Logo BeritaSatu

Kampiun Piala AFF U-16 2022, Indonesia Juara Kedua Kali

Jumat, 12 Agustus 2022 | 22:21 WIB
Oleh : Jaja Suteja / JAS

Sleman, Beritasatu.com - Timnas U-16 Indonesia menjadi juara Piala AFF U-16 2022 setelah menundukkan Vietnam 1-0 pada final yang digelar Jumat (12/8/2022) di Stadion Maguwoharjo, Sleman.

Gol penentu kemenangan Indonesia dilesakkan Kafiatur Rizky di pengujung babak pertama. Ini sekaligus kemenangan Indonesia untuk kedua kalinya di ajang Piala AFF U-16 setelah tahun 2018.

Pada Piala AFF U-16 tahun 2018, Indonesia menjadi juara setelah di final menundukkan Thailand lewat adu penalti setelah selama 90 menit bermain imbang 1-1. Indonesia lebih dulu memimpin pada menit ke-33 melalui aksi Fajar Fathur Rahman. Namun Thailand menyamakan kedudukan pada ke-72 melalui pemain pengganti Apidet Janngam.

Dalam adu penalti, empat penendang pertama Indonesia semua sukses mencetak gol yakni Sutan Diego Armandoondriano Zico, Amirudin Bagus Kahfi Alfikri, Rendy Juliansyah, David Maulana. Sementara di kubu Thailand penendang kedua dan kelima gagal mencetak gol sehingga Indonesia tak perlu menurunkan penendang kelima.

Saat itu 11 pemain starter di final adalah Ernando Ari Sutaryadi (kiper), Amiruddin Bagas Kaffa Arrizqi, Mochamad Yudha Febrian, Fadilah Nur Rahman, David Maulana, Amanar Abdilah, Andre Oktaviansyah, Mochammad Supriadi, Komang Teguh Trisnanda, Brylian Negiehta Dwiki Aldama, serta striker Amirudin Bagus Kahfi.

Dengan keberhasilan tahun ini, Indonesia kini menyamai Myanmar, Australia, Malaysia, sebagai tim yang telah dua kali menyabet gelar juara Piala AFF U-16. Vietnam dan Thailand masih menjadi pengoleksi gelar terbanyak.

Pada final Piala AFF U-16 2022, Timnas U-16 Indonesia tampil memakai seragam tandang baju putih celana hijau karena bertindak sebagai tamu dalam partai final ini. Sementara Vietnam memakai seragam kebesaran berwarna merah-merah.

Sesuai dengan janji pelatih Bima Sakti menjelang partai final, Timnas U-16 Indonesia mengambil inisiatif menyerang sejak menit awal. Serbuan Timnas U-16 sempat dua kali menghasilkan peluang namun berhasil digagalkan barisan belakang dan kiper Vietnam.

Menit kedelapan, Timnas U-16 Indonesia juga mendapat peluang ketika Kaka mencoba menjebol gawang Vietnam dengan sundulan. Namun bola umpan lebih dahulu diamankan kiper Nguyen Van Viet.

Indonesia mendapat peluang pada menit ke-41. Arkhan Kaka telah merada kotak penalti Vietnam dan mendapat bola. Dia berupaya menendang bola ke gawang namun gagal menjangkau bola.

Indonesia akhirnya menjebol gawang Vietnam pada pengujung babak pertama. Gol dilesakkan Kafiatur Rizky. Pemain nomor 9 ini mendapat umpan dari sisi kanan.

Berada di kotak penalti Kafiatur kemudian sedikit menggocek bola dan melepaskan tendangan kaki kiri yang mengarah ke tiang jauh dan melesak ke gawang Vietnam. Tak lama kemudian wasit peniup peluit panjang tanda babak pertama usai dan Indonesia memimpin 1-0.

Meski membuat beberapa peluang pada babak kedua Indonesia gagal menambah keunggulan pada babak kedua. Kiper Pham Dinh Hai beberapa kali menyelamatkan gawangnya dari peluang yang didapat Indonesia sehingga mencegah Vietnam kebobolan lebih banyak.

Pelatih Vietnam Nguyen Quoc Tuan kemudian diusir dari bangku cadangan karena kerap memprotes wasit. Sebelumnya dia memang sudah mendapat kartu kuning. Setelah tambahan waktu lima menit, wasit meniup peluit panjang. Indonesia pun menjadi juara kedua kalinya setelah yang pertama pada tahun 2018 di bawah pelatih Fachri Husaini.



Saksikan live streaming program-program BeritaSatu TV di sini

Sumber: BeritaSatu.com

BAGIKAN

BERITA LAINNYA

Persib vs Persija: Luis Milla Optimistis Raih Tiga Poin

Pelatih Persib Luis Milla melihat anak asunya memperlihatkan sikap dan fokus selama persiapan yang dilakukan.

BOLA | 30 September 2022

Ibunda Beberkan Rencana Pensiun Ronaldo, Begini Katanya

Dikatakan Dolores, Cristiano Ronaldo masih memiliki keinginan kuat untuk terus bermain sampai berusia 40 tahun.

BOLA | 30 September 2022

Bima Sakti Harapkan Dukungan Suporter untuk Timnas U-17

Pelatih timnas U-17 Indonesia Bima Sakti mengatakan bahwa squadnya membutuhkan dukungan dari para suporter di stadion.

BOLA | 30 September 2022

Bima Sakti Sebut Timnas U-17 Diuntungkan Jadwal Pertandingan

Timnas U-17 akan menjalani laga perdana di Grup B Kualifikasi Piala Asia U-17 2023 kontra Guam pada Senin (3/10/2022) di Stadion Pakansari, Bogor.

BOLA | 30 September 2022

Erik ten Hag Pelatih Terbaik Liga Inggris Bulan September

Erik ten Hag adalah pelatih Belanda pertama yang mengklaim penghargaan tersebut sejak Ronald Koeman ketika melatih Southampton pada Januari 2016.

BOLA | 30 September 2022

Kualifikasi Piala Asia U-17: Timnas U-17 Pantang Remehkan Lawan

Pelatih Timnas U-17 Bima Sakti meminta timnya agar fokus mendapatkan tiga poin sejak laga pertama menghadapi Guam pada Senin (3/10/2022).

BOLA | 30 September 2022

Jelang Lawan Persib, Skuad Persija Maksimalkan Persiapan

Persija akan bertandang ke markas Persib di Stadion Gelora Bandung Lautan Api (GBLA), Bandung, Minggu (2/9/2022) pukul 16.00 WIB.

BOLA | 30 September 2022

Gembiranya Mesut Ozil Sambut Kelahiran Anak Kedua

Istri Mesut Ozil, Amine Gulse yang dinikahi sejak tahun 2019 melahirkan anak kedua, seorang bayi perempuan yang diberi nama Ela.

BOLA | 30 September 2022

Ayah Erling Haaland Ungkap Alasan Putranya Pilih Man City

Ayah Erling Haaland, Alf Inge Haaland, mengungkapkan alasan di balik keputusan putranya untuk bergabung dengan Manchester City.

BOLA | 30 September 2022

Pelatih Spurs Antonio Conte Bantah Isu Akan Tangani Juventus

Pelatih Tottenham, Antonio Conte, membantah keras isu yang menyebut dirinya akan menangani Juventus yang tengah terpuruk di Liga Italia.

BOLA | 30 September 2022


TAG POPULER

# Kevin Sanjaya


# Es Teh Indonesia


# Anies Baswedan


# Pertalite Boros


# Ketiak Basah


 

NEWSLETTER

Dapatkan informasi terbaru dari kami
Email yang Anda masukkan tidak valid.

TERKINI
Bank Muamalat Bukukan Pembiayaan Rp 18,93 Triliun

Bank Muamalat Bukukan Pembiayaan Rp 18,93 Triliun

EKONOMI | 8 menit yang lalu










CONTACT US Berita Satu Plaza, Lantai 11 Kav. 35-36,
Jl. Jend. Gatot Subroto, Jakarta Selatan, Jakarta 12950
Telp: +62 21 2995 7500
Fax: +62 21 5277975
BeritaSatu Media Holdings