Logo BeritaSatu

Timnas Indonesia Mainkan Babak Tambahan Lawan Thailand

Kamis, 19 Mei 2022 | 17:50 WIB
Oleh : Jaja Suteja / JAS

Nam Dinh, Beritasatu.com - Timnas Indonesia harus memainkan babak tambahan setelah imbang tanpa gol dalam 90 menit pertandingan melawan Thailand pada semifinal cabang sepakbola SEA Games Vietnam, Kamis (19/5/2022) di Stadion Thien Truong, Nam Dịnh.

Pelatim Timnas Indonesia, Shin Tae-yong, menurunkan formasi 4-3-3. Dia menurunkan trio Witan Sulaiman, Egy Maulana Vikri, dan Irfan Jauhari di barisan pan. Pelatih asal Korea Selatan ini mengganti Asnawa Mangkualam yang harus absen karena akumulasi kartu di posisi bek kanan dengan Rachmat Irianto.

Ketiga pemain ini ditopang barisan gelandang yang terdiri diri Marselino Ferdinand, Mark Klok, dan Ricky Kambuaya. Sementara Fachruddin Aryanto dan Rizky Ridho menggalang kerja sama di jantung pertahanan. Keduanya akan didampingi Rachmat Irianto di sisi kanan serta Elfeandra Dewangga di sisi kiri. Keempat pemain belakang ini akan mengawl penjaga gawang Ernando Ari.

Pada menit-menit awal Indonesia menggebrak melalui tendangan bebas. Namun tendangan bebas yang dieksekusi Marc Klok sedikit melenceng dari tiang kanan gawang Thailand.

Thailand mendapat peluang pada menit ke-25. Benjamin Davis berhasil menguasai bola dan melepaskan tendangan kaki kiri. Beruntung tendangannya berhasil ditepis Ernando Ari sambil menjatuhkan diri.

Timnas Indonesia dan Thailand sama-sama bermain hati-hati pada babak pertama ini. Bola lebih sering bergerak di lapangan tengah kedua pasukan.

Menit ke-37, Indonesia berpeluang melalui tendangan bebas yang dilakukan Egy. Umpan dari pemain FC Senica ini disambut Rizky Ridho namun sundulannya melenceng dari gawang Thailand.

Di pengujung babak pertama, Timnas Indonesia mendapat peluang dari sepak pojok Marc Klok. Pemain naturalisasi dari Belanda mengarahkan bola langsung ke gawang namun mengenai mistar gawang dan keluar.

Pada babak kedua tepatnya menit ke-48, Thailand nyaris mencetak gol. Berawal dari umpan Korawich Tasa dari sisi kanan, Ekanit Panya. Namun gangguan dari pemain Indonesia membuat tendangannya melambung dari gawang.

Thailand kembali mendapat peluang menit ke-54. Memanfaatkan kesalahan pemain Indonesia, Benjamin David berhasil mencuri bola. Dia lantas membawa bola dan mengeksekusinya dari luar kotak penalti. Namun bola hasil tendangan kaki kirinya melambung dari sasaran.

Menit ke-63 Shin Tae-yong melakukan dua pergantian sekaligus. Syahrian Abimanyu menggantikan Marselino dan Saddil Ramdani menggantikan Witan Sulaiman.

Timnas Indonesia mendapat peluang pada menit ke-77. Saddil berhasil merangsek sisi kanan prtahanan Thailand dan mengirimkan umpan ke muka gawang. Namun tak ada rekannya yang menyambut sodoran dan bola lebih dahulu dibuang pemain belakang Thailand.

Beberapa saat kemudian Indonesia kembali mendapat peluang. Marc Klok melepaskan sundulan tepat ke arah gawang. Namun upayanya berhasil ditepis kiper Syahrian Abimanyu.

Kawin kembali menjadi pahlawan timnya dari kebobolan pada menit ke-79. Egy melepaskan tedangan jarak jauh yang mengarah ke gawang. Namun Thailand terhindar dari kebobolan melalui aksi menawan Kawin yang menepis bola sambil menjatuhkan diri.

Timnas Indonesia kembali mengancam pada menit ke-82. Egy berhasil melepaskan tendangan menyusur tanah ke arah gawang. Namun bla berhasil ditangkap dengan baik oleh Kawin.

Hal serupa terjadi lagi pada menit-86. Menyusul serangan balik, Egy berhasil merangsek pertahanan Thailand dan melepaskan tendangan dari sisi kiri. Namun gawang Thailand kembali berhasil diselamatkan Kawin.

Menit ke-88, giliran gawang Timnas Indonesia yang terancam. Beruntung kesigapan Ernando membuat gawangnya tak jadi kebobolan. Skor imbang tanpa gol hingga babak kedua usai membuat pertandingan harus dilanjutkan dengan babak tambahan.

Di final, pemenang partai antara Timnas Indonesia melawan Thailand ini akan bertemu pemenang semifinal lainnya yakni antara Vietnam melawan Malaysia yang akan berlangsung pada hari yang sama mulai pukul 19.00 WIB di Stadion Viet Tri, Phu Tho.

Timnas Indonesia lolos ke semifinal setelah menjadi runner-up Grup A yang berisi Vietnam, Myanmar, Filipina dan Timor Leste. Sementara Thailand adalah juara Grup B yang berisi Malaysia, Singapura, Kamboja, dan Laos.

Partai final akan digelar di Stadion Nasional My Dinh, Hanoi pada Minggu, 22 Mei 2022 mulai 19.00 WIB. Sebelumnya mulai pukul 16.00 WIB akan digelar partai perebutan perunggu antara dua tim yang kalah di semifinal.

Susunan Pemain:

Indonesia (3-5-2): 20 Ernando Ari Sutaryadi; 13 Rachmat Irianto, 5 Rizky Ridho Ramadhani, 19 Fachruddin Aryanto, 2 Alfeandra Dewangga; 7 Marselino Ferdinan (17 Syahrian Abimanyu 63), 6 Marc Klok, 15 Ricky Kambuaya; 8 Witan Sulaeman (11 Saddil Ramdani 63), 10 Egy Maulana Vikri (9 Ronaldo Kwateh 89), 18 Irfan Jauhari (12 M Ridwan 89).

Pelatih: Shin Tae-yong

Thailand (3-6-1): 1 Kawin Thamsatchanan; 2 Nakin Wisetchat, 4 Jonathan Khemdee, 16 Chonnapat Buaphan; 6 Airfan Doloh, 7 Ekanit Panya, 10 Worachit Kanitsribumphen, 17 Benjamin Davis, 18 Weerathep Pomphun, 19 Chayapipat Supansuch; 8 Korawich Tasa.

Pelatih: Alexandre Polking



Saksikan live streaming program-program BeritaSatu TV di sini

Sumber: BeritaSatu.com

BAGIKAN

BERITA LAINNYA

Korsel Calonkan Diri Jadi Tuan Rumah Piala Asia 2023

Korea Selatan memenangi Piala Asia edisi perdana pada 1956 dan mempertahankan trofi tersebut sebagai tuan rumah empat tahun kemudian.

BOLA | 1 Juli 2022

FIFA Cabut Sanksi Federasi Sepakbola Pakistan

Pakistan diskors pada April 2021 setelah perselisihan mengenai komite normalisasi yang diberlakukan oleh FIFA

BOLA | 1 Juli 2022

Rumor Ronaldo Ingin Tinggalkan MU, Ini Bocoran dari Bruno Fernandes

Laporan dari Inggris menunjukkan bahwa Manchester United akan melakukan bisnis yang baik jika mereka memilih untuk melepaskan Ronaldo.

BOLA | 1 Juli 2022

Piala Presiden: Cedera Adang Ambisi Persib Lawan PSS

Ada lima pemain Persib yang mengalami cedera dan kemungkinan besar tidak akan main lawan PSS di perempat final Piala Presiden.

BOLA | 1 Juli 2022

Piala AFC: Bali United Tersingkir, PSM Makassar Lolos

Meski menang 1-0 atas Kaya FC Iloilo berkat gol Jajang Mulyana di menit 25, belum cukup mengantarkan Bali United lolos ke fase berikutnya di Piala AFC.

BOLA | 1 Juli 2022

Ernesto Valverde Kembali Tangani Athletic Bilbao

Ernesto Valverde yang sudah menganggur selama dua tahun, masuk menggantikan Marcelino Garcia Toral yang kontraknya habis pada akhir Juni ini.

BOLA | 1 Juli 2022

Terlibat Asmara dengan Pelatih Bayern Muenchen, Wartawati Ditarik

Bild menarik wartawati Lena Wurzenberger setelah diketahui memiliki hubungan intim dengan pelatih Bayern Muenchen, Julian Nagelsmann.

BOLA | 30 Juni 2022

Jordi Amat Ungkap Alasan Gabung Johor Darul Ta'zim

Bek tengah asal Spanyol, Jordi Amat, menjelaskan alasan dia bergabung dengan klub Liga Super Malaysia, Johor Darul Ta’zim (JDT).

BOLA | 30 Juni 2022

Seto: Lawan Persib Bandung Ajang PSS Sleman Pertajam Tim

Pelatih PSS Seto Nurdiantoro menyebut laga kontra Persib pada perempat final Piala Presiden 2022 menjadi ajang mempertajam timnya.

BOLA | 30 Juni 2022

3 Pemain Timnas Jadi Amunisi Persib Bandung Lawan PSS

Pelatih Persib Robert Alberts menyebut tiga pemain timnas yang sudah bergabung menjadi amunisi baru menghadapi PSS di perempat final Piala Presiden.

BOLA | 30 Juni 2022


TAG POPULER

# Malaysia Open


# Rusia


# Roy Suryo


# Tjahjo Kumolo Meninggal


# Ayu Anjani


 

NEWSLETTER

Dapatkan informasi terbaru dari kami
Email yang Anda masukkan tidak valid.

TERKINI
Jenazah Tjahjo Kumolo Tiba di Taman Makam Pahlawan Kalibata

Jenazah Tjahjo Kumolo Tiba di Taman Makam Pahlawan Kalibata

NEWS | 1 menit yang lalu










BeritaSatu Logo
TERKONEKSI BERSAMA KAMI
BeritaSatu Facebook
BeritaSatu Twitter
BeritaSatu Instagram
BeritaSatu YouTube
Android Icon iOS Icon
Copyright © 2022 BeritaSatu
Allright Reserved
CONTACT US Berita Satu Plaza, Lantai 11 Kav. 35-36,
Jl. Jend. Gatot Subroto, Jakarta Selatan, Jakarta 12950
Telp: +62 21 2995 7500
Fax: +62 21 5277975
BeritaSatu Media Holdings