Logo BeritaSatu

SEA Games: Taklukkan Myanmar, Timnas Indonesia ke Semifinal

Minggu, 15 Mei 2022 | 17:52 WIB
Oleh : Jaja Suteja / JAS

Phu Tho, Beritasatu.com - Timnas Indonesia lolos ke semifinal cabang sepakbola SEA Games Vietnam setelah menundukkan Myanmar, 3-1, dalam penyisihan Grup A, di Stadion Viet Tri, Phu Tho, Minggu (15/5/2022).

Tiga gol Timnas Indonesia dilesakkan Egy Maulana Vikri pada menit keenam, Witan Sulaiman (10) dan Marselino Ferdinan (45). Sementara gol balasan Myanmar dicetak Win Naing Tun menit ke-67.

Hasil ini membuat Indonesia untuk sementara memimpin klasemen Grup A dengan raihan 9 poin dari 4 kali bertanding. Namun posisi Indonesia di Grup A masih akan ditentukan oleh pertandingan Vietnam melawan Timor Leste setelah partai Timnas Indonesia vs Myanmar di lapangan yang sama. Jika Vietnam mampu menaklukkan Timor Leste, maka Indonesia akan menempati runner-up Grup A di klasemen akhir.

Juara Grup A nantinya akan bertemu dengan runner-up Grup B. Sementara runner-up Grup A akan menantang juara Grup B. Di Grup B sendiri saat ini Malaysia masih memimpin klasemen dengan raihan 7 poin dari 3 pertandingan. Posisi kedua diisi Thailand yang mengumpulkan 6 poin juga dari 3 pertandingan.

Kedua tim akan bermain pada pertandingan terakhir penyisihan besok, Senin (16/5/2022). Malaysia akan bertemu Kamboja dan Thailand ditantang Laos. Hasil kedua pertandingan ini akan menentukan siapa juara dan runner-up Grup B.

Ini merupakan pertandingan terakhir dalam babak penyisihan bagi kedua Indonesia dan Myanmar. Timnas Indonesia hanya membutuhkan hasil seri untuk bisa lolos ke semifinal.

Sementara Myanmar berada di posisi ketiga dan dipastikan tersisih setelah hanya meraih enam poin. Myanmar tersisih bersama Filipina dan Timor Leste.

Pelatih Timnas Indonesia, Shin Tae-yong, menurunkan formasi 4-3-3 dalam pertandingan ini. Dia menunjuk trio Witan Sulaiman, Egy Maulana Vikri, serta Irfan Jauhari di lini depan. Sementara di lini tengah, pelatih asal Korea Selatan ini menampilkan Ricky Kambuaya, Marc Klok, dan Marselino Ferdinan.

Sementara Fachruddin Aryanto dan Rizky Ridho berkolaborasi di jantung pertahanan. Asnawi Mangkualam dan Alfeandra Dewangga mengapit mereka di sisi kanan dan kiri. Keempat pemain ini mengawal kiper Ernando Ari.

Timnas Indonesia sukses menjebol gawang Myanmar saat pertandingan baru berjalan enam menit. Gol diawali serangan yang dilakukan Timnas Indonesia.

Irfan Jauhari melepaskan tendangan ke arah gawang namun diblok pemain Myanmar. Bola pantulan kemudian dimanfaatkan Egy. Pemain Senica ini melepaskan tendangan kaki kiri yang sempat menyentuh pemain lawan namun bola tetap masuk ke gawang Myanmar.

Timnas Indonesia hanya butuh empat menit untuk menambah keunggulan. Gol berawal dari aksi Ricky Kambuaya merangsek kotak penalti Myanmar. Di luar dugaan pemain anyar Persib ini melepaskan umpan dengan tumitnya.

Sodoran Ricky langsung dimanfaatkan Witan Sulaiman. Bola yang bergerak menyusur tanah ke tiang jauh tak mampu diadang kiper dan membawa Timnas Indonesia unggul 2-0.

Menit ke-16, Timnas Indonesia nyaris kembali menjebol gawang Myanmar. Marselino Ferdinan yang sudah berada di depan lawan melepaskan tendangan, namun kali ini berhasil ditangkap oleh kiper Pyae Phyo Thu.

Timnas Indonesia yang tampil dominan kembali mendapatkan peluang pada menit ke-24. Berawal dari sepak pojok yang dieksekusi Marc Klok, bola disambut sundulan Rizky Ridho. Peluang ini seharusnya menjadi gol jika saja Egy Maulana Vikri mampu memaksimalkan umpan yang sudah di mulut gawang.

Setelah menit ke-25, Myanmar mampu mengimbangi permainan Timnas Indonesia dan tampil menekan.

Menit ke-29, Myanmar sebenarnya menjebol gawang Indonesia melalui aksi Win Naing Tun memanfaatkan umpan Maung Maung Lwin. Namun gol ini dianulir wasit karena Maung dianggap dalam posisi offside sebelum melepaskan umpan.

Menit ke-38, Myanmar kembali melakukan tekanan ke gawang Timnas Indonesia. Zaw Win Thein melepaskan umpan dari sayap kanan dan disambut tendangan Htet Phyo Wai. Namun tendangan pemain nomor 9 ini melambung dari gawang.

Menit ke-42, Indonesia kembali melakukan serangan ke gawang Myanmar. Sebuah umpan Marselino Ferdinan langsung dieksekusi Ricky Kambuaya. Namun tendangan mantan pemain Persipura ini berhasil ditangkap dengan baik oleh Pyae Phyo Thu.

Di pengujung babak pertama, Timnas Indonesia menambah keunggulan menjadi 3-0 melalui aksi Marselino Ferdinan. Gol berawal dari sepak pojok yang dikirim Marc Klok. Bola dibuang dengan sundulan oleh pemain Myanmar.

Namun bola mengarah ke Marselino Ferdinan dan disambut tendangan kaki kanan pemain Persebaya ini. Bola berubah arah setelah mengenai pemain Myanmar dan membuat kiper terpedaya. Indonesia pun unggul 3-0 pada babak pertama.

Memasuki babak kedua, Myanmar langsung berninisiatif menyerang untuk mengurangi selisih ketinggalan. Beberapa kali mereka berhasil masuk ke pertahanan Indonesia namun berhasil diredam para pemain Merah Putih.

Menit ke-63, Myanmar kembali menekan gawang Indonesia. Aung Kaung Mann berhasil melepaskan tendangan ke arah gawang Indonesia. Bola yang berusaha ditangkap Ernando Ari sempat lepas karena licin. Namun kemudian kiper Persebaya ini berhasil menguasai bola.

Timnas Indonesia sendiri terlihat mengendurkan serangan pada babak kedua. Bola lebih banyak dikuasai pemain Myanmar.

Myanmar memperkecil ketinggalan menjadi 1-3 melalui Win Naing Tun pada menit ke-66. Gol berawal dari aksi Win Naing Tun yang berhasil melewati kawalan Dewangga. Dia kemudian melepaskan tendangan kaki kiri. Bola yang berubah arah karena mengenai badan Rizky Ridho membuat Ernando Ari tak mampu mengantisipasi bola.

Timnas Indonesia memiliki peluang pada menit ke-75. Berawal dari umpan Witan Sulaiman, Irfan Jauhari yang sudah berada di kotak penalti berusaha memanfaatkan bola. Namun dia terjatuh dan gagal memanfaatkan peluang.

Menit ke-88, Ronaldo Kwateh nyaris saja menjebol gawang Myanmar. Namun tendangannya dari dalam kotak penalti melambung dari gawang. Dua menit kemudian Mark Klok melepaskan tendangan bebas langsung gawang. Namun tendangannya gagal membuahkan gol karena terkena mistar gawang. Skor 3-1 untuk Indonesia bertahan hingga pertandingan usai.

Susunan Pemain Timnas Indonesia

Timnas Indonesia: Ernando Ari; Asnawi Mangkualam, Fachruddin Aryanto Rizky Ridho, Alfeandra Dewangga; Ricky Kambuaya (Rachmat Irianto 68), Marc Klok, Marselino Ferdinan (Syahrian Abimanyu 68), Witan Sulaiman, Egy Maulana Vikri, Irfan Jauhari



Saksikan live streaming program-program BeritaSatu TV di sini

Sumber: BeritaSatu.com

BAGIKAN

BERITA LAINNYA

Timnas U-19 Kalah dalam Uji Coba, Shin Tetap Senang

Pelatih Timnas U-19, Shin Tae-yong, mengaku senang meski pasukannya kalah dalam uji coba melawan Bhayangkara FC.

BOLA | 28 Juni 2022

PSIS Gelar Perempat Final Piala Presiden di Jatidiri

PSIS bakal menjamu Bhayangkara FC dalam pertandingan perempat final Piala Presiden 2022 di Stadion Jatidiri.

BOLA | 28 Juni 2022

Widodo: Bhayangkara Serius demi Naikkan Mental Timnas U-19

Widodo Cahyono Putro menegaskan Bhayangkara bermain serius saat uji coba kontra Timnas U-19 Indonesia demi menaikkan mental Garuda Nusantara.

BOLA | 28 Juni 2022

Dikalahkan Persita, Pesis Tanpa Kemenangan di Piala Presiden

Persita memecah kebuntuan di menit 45 setelah tendangan mendatar Elisa Basna bersarang di gawang Persis yang dikawal M Riyandi.

BOLA | 27 Juni 2022

Piala AFC: Sempat Tertinggal, PSM Bekuk 10 Pemain Tampines

Sempat tertinggal di menit 29 lewat gol Kyoga Nakamura, PSM mampu bangkit dengan mengemas tiga gol lewat Rizky Eka dan Everton (dua gol) di Piala Presiden.

BOLA | 27 Juni 2022

Piala Presiden: Dihukum Main Tanpa Penonton, Persib Legawa

Keputusan pertandingan tanpa penonton ini berlaku selama Persib berlaga dalam Piala Presiden 2022, termasuk final.

BOLA | 27 Juni 2022

Kalahkan Dewa United, PSS Sleman ke Perempat Final Piala Presiden

Kemenangan PSS atas Dewa United di babak grup Piala Presiden ditentukan melalui gol yang dicetak Valente di menit 71.

BOLA | 27 Juni 2022

Angel di Maria Sepakat Gabung Juventus

Angel Di Maria telah menjalin kesepakatan senilai  €7 juta per tahun dengan Juventus dengan kontrak setahun plus opsi perpanjangan setahun.

BOLA | 27 Juni 2022

Airlangga Hartarto Bincang Santai dengan Ronaldinho

Menteri Koordinator Perekonomian Airlangga Hartarto berbincang santai dengan legenda sepakbola Brasil, Ronaldo de Assis Moreira atau Ronaldinho.

BOLA | 27 Juni 2022

Piala AFC: Drama 7 Gol, Bali United Dibekuk Visakha

Bali United yang sempat unggul terlebih dahulu akhirnya menyerah kalah dengan skor 2-5 dari Visakha di lanjutan Piala AFC. 

BOLA | 27 Juni 2022


TAG POPULER

# MotoGP 2022


# Ukraina


# Persik


# Sirkuit Formula E


# Holywings


 

NEWSLETTER

Dapatkan informasi terbaru dari kami
Email yang Anda masukkan tidak valid.

TERKINI
Kesadaran Pejabat di Jateng Laporkan Gratifikasi Tinggi

Kesadaran Pejabat di Jateng Laporkan Gratifikasi Tinggi

NEWS | 11 menit yang lalu










BeritaSatu Logo
TERKONEKSI BERSAMA KAMI
BeritaSatu Facebook
BeritaSatu Twitter
BeritaSatu Instagram
BeritaSatu YouTube
Android Icon iOS Icon
Copyright © 2022 BeritaSatu
Allright Reserved
CONTACT US Berita Satu Plaza, Lantai 11 Kav. 35-36,
Jl. Jend. Gatot Subroto, Jakarta Selatan, Jakarta 12950
Telp: +62 21 2995 7500
Fax: +62 21 5277975
BeritaSatu Media Holdings