Logo BeritaSatu

Menpora Minta Meninggalnya Suporter di GBLA Diselidiki

Sabtu, 18 Juni 2022 | 23:02 WIB
Oleh : JAS

Jakarta, Beritasatu.com - Menteri Pemuda dan Olahraga (Menpora) Zainudin Amali meminta PSSI serta PT Liga Indonesia Baru (LIB), penyelenggara turnamen pramusim Piala Presiden 2022, untuk menyelidiki kasus meninggalnya suporter di Stadion Gelora Bandung Lautan Api (GBLA), Bandung.

Dua suporter itu, yang diyakini bagian dari pendukung Persib Bandung, Bobotoh, meninggal dunia diduga karena berdesakan demi menyaksikan laga Grup C Piala Presiden 2022 Persib melawan Persebaya Surabaya, Jumat (17/6/2022).

"SOP yang berlaku di stadion ketika itu harus dievaluasi. Pemerintah akan menunggu laporan resmi dari PSSI dan PT LIB. Tidak boleh ini terulang lagi karena pertandingan masih banyak yang harus dilakukan. Kesiapan panitia daerah juga harus dipastikan pada setiap pertandingan," ujar Menpora dikutip dari keterangan resmi yang diterima di Jakarta, Sabtu (18/6/2022).

Politisi Partai Golkar itu pun memerintahkan PSSI dan LIB untuk memastikan keamanan pelaksanaan penyisihan grup Piala Presiden 2022 di tiga stadion lain yaitu Stadion Manahan (Solo), Stadion Segiri (Samarinda), dan Stadion Kanjuruhan (Malang).

Semuanya dilakukan agar keselamatan penonton yang hadir langsung di stadion dapat terjamin. Menpora Zainudin Amali pun menyatakan duka cita mendalam atas peristiwa tersebut.

Pria asal Gorontalo tersebut prihatin, apalagi Piala Presiden merupakan turnamen sepakbola nasional pertama yang dapat dihadiri penonton dalam dua tahun terakhir.

"Tentu kita prihatin atas kejadian ini. Padahal pertandingan sepak bola baru saja diizinkan dihadiri penonton langsung di stadion," tutur Zainudin.

PSSI sudah menyatakan bahwa mereka, melalui Komite Disiplin, akan menginvestigasi peristiwa maut tersebut.

Ketua Komite Disiplin PSSI Erwin Tobing mengatakan, pihak kepolisian sejatinya menetapkan kapasitas maksimal Stadion GBLA adalah 15.000 penonton pada laga Piala Presiden 2022.

Akan tetapi, jika melihat dari tayangan televisi, PSSI menduga jumlah penonton di GBLA saat pertandingan Persib kontra Persebaya lebih banyak dari itu.

"Kalau kita melihat stadion yang penuh, amat mungkin itu over capacity. Lalu di mana kesalahannya? Apakah panitia mencetak tiket tidak sesuai dengan regulasi, atau panpel yang tidak siap? Kami akan mendalami semuanya," kata Erwin.

Adapun PSSI mengungkapkan, berdasarkan laporan dari panitia, dua suporter itu meninggal karena terjatuh dan terinjak.



Saksikan live streaming program-program BeritaSatu TV di sini

Sumber: ANTARA

BAGIKAN

BERITA LAINNYA

Korsel Calonkan Diri Jadi Tuan Rumah Piala Asia 2023

Korea Selatan memenangi Piala Asia edisi perdana pada 1956 dan mempertahankan trofi tersebut sebagai tuan rumah empat tahun kemudian.

BOLA | 1 Juli 2022

FIFA Cabut Sanksi Federasi Sepakbola Pakistan

Pakistan diskors pada April 2021 setelah perselisihan mengenai komite normalisasi yang diberlakukan oleh FIFA

BOLA | 1 Juli 2022

Rumor Ronaldo Ingin Tinggalkan MU, Ini Bocoran dari Bruno Fernandes

Laporan dari Inggris menunjukkan bahwa Manchester United akan melakukan bisnis yang baik jika mereka memilih untuk melepaskan Ronaldo.

BOLA | 1 Juli 2022

Piala Presiden: Cedera Adang Ambisi Persib Lawan PSS

Ada lima pemain Persib yang mengalami cedera dan kemungkinan besar tidak akan main lawan PSS di perempat final Piala Presiden.

BOLA | 1 Juli 2022

Piala AFC: Bali United Tersingkir, PSM Makassar Lolos

Meski menang 1-0 atas Kaya FC Iloilo berkat gol Jajang Mulyana di menit 25, belum cukup mengantarkan Bali United lolos ke fase berikutnya di Piala AFC.

BOLA | 1 Juli 2022

Ernesto Valverde Kembali Tangani Athletic Bilbao

Ernesto Valverde yang sudah menganggur selama dua tahun, masuk menggantikan Marcelino Garcia Toral yang kontraknya habis pada akhir Juni ini.

BOLA | 1 Juli 2022

Terlibat Asmara dengan Pelatih Bayern Muenchen, Wartawati Ditarik

Bild menarik wartawati Lena Wurzenberger setelah diketahui memiliki hubungan intim dengan pelatih Bayern Muenchen, Julian Nagelsmann.

BOLA | 30 Juni 2022

Jordi Amat Ungkap Alasan Gabung Johor Darul Ta'zim

Bek tengah asal Spanyol, Jordi Amat, menjelaskan alasan dia bergabung dengan klub Liga Super Malaysia, Johor Darul Ta’zim (JDT).

BOLA | 30 Juni 2022

Seto: Lawan Persib Bandung Ajang PSS Sleman Pertajam Tim

Pelatih PSS Seto Nurdiantoro menyebut laga kontra Persib pada perempat final Piala Presiden 2022 menjadi ajang mempertajam timnya.

BOLA | 30 Juni 2022

3 Pemain Timnas Jadi Amunisi Persib Bandung Lawan PSS

Pelatih Persib Robert Alberts menyebut tiga pemain timnas yang sudah bergabung menjadi amunisi baru menghadapi PSS di perempat final Piala Presiden.

BOLA | 30 Juni 2022


TAG POPULER

# Malaysia Open


# Rusia


# Roy Suryo


# Tjahjo Kumolo Meninggal


# Ayu Anjani


 

NEWSLETTER

Dapatkan informasi terbaru dari kami
Email yang Anda masukkan tidak valid.

TERKINI
Lepas Masker, Rusia Akhiri Pembatasan Covid-19

Lepas Masker, Rusia Akhiri Pembatasan Covid-19

NEWS | 3 menit yang lalu










BeritaSatu Logo
TERKONEKSI BERSAMA KAMI
BeritaSatu Facebook
BeritaSatu Twitter
BeritaSatu Instagram
BeritaSatu YouTube
Android Icon iOS Icon
Copyright © 2022 BeritaSatu
Allright Reserved
CONTACT US Berita Satu Plaza, Lantai 11 Kav. 35-36,
Jl. Jend. Gatot Subroto, Jakarta Selatan, Jakarta 12950
Telp: +62 21 2995 7500
Fax: +62 21 5277975
BeritaSatu Media Holdings