Logo BeritaSatu

Berita Duka, Timnas U-19 Indonesia Tersingkir dari Piala AFF U-19

Minggu, 10 Juli 2022 | 21:58 WIB
Oleh : Iman Rahman Cahyadi / CAH

Kuala Lumpur, Beritasatu.com - Pil pahit harus ditelan Timnas U-19 Indonesia. Impian untuk bisa menjadi juara di Piala AFF U-19 harus buyar setelah tersingkir di fase grup. Meski menang 5-1 atas Myanmar di laga terakhir Grup A, Timnas U-19 Indonesia finis di peringkat ketiga klasemen akhir.

Penyebabnya karena di pertandingan Grup A lainnya, Vietnam dan Thailand berakhir imbang 1-1.

Dengan ini maka Vietnam menjadi juara Grup A dan runner up Thailand berhak lolos. Indonesia berada di peringkat ketiga karena kalah head to head dari Vietnam dan Thailand meski secara poin sama-sama mengumpulkan 11.

Kegagalan ini jelas menyakitkan mengingat Indonesia dari lima kali main tanpa terkalahkan (3 kali menang, 2 kali seri). Selain itu Indonesia menjadi tim paling produktif dengan 17 gol dan kemasukan 2 gol.

Indonesia tampil dominan di babak pertama. Garuda Nusantara sempat tertinggal terlebih dahulu setelah di menit 6 gawang yang dijaga Cahya Supriadi dijebol Min Htwe.

Berawal dari tendangan sudut, sundulan ke belakang Min Htwe tanpa disangka masuk ke gawang Indonesia. Tertinggal, Indonesia yang sebenarnya mengawali laga dengan mendominasi penguasaan bola mengintensifkan serangan.

Usaha Indonesia membuahkan hasil di menit 17 lewat gol penyeimbang yang dicetak Muhammad Ferrari. Sundulannya menyambut tendangan bebas berhasil bersarang ke gawang Myanmar. Skor menjadi imbang 1-1.

Timnas U-19 Indonesia terus memberikan tekanan ke pertahanan Myanmar. Menit 21 Rabbani nyaris mencetak gol jika saja tendangannya ketika tinggal berhadapan dengan kiper disambut rekan-rekannya. Indonesia berbalik unggul di menit 24 setelah tendangna keras Arkhan Fikri dari luar kotak penalti gagal ditangkap sempurna oleh kiper Hein Htet Soe. Skor 2-1 untuk Indonesia.

Enam menit berselang Ferrari kembali mencetak gol lewat skenario sama seperti gol pertamanya. Sundulannya menyambut tendangan bebas kembali berbuah hasil. Skor 3-1 untuk Timnas U-19 Indonesia.

Timnas U-19 melengkapi keunggulan di babak pertama dengan gol keempat yang kali ini dicetak Rabbani Tasnim. Menerima assist, Rabbani langsung menggiring bola memasuki area penalti. Meski dikawan bek Myanmar, Rabbani mampu melesakkan tendangan kanan yang bersarang ke tengah atas gawang Myanmar.

Sampai pelauit panjang babak pertama berbunyi, skor 4-1 untuk keunggulan Timnas U-19 Indonesia.

Di babak kedua, Pelatih Shin Tae-yong melakukan sejumlah pergantian. Di antaranya memainkan Ronaldo kwateh dan Edgaard Amping. Tekanan diberikan Myanmar di awal-awal babak.

Menit 67 kiper Cahya Supriadi menepis tendangan kapten La Min Htwe. Satu menit berselang, Shin Tae-yong kembali melakukan perubahan dengan menarik keluar Ferrari dan memainkan Kadek Arel Priyatna.

Indonesia memperbesar keunggulan menjadi 5-1 berkat gol Ronaldo menyelesaikan assist dari Zanadin. Setelah itu tempo permainan perlahan menurun. Tidak ada peluang terjadi. Sampai peluit panjang berbunyi, skor tetap 5-1 untuk kemenangan Indonesia.

Susunan Pemain
Indonesia: Cahya Supriadi, Ahmad Rusadi, Muhammad Ferarri, Kakang Rudianto, Arkhan Fikri, Hokky Caraka, Ferdiansyah Cecep Surya. Mikael Alfredo Tata, Dimas Juliono, Zanadin Fariz, Rabbani Tasnim Siddiq.

Myanmar: Hein Htet Soe, Myo Min Hein, Lan Sann Aung, Lin Lin Tun, Ar Kar Kyaw, Zaw Win Thein, Chit Aye, La Min Htwe, Khun Aung Soe, Oakkar Naing, Thein Zaw Thiha.



Saksikan live streaming program-program BeritaSatu TV di sini

Sumber: BeritaSatu.com

BAGIKAN

BERITA LAINNYA

Laga Timnas U-17 Lawan Guam di Pakansari Digelar Tanpa Penonton

Laga perdana Timnas U-17 di Grup B Kualifikasi Piala Asia U-17 2023 ini digelar di Stadion Pakansari, Bogor.

BOLA | 3 Oktober 2022

Kapolri Sebut Korban Tewas Tragedi Kanjuruhan Berjumlah 125 Orang

Hasil verifikasi terakhir dengan data di dinkes, kab/kota terkonfirmasi terverifikasi, dari awal 129 orang menjadi 125 orang korban tragedi kanjuruhan.

BOLA | 3 Oktober 2022

Madura United Gelar Doa Bersama untuk Korban Tragedi Kanjuruhan

Selain manajemen, doa bersama dan mengheningkan cipta di kantor klub Madura United itu juga dihadiri perwakilan suporter klub untuk korban tragedi Kanjuruhan.

BOLA | 3 Oktober 2022

MU Dibantai Man City, Erik ten Hag Sebut Timnya Kurang Pede

Pelatih Manchester United (MU), Erik Ten Hag mengatakan dirinya sempat terkejut dengan kurangnya kepercayaan diri para pemainnya dalam pertandingan tersebut.

BOLA | 3 Oktober 2022

Borneo FC Kecewa Liga 1 Dihentikan Sementara Imbas Tragedi Kanjuruhan

Penghentian sementara Liga 1 dampaknya sangat merugikan, terlebih saat ini Borneo FC dalam performa terbaiknya dan menduduki puncak klasemen.

BOLA | 3 Oktober 2022

Penyintas Hillsbrough Beri Pesan Dukungan kepada Korban Tragedi Kanjuruhan

Kelompok penyintas Hillsborough (Hillsborough Survivors Support Alliance) mengirimkan pesan dukungan kepada para korban tragedi Kanjuruhan.

BOLA | 3 Oktober 2022

Tragedi Kanjuruhan, PSS Sleman Dukung Penghentian Kompetisi Liga 1

PSS Sleman berharap keputusan tersebut membuat penyelenggaraan pertandingan sepak bola Indonesia ke depan berlangsung aman, bersahabat, dan lebih baik.

BOLA | 3 Oktober 2022

IPW Minta Tim Pencari Fakta Usut Tragedi Kanjuruhan

IPW atau Indonesia Police Watch meminta pemerintah membentuk tim gabungan pencari fakta atas tragedi Kanjuruhan.

BOLA | 3 Oktober 2022

PB ABTI: Tragedi Kanjuruhan Preseden Buruk Olahraga di Indonesia

PB ABTI menyesalkan dan mengucapkan dukacita atas tragedi Kanjuruhan. Tragedi itu merupakan preseden buruk bagi olahraga di Indonesia. 

BOLA | 3 Oktober 2022

Juventus Akhiri Puasa Kemenangan dengan Gilas Bologna 3-0

Kemenangan 3-0 atas Bologna mengakhiri puasa kemenangan Juventus sejak 1 September lalu.

BOLA | 3 Oktober 2022


TAG POPULER

# Tragedi Kanjuruhan


# Lesti Kejora


# Pembantaian di Papua Barat


# Arema FC


# Raja Charles III


 

NEWSLETTER

Dapatkan informasi terbaru dari kami
Email yang Anda masukkan tidak valid.

TERKINI
Jokowi Gelar Rapat untuk Matangkan Persiapan KTT G-20

Jokowi Gelar Rapat untuk Matangkan Persiapan KTT G-20

NEWS | 23 menit yang lalu










CONTACT US Berita Satu Plaza, Lantai 11 Kav. 35-36,
Jl. Jend. Gatot Subroto, Jakarta Selatan, Jakarta 12950
Telp: +62 21 2995 7500
Fax: +62 21 5277975
BeritaSatu Media Holdings