan kelolosan kali ini, Iran untuk pertama kalinya akan tampil di putaran final Piala Dunia dalam tiga edisi beruntun. Hanya saja Dragan Skocic tentu dibebani ekspektasi bisa membawa Iran menembus babak gugur, mengingat mereka selalu terhenti di fase penyisihan grup dalam empat penampilan terakhir.

Hasil Laga Lain
Dua pertandingan lain di Grup A memperlihatkan Korea Selatan menaklukkan Lebanon 1-0 dan UEA membekuk Suriah 2-0.

Korsel yang berada di posisi kedua dengan 17 poin kini hanya membutuhkan satu kemenangan lagi untuk memastikan lolos ke Qatar bersama Iran.

Di Grup B, persaingan masih berlangsung ketat antara Arab Saudi, Jepang dan Australia mengingat ketiganya sama-sama meraih kemenangan dalam pertandingan ketujuh.

Arab Saudi memimpin di puncak dengan 19 poin selepas menang tipis 1-0 atas Oman.

Jepang membayangi di posisi kedua dengan 15 poin seusai membungkam China 2-0 di Saitama dan Australia di urutan ketiga dengan 14 poin setelah melumat Vietnam 4-0 di Melbourne.



Saksikan live streaming program-program BeritaSatu TV di sini

Sumber: Antara, Reuters

BAGIKAN

BERITA LAINNYA

Marcos Alonso Selamatkan Chelsea dari Kekalahan

Gol Marcos Alonso berhasil memaksakan hasil imbang Chelsea 1-1 ketika menjamu Leicester dalam lanjutan Liga Inggris.

BOLA | 20 Mei 2022

Manchester United Persilakan Wan-Bissaka Cari Klub Baru

Manchester United dikabarkan telah mempersilakan bek Aaron Wan-Bissaka untuk mencari klub baru di bursa musim panas ini, Kamis (19/5/2022).

BOLA | 19 Mei 2022

Shin Tae-yong Akui Dampak Absennya Asnawi Saat Semifinal

Pelatih Tim Nasional Indonesia Shin Tae-yong mengakui dampak absennya Asnawi Mangkualam terhadap kekalahan anak asuhnya dari Thailand.

BOLA | 19 Mei 2022

Timnas Indonesia Tersingkir, Shin Tae-yong Minta Maaf

Pelatih Timnas Indonesia Shin Tae-yong meminta maaf kepada suporter Indonesia setelah pasukannya kalah dari Thailand pada semifinal SEA Games.

BOLA | 19 Mei 2022

Vietnam Tantang Thailand di Final Sepakbola SEA Games

Tuan rumah Vietnam akan menantang juara bertahan Thailand pada final cabang sepakbola SEA Games 2021, setelah di semifinal menundukkan Malaysia.

BOLA | 19 Mei 2022

Uji Coba Lawan PSIS Jadi Bekal Analisis Pelatih Arema FC

Uji coba Arema FC melawan PSIS Semarang, pada 22 Mei 2022 di Stadion Kanjuruhan, akan menjadi bekal analisis pelatih klub berjuluk Singo Edan itu.

BOLA | 19 Mei 2022

Hujan Kartu Merah Warnai Laga Timnas Indonesia vs Thailand

Hujan kartu merah mewarnai Timnas Indonesia melawan Thailand dalam semifinal cabang sepakbola SEA Games 2021 Vietnam di Stadion Thien Truong.

BOLA | 19 Mei 2022

Tumbang oleh Thailand, Timnas Indonesia Gagal ke Final

Timnas Indonesia gagal melaju ke final cabang sepakbola SEA Games 2021 setelah di semifinal menyerah 0-1 kepada Thailand lewat babak tambahan.

BOLA | 19 Mei 2022

Timnas Indonesia Mainkan Babak Tambahan Lawan Thailand

Timnas Indonesia harus memainkan babak tambahan setelah bermain imbang tanpa gol dalam 90 menit pertandingan melawan Thailand di SEA Games.

BOLA | 19 Mei 2022

Babak I, Timnas Indonesia Masih Imbang Lawan Thailand

Timnas Indonesia untuk sementara bermain imbang tanpa gol dengan Thailand dalam babak pertama semifinal cabang sepakbola SEA Games Vietnam.

BOLA | 19 Mei 2022


TAG POPULER

# Deddy Corbuzier


# UAS


# Timnas Indonesia


# Minyak Goreng


# Lin Che Wei


 

NEWSLETTER

Dapatkan informasi terbaru dari kami
Email yang Anda masukkan tidak valid.

TERKINI
Pembayaran Kompensasi ke Pertamina Perlu Ada Kepastian Waktu

Pembayaran Kompensasi ke Pertamina Perlu Ada Kepastian Waktu

EKONOMI | 12 menit yang lalu










BeritaSatu Logo
TERKONEKSI BERSAMA KAMI
BeritaSatu Facebook
BeritaSatu Twitter
BeritaSatu Instagram
BeritaSatu YouTube
Android Icon iOS Icon
Copyright © 2022 BeritaSatu
Allright Reserved
CONTACT US Berita Satu Plaza, Lantai 11 Kav. 35-36,
Jl. Jend. Gatot Subroto, Jakarta Selatan, Jakarta 12950
Telp: +62 21 2995 7500
Fax: +62 21 5277975
BeritaSatu Media Holdings