Logo BeritaSatu

Administrasi Belum Rampung, JIS Belum Bisa Jadi Markas Persija

Selasa, 26 Juli 2022 | 17:00 WIB
Oleh : Iman Rahman Cahyadi / CAH

Jakarta, Beritasatu.com - Penantian Persija untuk bisa memiliki home base atau markas sendiri di Jakarta akhirnya terwujud. Ini setelah Gubernur DKI Jakarta, Anies Baswedan meresmikan Jakarta International Stadium (JIS). Dalam sambutan peresmiannya Anies mendedikasikan JIS untuk Persija.

”Jakarta punya tim kelas dunia (Persija, Red). Suporternya juga kelas dunia (Jakmania, Red). Insya Allah, stadionnya harus kelas dunia,” ucap Gubernur DKI Anies Baswedan dalam peresmian JIS kemarin (24/7/2022).

Namun hal ini tidak lantas membuat Persija bisa bernafas lega. Masalahnya, meski sudah diresmikan Persija belum bisa menjadikan JIS sebagai markasnya. Penyebabnya masalah administrasi yang belum rampung.

Direktur Utama Persija Jakarta, Ambono Januarianto saat jamuan makan malam jelang peluncuran JIS sudah menegaskan pihaknya mendaftarkan Stadion Gelora Bung Karno sebagai markasnya. Meski demikian tidak menutup kemungkinan ke depannya akan main di JIS.

"Homebase cuma satu, tetapi main boleh di mana mana. Kenapa kita belum daftarkan JIS sebagai homebase, ada masalah administratif. Masalah itu mungkin dalam waktu dekat bisa diselesaikan sehingga pada periode-periode nanti kita bisa gunakan JIS," kata Ambono.

"Tentunya persija sangat terhormat bagian sejarah yang akan dilanjutkan untuk DKI. Kita adalah salah satu tim yang paling tua yang tertua di Indonesia," katanya.

Salah satu kendala belum bisanya JIS menggelar pertandingan adalah soal sertifikasi.

Direktur PT Jakarta Propertindo Widi Amanasto sebelumnya mengungkapkan, salah satu administrasi yang belum rampung adalah sertifikasi. ”Ini berkaitan dengan PT Liga Indonesia Baru (LIB). Jadi, bukan masalah bisnis antara kami dan Persija,” ucap Widi.

PT LIB sebenarnya sudah melakukan inspeksi stadion sebelum Liga 1 2022/2023 bergulir. Ada enam stadion yang diinspeksi diantaranya JIS.

Inspeksi yang dilakukan meliputan fasilitas dan insfrastruktur stadion secara keseluruhan. Mulai dari lapangan, ruang ganti pemain, media centee, ruang wasit, tribun penonton, tribun media, lampu stadion, akses penonton menuju dan keluar stadion, kapasitas stadion, sampai dengan lokasi parkir.

Verifikasi LIB
Direktur Utama PT LIB, Akhmad Hadian Lukita menegaskan, status beberapa stadion yang diinspeksi tersebut bukan berarti langsung dinyatakan lolos verifikasi atau bisa digunakan untuk pertandingan Liga 1 2022/2023.

“Sekali lagi, inspeksi bukan berarti stadion langsung bisa digunakan untuk pertandingan Liga 1 2022/2023 dalam waktu dekat ini. Semua akan diperiksa secara terperinci terlebih dulu. Jika ada yang kurang, akan selalu kami komunikasikan secara intensif dengan klub. Dalam hal ini, ada yang harus segera dibenahi. Dengan begitu, pada akhirnya semua stadion bisa pada standar yang sama,” jelas Akhmad Hadian Lukita dalam siaran pers dilansir laman resmi LIB.

Lebih lanjut, Akhmad Hadian Lukita juga menginformasikan bahwa secara umum, kondisi lapangan di sebagian besar stadion yang didaftarkan untuk pertandingan Liga 1, sudah memenuhi persyaratan. Tapi ada hal-hal lain yang harus juga dijadikan pertimbangan untuk segera dilakukan perbaikan.

“Contohnya stadion BJ Habibie dan Stadion Brawijaya yang harus dibenahi kapasitas lampunya. Stadion Jatidiri perlu pengaturan lahan parkir yang lebih luas dan tertata. Sedangkan di Jakarta International Stadium (JIS), akses dan kenyamanan pemain saat keluar masuk stadion juga harus dibenahi. Begitu juga aspek keamanan dan pengaturan manajemen flow fans saat masuk dan keluar stadion,” pungkasnya.

Meski belum mendaftarkan JIS sebagai kandangnya, Tim berjulukan Macan Kemayoran itu akan menggunakan Stadion Utama Gelora Bung Karno (SUGBK) dan Stadion Patriot sebagai markasnya.

Persija masih belum mau berkomentar mengenai JIS. “Pihak manajemen belum ada statement resmi terkait homebase,” ujar M Nadhil, Humas Persija ketika dihubungi Beritasatu.com.



Saksikan live streaming program-program BeritaSatu TV di sini

Sumber: BeritaSatu.com

BAGIKAN

BERITA LAINNYA

Tragedi Kanjuruhan, Ketua Panpel Arema FC Dilarang Seumur Hidup Terlibat Sepak Bola

PSSI menilai panitia pelaksana pertandingan melakukan sejumlah kesalahan dan kelalaian dalam laga Arema FC vs Persebaya yang menyebabkan tragedi Kanjuruhan.

BOLA | 4 Oktober 2022

Imbas Tragedi Kanjuruhan, PSSI Sanksi Denda Arema FC Rp 250 Juta

Ketua Komdis PSSI, Erwin Tobing mengatakan keputusan sanksi denda kepada Arema FC diambil setelah melakukan investigasi pasca-tragedi Kanjuruhan tersebut.

BOLA | 4 Oktober 2022

PSSI Gelar Jumpa Pers Terkait Tragedi Kanjuruhan

Tragedi Kanjuruhan yang terjadi pada Sabtu, 1 Oktober 2022 lalu menewaskan 125 orang.

BOLA | 4 Oktober 2022

Tragedi Kanjuruhan Tidak Buat Peserta Kualifikasi Piala Asia U-17 Takut

Tragedi Kanjuruhan yang menewaskan setidaknya 125 orang, tidak membuat tim-tim peserta Grup B Kualifikasi Piala Asia U-17 2023 takut berada di Indonesia.

BOLA | 4 Oktober 2022

Presiden Akan Serahkan Langsung Santunan untuk Korban Tragedi Kanjuruhan

Presiden Jokowi akan menyampaikan langsung santunan untuk keluarga korban jiwa dalam tragedi Kanjuruhan pekan ini.

BOLA | 4 Oktober 2022

Bima Sakti Minta Timnas U-17 Waspadai Postur Pemain UEA

Pelatih Timnas U-17 Indonesia Bima Sakti meminta pasukannya mewaspadai postur pemain Uni Emirat Arab (UEA).

BOLA | 4 Oktober 2022

Tim Sepak Bola Amputasi Indonesia Petik Pelajaran Berharga

Tim Sepak Bola Amputasi Indonesia yang disebut Garuda INAF memetik pelajaran yang berharga setelah tiga kali mengalami kekalahan di Piala Dunia Amputasi 2022

BOLA | 4 Oktober 2022

Ini Posisi Timnas U-17 Indonesia Setelah Kalahkan Guam 14-0

Timnas U-17 Indonesia meraih kemenangan 14-0 dan untuk sementara menempati posisi kedua klasemen Grup B Kualifikasi Piala Asia U-17. 

BOLA | 4 Oktober 2022

Bima Sakti Sepakat Kualifikasi Piala Asia U-17 Tanpa Penonton

Pelatih Timnas U-17 Indonesia Bima Sakti mengatakan skuad-nya sepakat dengan keputusan PSSI untuk meniadakan penonton di Kualifikasi Piala Asia U-17.

BOLA | 4 Oktober 2022

Bima Sakti: Kemenangan Timnas U-17 atas Guam untuk Korban Tragedi Kanjuruhan

Pelatih Timnas U-17 Indonesia Bima Sakti mengatakan kemenangan 14-0 yang diraih pasukannnya saat bertemu Guam dipersembahkan untuk korban tragedi Kanjuruhan.

BOLA | 4 Oktober 2022


TAG POPULER

# Tragedi Kanjuruhan


# Lesti Kejora


# Pembantaian di Papua Barat


# Arema FC


# Raja Charles III


 

NEWSLETTER

Dapatkan informasi terbaru dari kami
Email yang Anda masukkan tidak valid.

TERKINI
Gandeng Lyrid, Biznet Gio Genjot Percepatan Ekosistem Cloud

Gandeng Lyrid, Biznet Gio Genjot Percepatan Ekosistem Cloud

EKONOMI | 6 menit yang lalu










CONTACT US Berita Satu Plaza, Lantai 11 Kav. 35-36,
Jl. Jend. Gatot Subroto, Jakarta Selatan, Jakarta 12950
Telp: +62 21 2995 7500
Fax: +62 21 5277975
BeritaSatu Media Holdings