Logo BeritaSatu

Persija Tumbang di Bali United, Thomas Doll Berkelit Begini

Minggu, 24 Juli 2022 | 17:07 WIB
Oleh : JAS

Gianyar, Beritasatu.com - Pelatih Persija Jakarta Thomas Doll menilai wasit mengabaikan satu pelanggaran penting dari pemain Bali United FC, dan tidak memberi tambahan waktu yang cukup saat kedua tim bertanding di laga perdana Liga 1 Indonesia 2022/2023, Sabtu (23/7/2022).

Persija menelan kekalahan 0-1 di kandang Bali United dalam laga perdana kompetisi Liga 1 mereka musim ini. Gol semata wayang Bali United, dicetak Willian Pacheco pada menit ke-38.

Menurut Doll, Persija seharusnya mendapat tendangan penalti karena tangan bek Bali United I Made Andhika Wijaya menyentuh bola saat dia menggagalkan umpan silang dari pemain Persija Firza Andika.

“Itu jelas-jelas penalti (buat tim kami),” kata Doll saat jumpa pers di Stadion Kapten I Wayan Dipta, Gianyar, Bali, Minggu dini hari.

Ia mengatakan saat insiden itu, yang terjadi di babak pertama, enam sampai tujuh pemain Persija langsung mendatangi wasit dan protes. Namun, protes para pemainnya tidak dikabulkan oleh wasit.

“Tidak ada VAR di sini, sekitar enam atau tujuh pemain kami juga langsung melakukan protes ke wasit. Itu keputusan yang sangat buruk dari wasit,” kata Doll.

Padahal, Doll, yang berdiri di sisi lapangan melihat jelas pelanggaran itu. Oleh karena itu, ia menyesalkan sikap para wasit yang kurang cermat dan mengabaikan pelanggaran tersebut.

Walaupun demikian, ia tidak berencana melayangkan protes resmi terhadap komite wasit atau pun penyelenggara.

“Tidak, saya tidak akan melayangkan protes resmi. Saya bukan pengacara,” kata Doll sambil berkelakar.

Ia maklum wasit kerap luput melihat pelanggaran dan melakukan kesalahan yang merugikan salah satu tim.

Tidak hanya itu, Doll juga menilai tambahan waktu 3 menit pada babak pertama dan 4 menit pada babak kedua yang diberikan oleh wasit tidak cukup. Alasannya, Doll menjelaskan pertandingan sering terhenti karena pemain jatuh dan butuh perawatan dari tim medis.

“Ada insiden 12 pemain lawan di lapangan. Itu juga tidak menguntungkan bagi Persija karena banyak waktu yang terhenti sehingga tidak cukup perpanjangan waktu hanya sekitar 3 atau 4 menit saja, seharusnya ada tambahan waktu 6 atau 7 menit,” kata pelatih berpaspor Jerman itu.

Terlepas dari dua situasi itu, ia menyebut kekalahan tim asuhannya dari Bali United karena performa pemain Persija yang turun di babak kedua.

“Kami bermain buruk di babak kedua, padahal kami bisa lebih baik dari ini. Banyak pemain kami yang masih muda, dan banyak pemain cedera yang mengharuskan kami mengganti pemain seperti Hansamu (Yama Pranata), Ryuji (Utomo), dan Rio Fahmi tidak dibawa ke sini. Tony Sucipto yang harus keluar lebih cepat, serta Ferarri bek tengah kami juga harus keluar pada babak kedua,” kata Doll.

Walaupun demikian, ia mengakui ketangguhan pemain Bali United yang merupakan juara bertahan liga untuk dua musim terakhir. “Kekalahan ini harus ada evaluasi untuk membuat permainan kami menjadi lebih baik,” kata dia.

Dalam jumpa pers yang sama, pemain Persija asal Jerman Hanno Behrens juga mengakui ketangguhan pemain Serdadu Tridatu, julukan Bali United. “Bali punya lini pertahanan yang sangat bagus,” kata dia, yang sepanjang pertandingan dikawal ketat oleh gelandang Bali United Rizky Pellu.

Ia menyampaikan kekalahan 0-1 Persija dari Bali United harus menjadi evaluasi bagi tim untuk berbenah di pertandingan selanjutnya.



Saksikan live streaming program-program BeritaSatu TV di sini

Sumber: ANTARA

BAGIKAN

BERITA LAINNYA

Tragedi Kanjuruhan, Ketua Panpel Arema FC Dilarang Seumur Hidup Terlibat Sepak Bola

PSSI menilai panitia pelaksana pertandingan melakukan sejumlah kesalahan dan kelalaian dalam laga Arema FC vs Persebaya yang menyebabkan tragedi Kanjuruhan.

BOLA | 4 Oktober 2022

Imbas Tragedi Kanjuruhan, PSSI Sanksi Denda Arema FC Rp 250 Juta

Ketua Komdis PSSI, Erwin Tobing mengatakan keputusan sanksi denda kepada Arema FC diambil setelah melakukan investigasi pasca-tragedi Kanjuruhan tersebut.

BOLA | 4 Oktober 2022

PSSI Gelar Jumpa Pers Terkait Tragedi Kanjuruhan

Tragedi Kanjuruhan yang terjadi pada Sabtu, 1 Oktober 2022 lalu menewaskan 125 orang.

BOLA | 4 Oktober 2022

Tragedi Kanjuruhan Tidak Buat Peserta Kualifikasi Piala Asia U-17 Takut

Tragedi Kanjuruhan yang menewaskan setidaknya 125 orang, tidak membuat tim-tim peserta Grup B Kualifikasi Piala Asia U-17 2023 takut berada di Indonesia.

BOLA | 4 Oktober 2022

Presiden Akan Serahkan Langsung Santunan untuk Korban Tragedi Kanjuruhan

Presiden Jokowi akan menyampaikan langsung santunan untuk keluarga korban jiwa dalam tragedi Kanjuruhan pekan ini.

BOLA | 4 Oktober 2022

Bima Sakti Minta Timnas U-17 Waspadai Postur Pemain UEA

Pelatih Timnas U-17 Indonesia Bima Sakti meminta pasukannya mewaspadai postur pemain Uni Emirat Arab (UEA).

BOLA | 4 Oktober 2022

Tim Sepak Bola Amputasi Indonesia Petik Pelajaran Berharga

Tim Sepak Bola Amputasi Indonesia yang disebut Garuda INAF memetik pelajaran yang berharga setelah tiga kali mengalami kekalahan di Piala Dunia Amputasi 2022

BOLA | 4 Oktober 2022

Ini Posisi Timnas U-17 Indonesia Setelah Kalahkan Guam 14-0

Timnas U-17 Indonesia meraih kemenangan 14-0 dan untuk sementara menempati posisi kedua klasemen Grup B Kualifikasi Piala Asia U-17. 

BOLA | 4 Oktober 2022

Bima Sakti Sepakat Kualifikasi Piala Asia U-17 Tanpa Penonton

Pelatih Timnas U-17 Indonesia Bima Sakti mengatakan skuad-nya sepakat dengan keputusan PSSI untuk meniadakan penonton di Kualifikasi Piala Asia U-17.

BOLA | 4 Oktober 2022

Bima Sakti: Kemenangan Timnas U-17 atas Guam untuk Korban Tragedi Kanjuruhan

Pelatih Timnas U-17 Indonesia Bima Sakti mengatakan kemenangan 14-0 yang diraih pasukannnya saat bertemu Guam dipersembahkan untuk korban tragedi Kanjuruhan.

BOLA | 4 Oktober 2022


TAG POPULER

# Tragedi Kanjuruhan


# Lesti Kejora


# Pembantaian di Papua Barat


# Arema FC


# Raja Charles III


 

NEWSLETTER

Dapatkan informasi terbaru dari kami
Email yang Anda masukkan tidak valid.

TERKINI
<em>Update</em> Covid-19: Stabil, Kasus Baru Hari Ini 1.851

Update Covid-19: Stabil, Kasus Baru Hari Ini 1.851

NEWS | 12 menit yang lalu










CONTACT US Berita Satu Plaza, Lantai 11 Kav. 35-36,
Jl. Jend. Gatot Subroto, Jakarta Selatan, Jakarta 12950
Telp: +62 21 2995 7500
Fax: +62 21 5277975
BeritaSatu Media Holdings