Logo BeritaSatu

Pemerintah Inggris Setuju Pergantian Kepemilikan Chelsea

Rabu, 25 Mei 2022 | 16:23 WIB
Oleh : JAS

Jakarta, Beritasatu.com - Pemerintah Inggris pada Rabu (25/5/2022) menyatakan persetujuan mereka atas proses pergantian kepemilikan Chelsea, yang dibeli oleh konsorsium pimpinan pengusaha Amerika Serikat Todd Boehly.

Klub Liga Inggris itu dibeli oleh konsorsium Boehly, yang juga pemilik tim bisbol Los Angeles Dodgers, seharga 4,25 miliar poundsterling (sekitar Rp 77,8 triliun) dari oligarki Rusia Roman Abramovich dalam kesepakatan yang diumumkan awal bulan ini.

Abramovich dipaksa menjual Chelsea, karena pemerintah Inggris memberlakukan sanksi pembekuan aset pengusaha Rusia itu sejak Maret karena kedekatannya dengan Presiden Vladimir Putin yang memerintahkan invasi ke Ukraina.

Operasional The Blues juga dilangsungkan di bawah lisensi khusus pemerintah Inggris, yang akan berakhir masa berlakunya pada 31 Mei esok.

"Semalam pemerintah Inggris mencapai posisi bahwa kami bisa mengeluarkan lisensi yang mengizinkan penjualan Chelsea," kata juru bicara pemerintah Inggris dalam pernyataan yang dilansir BBC, Rabu.

Pemerintah Inggris menegaskan bahwa uang hasil penjualan klub yang bermarkas di Stamford Bridge itu tidak akan diterima oleh Abramovich, melainkan masuk ke rekening miliknya yang telah dibekukan dan akan disalurkan untuk yayasan amal.

"Menyusul sanksi terhadap Roman Abramovich, pemerintah Inggris bekerja keras untuk memastikan Chelsea tetap bisa bermain sepakbola. Tapi kami selalu menyadari bahwa masa depan jangka panjang klub hanya bisa diamankan apabila dengan kepemilikan baru," tulis pernyataan yang sama.

Meski kesepakatan jual beli dari Abramovich ke konsorsium pimpinan Boehly sudah diumumkan pada 7 Mei, sekira sepekan berselang beredar kabar bahwa kesepakatan itu bakal batal karena ada kekhawatiran Abramovich tidak akan menepati janji menyalurkan dana hasil penjualan untuk yayasan amal.

Abramovich membantah kabar bahwa dia juga telah meminta agar utangnya sebesar 1,5 miliar poundsterling kepada Chelsea untuk ditalangi bila klub itu dijual. Chelsea musim 2021-22 berakhir finis di peringkat ketiga klasemen Liga Inggris.



Saksikan live streaming program-program BeritaSatu TV di sini

Sumber: ANTARA/BBC

BAGIKAN

BERITA LAINNYA

Menang Adu Penalti, PSIS Melaju ke Semifinal Piala Presiden

Pertandingan PSIS melawan Bhayangkara FC diperempat final Piala Presiden berakhir dengan drama adu penalti setelah seri 1-1 selam 90 menit.

BOLA | 3 Juli 2022

Proses Naturalisasi Jordi Amat Jalan Terus

Shin Tae-yong menulis langsung surat yang ditujukan kepada Ketua Umum PSSI Mochamad Iriawan untuk melanjutkan proses naturalisasi Jordi Amat.

BOLA | 3 Juli 2022

Cedera, Muhammad Ferarri Tak Tampil di Laga Lawan Brunei

Muhammad Ferarri tidak akan tampil kontra Brunei Darussalam pada laga kedua mereka di Grup A Piala AFF U-19 2022, Senin (4/7/2022), karena cedera.

BOLA | 3 Juli 2022

Shin Tae-yong: Petasan dan Suar Ganggu Pemain Piala AFF

Shin Tae-yong menegaskan, petasan dan suar saat laga Indonesia melawan Vietnam di Grup A Piala AFF U-19 2022, mengganggu fokus para pemain timnas.

BOLA | 3 Juli 2022

Ini Penyebab Banyak Pemain Indonesia vs Vietnam Kram

Penyebab banyaknya pemain Indonesia vs Vietnam yang kram, menurut pelatih Shin Tae-yong karena mereka bermain penuh kerja keras.

BOLA | 3 Juli 2022

Shin Tae-yong Siapkan Strategi untuk Kalahkan Brunei

Shin Tae-yong akan menyiapkan strategi untuk menaklukkan Brunei Darussalam pada laga kedua mereka di Grup A Piala AFF U-19 2022, Senin (4/7/2022).

BOLA | 3 Juli 2022

Shin Tae-yong Akui Penyelesaian Akhir Timnas U-19 Buruk

Shin Tae-yong mengakui penyelesaian akhir skuadnya buruk saat bertanding kontra Vietnam pada laga Grup A Piala AFF U-19 2022.

BOLA | 3 Juli 2022

Cristiano Ronaldo Ingin Segera Tinggalkan Manchester United

Cristiano Ronaldo dilaporkan ingin meninggalkan klub Liga Inggris Manchester United pada bursa transfer pemain musim panas ini.

BOLA | 3 Juli 2022

Piala AFF U-19: Indonesia vs Vietnam Berakhir Tanpa Gol

Timnas Indonesia U-19 harus puas berbagi satu poin dengan Vietnam setelah bermain tanpa gol pada laga perdana Piala AFF U-19.

BOLA | 2 Juli 2022

Piala AFF U-19: Babak Pertama, Timnas U-19 vs Vietnam Masih Tanpa Gol

Timnas U-19 dan Vietnam sama-sama memiliki sejumlah peluang emas khususnya di lima menit akhir babak pertama laga Piala AFF U-19.

BOLA | 2 Juli 2022


TAG POPULER

# Malaysia Open


# Rusia


# Roy Suryo


# Tjahjo Kumolo Meninggal


# Ayu Anjani


 

NEWSLETTER

Dapatkan informasi terbaru dari kami
Email yang Anda masukkan tidak valid.

TERKINI
Kasus Covid-19 Naik, IDI: Pakai Masker di Ruang Terbuka

Kasus Covid-19 Naik, IDI: Pakai Masker di Ruang Terbuka

NEWS | 5 jam yang lalu










BeritaSatu Logo
TERKONEKSI BERSAMA KAMI
BeritaSatu Facebook
BeritaSatu Twitter
BeritaSatu Instagram
BeritaSatu YouTube
Android Icon iOS Icon
Copyright © 2022 BeritaSatu
Allright Reserved
CONTACT US Berita Satu Plaza, Lantai 11 Kav. 35-36,
Jl. Jend. Gatot Subroto, Jakarta Selatan, Jakarta 12950
Telp: +62 21 2995 7500
Fax: +62 21 5277975
BeritaSatu Media Holdings