Logo BeritaSatu

Gelar Piala Asia Mini Football, Gorontalo Bisa Go Internasional

Kamis, 30 Juni 2022 | 11:14 WIB
Oleh : Hendro D Situmorang / CAH

Jakarta, Beritasatu.com - Olahraga di Provinsi Gorontalo mulai menggeliat sejak kehadiran Hamka Hendra Noer ditunjuk sebagai Penjabat Gubernur Gorontalo. Tahun 2023, Gorontalo akan go internasional dengan menjadi tuan rumah Kejuaraan Piala Asia Mini Football.

Ini merupakan sejarah pertama kali Gorontalo menggelar event skala internasional sejak dimekarkan. Apalagi, Presiden Asian Mini Football Confederation (AMFC), Mohammad Alddausari yang didampingi Wakil Presiden AMFC Wilayah Asia Timur, Andibachtiar Yusuf telah melakukan kunjungan ke Gorontalo.

"Sebenarnya Kejuaraan Piala Asia Mini Football sudah disetujui dilaksanakan tahun ini, sekitar bulan Oktober sampai November. Tetapi, saya meminta dilaksanakan tahun depan. Biar persiapan lebih matang dan kita bisa membenahi sarana dan prasarana untuk mensukseskannya," kata Hamka dalam keterangannya Rabu (29/6/2022).

Penjabat Gubernur Gorontalo, Hamka Noer yang didampingi Staf Khusus Bidang Hubungan Antar Lembaga, Arsyad Ahmadin mengajak rombongan Presiden AMFC meninjau tiga lapangan yang akan menjadi lokasi pertandingan Kejuaraan Asia Mini Football. Lokasi pertama di lapangan Gelanggang Olahraga David Toni di Limboto, Kabupaten Gorontalo, serta Stadion Merdeka dan lapangan Amal di Kota Gorontalo.

"Saya dengan Presiden AMFC dan Wakil Presiden AMFC telah melakukan kunjungan ke dua lokasi tersebut. Alhamdulillah menurut mereka lapangannya memenuhi standar untuk pelaksanaan Piala Asia Mini Soccer," kata Hamka Noer.

Presiden AMFC, Mohammad Alddausari mengaku senang jika Kejuaraan Asia Mini Football akan digelar di Provinsi Gorontalo.

“Melihat keseriusan pemerintah dan masyarakat Gorontalo yang begitu antusias, saya senang kalau kejuaraan Asia mini football dilaksanakan di Gorontalo,” ungkapnya.

Menurut dia, kepastian Gorontalo untuk menjadi tuan rumah Kejuaraan Asia Mini Football akan dibahas lebih lanjut pada pertemuan secara internal dengan negara-negara anggota AMFC. Presiden AMFC menambahkan, kejuaraan Asia ini untuk pertama kalinya digelar sejak terbentuknya AMFC sehingga akan menjadi catatan sejarah bagi Provinsi Gorontalo.

“Jika ini sudah disepakati, tiga bulan sebelum pertandingan tim-tim dari negara Asia akan datang ke Gorontalo. Ada 16 negara yang akan mengikuti kejuaraan Asia mini football pada tahun 2023,” ujarnya.

Menyangkut kelayakan lapangan, Presiden Mini Football Indonesia yang sekaligus sebagai Wakil Presiden AMFC Wilayah Asia Timur, Andibachtiar Yusuf, menilai sudah cukup memadai. Apalagi, kata Andibachtiar, mini football dimainkan di lapangan lebih kecil dengan jumlah pemain enam lawan enam.

“Tadi kita sudah melihat tiga lapangan, satu di antaranya memang lapangan mini football asli, sedangkan yang dua lagi adalah lapangan besar yang akan dikondisikan menjadi lapangan yang lebih kecil untuk mini football. Kondisi lapangan lumayan, apalagi perjalanan masih panjang sehingga tentunya ada perbaikan yang akan dilakukan,” pungkasnya.



Saksikan live streaming program-program BeritaSatu TV di sini

Sumber: BeritaSatu.com

BAGIKAN

BERITA LAINNYA

Ratusan Suporter di Bekasi Doakan Korban Tragedi Kanjuruhan

Ratusan pendukung sepak bola di Kabupaten Bekasi, Jawa Barat, menggelar doa bersama sebagai bentuk duka cita atas tragedi Kanjuruhan.

BOLA | 6 Oktober 2022

Usut Tragedi Kanjuruhan, TGIPF Tegaskan Tak Ada yang Ditutupi

Anggota TGIPF, Kurniawan Dwi Yulianto menegaskan pihaknya tidak akan menutup-nutupi temuan terkait tragedi Kanjuruhan.

BOLA | 6 Oktober 2022

Kalah Telak di Chelsea, Pioli Akui AC Milan Tampil Buruk

Pelatih AC Milan Stefano Pioli mengakui timnya tampil buruk saat menyerah dengan skor telak 0-3 di kandang Chelsea, dalam lanjutan Liga Champions.

BOLA | 6 Oktober 2022

Kunjungi Keluarga Korban Tragedi Kanjuruhan, Ketum PSSI Beri Santunan

Ketua Umum PSSI Mochamad Iriawan bertakziah ke keluarga korban tragedi Kanjuruhan dan memberikan santunan.

BOLA | 6 Oktober 2022

Guardiola Ungkap Perbedaan Lionel Messi dan Erling Haaland

Pep Guardiola mengungkapkan tentang perbedaan dua striker yang pernah diasuhnya yakni Lionel Messi dan Erling Haaland.

BOLA | 6 Oktober 2022

Desak Iriawan Mundur, Tagar #IwanBuleOut Menggema di Media Sosial

Sampai siang ini pukul 12.10 WIB, tagar #IwanBuleOut sudah berisi 5.298 tweet dan trending teratas di Twitter.

BOLA | 6 Oktober 2022

Erik ten Hag Akui Ronaldo Tak Senang Tidak Bermain Reguler

Ronaldo sejauh ini baru sekali bermain sejak menit awal di Liga Inggris dan dua kali di pertandingan Liga Europa musim ini.

BOLA | 6 Oktober 2022

Ini Posisi Timnas U-17 Indonesia Setelah Tundukkan UEA 3-2

Timnas U-17 Indonesia kini memimpin klasemen Kualifikasi Piala Asia U-17 Grup B setelah menundukkan Uni Emirat Arab (UEA), 3-2.

BOLA | 6 Oktober 2022

PSSI Pastikan Tindaklanjuti Arahan Presiden usai Tragedi Kanjuruhan

PSSI memastikan menindaklanjuti arahan Presiden Jokowi terkait evaluasi seputar pertandingan sepak bola pasca adanya tragedi Kanjuruhan.

BOLA | 6 Oktober 2022

Belum Maksimal di Liverpool, Darwin Nunez Mengaku Tak Paham Ucapan Klopp

Striker anyar Liverpool asal Uruguay, Darwin Nunez, berterus terang tidak mengerti apa yang diucapkan pelatih Juergen Klopp.

BOLA | 6 Oktober 2022


TAG POPULER

# Mamat Alkatiri


# Daftar Korban Meninggal Kanjuruhan


# Jilat Kue HUT TNI


# Lesti Kejora


# Timnas U-17


 

NEWSLETTER

Dapatkan informasi terbaru dari kami
Email yang Anda masukkan tidak valid.

TERKINI
Kredit Usaha Rakyat Diharapkan Menyentuh Petani Kecil

Kredit Usaha Rakyat Diharapkan Menyentuh Petani Kecil

EKONOMI | 2 jam yang lalu










CONTACT US Berita Satu Plaza, Lantai 11 Kav. 35-36,
Jl. Jend. Gatot Subroto, Jakarta Selatan, Jakarta 12950
Telp: +62 21 2995 7500
Fax: +62 21 5277975
BeritaSatu Media Holdings